Cara Jadi Selebgram

Di era digital seperti sekarang banyak orang ingin mengetahui seperti apa cara jadi selebgram yang sukses. Karena kita tahu sendiri bahwa banyak orang terjun di dunia konten kreator menjadi sangat kaya.

Jadi tidak mengherankan jika sekarang banyak orang berlomba mencari cloud agar nantinya bisa sukses seperti idolanya. Tidak masalah sebenarnya jika Anda ingin bergelut dalam dunia pembuatan konten.

Oleh karena itu kami pada kesempatan ini akan menjelaskan bagaimana cara jadi selebgram paling realistis. Jadi memang tidak hanya mengungkap cara mainstream saja namun juga metode anti mainstream.

Sehingga ketika Anda memang kekurangan niche dapat memilih opsi seperti itu agar nantinya bisa mendapatkan keberhasilan. Apalagi sekarang semua orang memang harus kreatif jika ingin bersaing di dunia digital.

Untuk anda yang sedang mencari jasa penambah followers instagram atau ingin beli followers ig untuk meningkatkan atau memperbanyak jumlah followers, like, dan view ig maka anda dapat mengunjungi jasa followers Indonesia yang terpercaya, termurah, dan bergaransi. Dengan menggunakan jasa followers instagram maka jumlah followers anda dapat bertambah secara cepat menjadi ribuan followers. Dan ketika jumlah followers sudah mencapai angka puluhan bahkan ratusan ribu, maka akun instagram anda akan terlihat lebih terpercaya. Jasa Followers, Like, & View instagram.

Apabila kita menggunakan pendekatan monotone dan terlalu mainstream kemungkinan akan kalah saing. Oleh karena itu simak ulasan kami berikut ini sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai referensi.

10 Cara Jadi Selebgram untuk Pemula

Kami akan mengupas sepuluh cara paling ampuh agar seseorang bisa menjadi selebgram sukses. Jadi jika memang ini adalah cita-cita Anda maka pahami secara teliti agar bisa mengimplementasikannya secara langsung.

1. Memilih niche sesuai pasar

Niche adalