Ukuran Banner Iklan Instagram

Ukuran banner iklan Instagram sangat wajib diperhatikan apabila ingin melakukan promosi bisnis di platform tersebut. Jika mampu mengoptimalkan pemasaran online secara tepat, maka berpotensi meningkatkan penjualan.

Tahukah Anda bahwa banyak sekali orang yang membeli produk sesudah melihat iklannya di IG? Oleh sebab itu, perlu menampilkan iklannya secara tepat dan jangan sampai desainnya terpotong.

Sehingga audiens dapat melihat informasinya secara jelas. Apabila iklannya membuat produk bisa tampak menggiurkan, maka peluang audiens untuk membeli produknya jauh lebih besar.

Platform Instagram senantiasa berkembang dari waktu ke waktu. MUlai banyak fitur baru yang membantu masyarakat untuk menggunakan IG sebagai keperluan pribadi maupun keperluan bisnis.

Karena beragam fitur tersebut, mulai banyak pebisnis yang mengandalkan platform terkait untuk menjalankan iklan. Kekuatan visual iklannya mampu menarik minat para user untuk membeli produk atau jasa.

Namun, setiap pebisnis perlu mengetahui ukuran banner iklan Instagram terlebih dahulu. Supaya iklannya tampak jelas dan konten mampu bekerja secara maksimal. Seperti ini beberapa ukuran yang perlu Anda tahu.

1. Iklan Gambar Timeline

Ketika berkaitan dengan urusan pribadi, tidak semua orang berminat untuk membuat akun media sosial Instagram. Karena memang ada banyak sekali jenis media sosial yang tersedia di dunia.

Akan tetapi, jika urusannya dengan bisnis, wajib sekali untuk mempunyai akun IG. Kemudian penting untuk membuat konten iklan sebagai promosi bisnis. Jangan sampai hanya membuka bisnis tanpa melakukan promosi.

Tatkala baru menggunakan IG, mungkin Anda akan kebingungan dengan format dan resolusi iklannya. Sebab, perlu menyesuaikan resolusi iklannya dengan konten yang dikehendaki. Salah satu resolusi yang perlu Anda tahu ialah di bagian timeline.

Sebelum membahas ukuran banner iklan Instagram, pernahkah Anda memperhatikan gambar yang tampil pada timeline? Biasanya iklannya akan mengarahkan user menuju akun bisnis atau landing page yang sudah disiapkan.

Apabila Anda beriklan dengan gambar di timeline, bisa mengarahkan audiens menuju kemana. Apakah ingin menuju profil, landing page maupun halaman utama website toko online.

Lantas, bagaimana ukuran banner iklan Instagram pada timeline ini? Ketika berkaitan dengan gambar pada timeline, ada tiga jenis ukuran yang dapat dipilih sesuai keperluan.

2. Landscape

Pertama ada iklan gambar landscape di mana mempunyai orientasi memanjang ke samping atau horizontal. Pasti Anda sudah tahu bentuk format ini ketika mengambil foto dari kamera.

Jenis landscape sendiri sangat umum dipakai pada konten yang menerapkan mode panorama. Misalnya saja pada bisnis fotografi atau travel karena mampu memberikan tampilan gambar lebih lebar.

Ukuran banner iklan IG 2022 pada gambar timeline dengan tipe landscape ini disarankan 1200 × 628 pixel. Sementara resolusinya paling sedikit ialah 600 × 315 pixel.

Lanjutkan dengan mengatur rasionya sebesar 1,9 : 1. Sementara ukuran file jangan terlalu besar, maksimal 30 MB saja. Lantas panjang caption dibatasi sampai 2.200 karakter.

3. Square

Gambar square mempunyai bentuk kotak yang mungkin sudah familiar bagi Anda. Karena jenis square paling banyak dipakai oleh pengguna IG baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis.

Mengapa jenis square begitu populer? Karena ukuran banner iklan Instagram jenis square paling pas dengan layar smartphone user. Rasio jenis square membuat iklannya mampu dilihat secara utuh bersama caption yang menyertainya.

Apabila ingin beriklan dengan gambar square, maka perlu menggunakan ukuran 1080 × 1080 pixel. Lantas, resolusi paling kecil sebaiknya 600 × 600 pixel dengan rasio 1 : 1.

Kemudian bagaimana dengan besaran file yang diunggah? Paling besar ialah 30 MB. Jangan lupa menulis caption, paling banyak 2.200 karakter. Anda tidak bisa menuliskan lebih dari 2.200 karakter.

4. Portrait

Terakhir ada tipe gambar portrait pada timeline. Ukuran banner iklan Instagram tipe portrait sebenarnya pada mulanya digunakan dalam konten IG TV. Lantas, sekarang tersedia juga pada gambar timeline.

Tipe portrait mampu memenuhi semua tampilan layar smartphone user. Sehingga konten bisa tampak seluruhnya secara lengkap dan jelas. Sementara ukuran yang disarankan ialah 1080 × 1350 pixel.

Ukuran banner iklan Instagram pada bagian resolusinya paling kecil ialah 600 × 750 pixel. Sementara rasionya 4 : 5 dengan ukuran file paling besar 30 MB. Perhatikan panjang caption jangan melebihi 2.200 karakter.

5. Iklan Video Timeline

IG pada dasarnya merupakan platform untuk berbagi foto dan video. Jadi, tidak heran apabila iklannya juga bisa berbentuk video. Pernahkah Anda melihat video promosi dalam platform tersebut?

Apakah perlu untuk beriklan memakai konten berbentuk video? Video mampu menghadirkan tampilan produk yang lebih detail sehingga cukup disukai oleh audiens. Lantas, bagaimana dengan ukuran iklan untuk dipasang pada media sosial Instagram dalam bentuk video?

Tidak jauh berbeda dengan gambar timeline, video timeline juga mempunyai tiga tipe. Yakni tipe landscape, square dan portrait. Masing-masing mempunyai perhitungannya tersendiri seperti penjelasan di bawah ini.

6. Landscape

Ukuran banner iklan Instagram jenis landscape ini cukup luas dan cocok untuk promosi bisnis. Apabila user mau merotasi smartphone, maka iklannya akan tampak memenuhi seluruh layar.

Karena ukurannya luas tentu mampu menampilkan produk secara detail. Anda bahkan bisa memasukkan lebih dari satu produk dalam satu video. Karena ukurannya luas membuat semuanya tampak jelas.

Ada satu hal penting yang perlu Anda ketahui terkait perbedaan ukuran banner iklan Instagram pada gambar dan video. Ketika membuat video, maka tidak perlu menampilkan caption. Masukkan semua informasi pada konten videonya.

Apabila tertarik membuat konten video timeline, jangan lupa menyesuaikan ukurannya, yakni 1200 × 628 pixel. Sementara resolusinya jangan kurang dari 600 × 315 pixel.

Tentukan rasio konten videonya 1,9 : 1 dengan ukuran file paling besar 4GB. Jangan lupa menyesuaikan durasi videonya, jangan sampai lebih dari 120 detik. Jadi, pastikan semua informasi penting sudah masuk dalam durasi 120 detik.

7. Square

Mirip dengan konten gambar timeline, pada konten video timeline juga ada ukuran banner iklan Instagram dalam tipe square. Ketika menerapkan tipe square atau kotak, video tidak akan memenuhi layar smartphone user.

Ada lagi keunggulan dari tipe square, yakni tombol call to action bisa tampak jelas. Jadi, video tidak akan tampak terpotong. Jika dibandingkan dengan gambar square, tentu video square bisa memperlihatkan detail yang ingin diperhatikan oleh audiens.

Ukuran banner iklan Instagram berupa video berbentuk square ini disarankan 1080 × 1080 pixel. Sementara resolusinya jangan sampai kurang dari 600 × 600 pixel.

Gunakan rasio 1 : 1 dengan durasi videonya maksimal 120 detik. Buat besaran file di bawah 4 GB. Karena banyak sekali orang yang kurang memperhatikan besaran file editan video hingga mencapai lebih dari 4GB.

8. Portrait

Selanjutnya ada jenis portrait yang menampilkan konten secara vertikal. Tampilan vertikalnya mampu memenuhi layar smartphone user tanpa perlu melakukan rotasi. Caption akan terutup begitu videonya diputar oleh user.

Seperti sudah disebutkan di atas, akan lebih baik jika seluruh informasi dimasukkan dalam video sehingga tidak wajib menyematkan caption. Anda masih bisa menampilkan kalimat deskripsi meskipun durasi videonya tidak sampai berjam-jam.

Ukuran banner iklan Instagram tipe portrait ini ialah 1080 × 1350 pixel dengan resolusi paling rendah 600 × 750 pixel. Lantas, rasionya 4 : 5 dengan durasi 120 detik.

Seperti video jenis landscape, besaran file yang disarankan maksimal ialah 4GB. Lantas, bagaimana jika hasil editannya memang mempunyai file besar? Anda bisa mengecilkan ukurannya melalui pengaturan di software atau aplikasi editing.

Selain itu, ada juga jenis software atau aplikasi khusus untuk menurunkan besaran file video. Jadi, Anda bisa menyesuaikan ukuran file videonya dengan ketentuan dari IG.

9. Iklan Stories

Kembali pada pertanyaan ukuran banner iklan Instagram berapa, kali ini mari membahas pada konten stories. Sebelumnya fokus pada konten untuk timeline, baik berupa gambar maupun video.

Apakah Anda sudah familiar dengan stories pada IG? Stories IG tidak kalah penting dengan feed dalam hal promosi bisnis. Sebab, keduanya sama-sama mampu memunculkan minat audiens untuk membeli suatu produk yang diiklankan.

Stories IG sendiri menawarkan beragam fitur yang sangat berguna dalam promosi bisnis. Mulai dari fitur penambahan GIF, stiker hingga tulisan. Sehingga Anda dapat mengkreasikan stories dengan lebih menarik.

Seluruh fitur dalam stories dapat mempercantik iklan sesuai dengan ukuran banner iklan Instagram. Jadi, manfaatkan saja beragam fiturnya untuk memudahkan dalam menjalankan strategi marketing secara online.

10. Gambar Stories

Gambar yang diiklankan dalam stories IG akan muncul dengan tampilan penuh di layar smartphone. Lantas, apabila jumlah pengikut Anda sudah lebih dari 10 ribu pengguna, maka dapat menyematkan call to action “swipe up”.

Ukuran banner iklan Instagram pada bagian stories ini perlu diperhatikan supaya mampu memikat para followers. Akan tetapi, bagaimana jika jumlah follower belum mencapai angka 10 ribu?

Karena tidak bisa menyematkan tombol “swipe up”, Anda cukup menambahkan keterangan pada follower untuk klik profil. Sehingga, follower tetap bisa menuju profil Anda secara praktis.

Ukuran banner iklan di Instagrampada stories ini disarankan 1080 × 1920 pixel. Sementara resolusinya jangan sampai di bawah 600 × 1067 pixel.

Bagaimana dengan rasionya? Buat rasionya sebesar 9 : 16 dengan format gambar berupa JPG atau PNG. Terakhir, pastikan besaran file tidak melebihi angka 30MB.

11. Video Stories

Selanjutnya ada video stories yang tidak kalah populer dengan gambar stories. Mirip dengan bentuk gambarnya, bentuk video ini juga akan tampil secara penuh di layar ponsel user.

Karena video mengandung gambar dan audio, jangan lupa menambahkan audio yang tepat supaya iklannya mampu menarik minat follower. IG sendiri banyak diakses oleh masyarakat dengan mengaktifkan suaranya.

Oleh sebab itu, jangan sampai membuat video stories tanpa suara. Apabila menyematkan suara yang tepat, maka iklannya akan lebih efektif dalam memikat follower untuk membeli produk.

Supaya videonya bisa tampil pada layar smatphone follower secara maksimal, Anda perlu memperhatikan ukuran banner iklan Instagram. Jangan sampai membuatnya terlalu kecil sehingga tampilannya menjadi kurang jelas.

Ukuran yang disarankan ialah 1080 × 1920 pixel dengan resolusi paling sedikit 720p. Sudahkah Anda tahu jika resolusi video sangat mempengaruhi tampilan stories? Jika resolusinya terlalu rendah, tampilan videonya terlihat kurang jernih.

Sementara jika resolusinya tinggi maka tampilannya akan lebih jernih dan detail. Sehingga follower dapat mengamati keseluruhan bagian produk sebagai pertimbangan sebelum melakukan transaksi pembelian.

Kemudian, jangan lupa mengatur ukuran banner iklan Instagram rasionya yakni 9 : 16. Ada lagi yang perlu diperhatikan terkait video stories, yakni formatnya. Format video sangat beragam, mulai dari MP4, 3GP, MOV dan lain sebagainya.

Ketika berurusan dengan video stories, maka gunakan format MP4 atau MOV. Sementara besaran file pastikan tidak lebih dari 4GB. Jadi, jangan lupa mengamati besaran file ketika mengedit konten.

12. Iklan Carousel

Biasanya dalam satu kali promosi hanya mampu menampilkan satu gambar atau satu produk. Mengingat hanya ada satu slide. Misalnya ketika menggunakan gambar timeline, maka hanya ada satu gambar untuk ditampilkan.

Lantas, bagaimana jika ingin menampilkan produk dalam banyak slide sekaligus? Anda dapat mengandalkan iklan carousel. Sehingga ada banyak slide dan user bisa menggeser slide untuk melihat produk-produk Anda.

Ukuran banner iklan IG ads jenis carousel ini cukup menarik untuk dicoba. Misalnya saja Anda meluncurkan satu desain tas dengan 7 warna. Maka, setiap slide bisa menampilkan satu tas dengan 1 jenis warna, jadi total ada 7 slide.

Jenis carousel ini akan membuat user lebih fokus pada satu jenis produk ketika melihat salah satu slide. Jika melihat semua produk dalam satu slide tentu akan tampak kurang detail.

Mirip dengan jenis konten lainnya, carousel juga terbagi ke dalam beberapa bentuk. Carousel terbagi menjadi tipe gambar dan video. Silahkan menyesuaikan ingin menggunakan yang mana.

13. Gambar

Pertama ada jenis carousel gambar yang memungkinkan Anda untuk mempromosikan beragam produk sekaligus dalam bentuk katalog. Tipe gambar ini hanya tersedia untuk satu ukuran banner iklan Instagram. Oleh sebab itu, perlu mengikuti ketentuannya.

Tatkala menggunakan carousel gambar, user akan seolah-olah membalik halaman katalog. Cukup geser slide maka akan menemukan gambar produk lainnya. tidak perlu posting berkali-kali untuk mengunggah beberapa produk sekaligus.

Tatkala memakai carousel gambar, ukurannya perlu dibuat 1080 × 1080 pixel dengan resolusi minimal 600 × 600 pixel. Sementara rasionya dapat dibuat 1 : 1.

Jangan lupa mengatur format gambarnya berupa JPG atau PNG dengan besaran file kurang dari 30MB. Untuk setiap gambarnya jangan sampai file melebihi 30MB. Anda bisa menampilkan 2 hingga 10 gambar untuk setiap postingan.

14. Video

Apakah ukuran banner iklan Instagram carousel hanya cocok untuk postingan gambar? Tentu saja tidak, Anda juga bisa menggunakan bentuk video carousel. Sehingga bisa menampilkan produknya dengan lebih detail.

Pada tipe video ini Anda perlu memperhatikan durasinya, karena terbilang pendek. Jadi, pastikan setiap slide memuat informasi yang ingin disampaikan. Buat informasi secara jelas, padat dan singkat.

Ukuran banner iklan Instagram carousel video ini ialah 1080 × 1080 pixel dengan resolusi paling kecil 600 × 600 pixel. Rasionya buat saja 1 : 1.

format videonya sebaiknya MP4 dengan besaran file maksimal 4GB. Sementara durasinya tidak lebih dari 60 detik. Anda bisa menampilkan 2 hingga 10 video dalam satu kali unggahan.

IG mampu menyediakan beragam ukuran iklan seperti penjelasan di atas. Jangan lupa untuk senantiasa mengikuti peraturan platform supaya promosi mampu berjalan lancar.

Ada banyak sekali platform media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk beriklan, salah satunya ialah IG. Namun, pebisnis wajib mengetahui ukuran banner iklan Instagram agar informasinya dapat diterima secara utuh oleh audiens. Silahkan pelajari lebih detail bagaimana cara beriklan di instagram ads untuk pemula.

Kategori: blog

error: Content is protected !!
Kirim Pesan
Hallo kak👋
Ada yang dapat kami bantu?
WA 0852-2228-2664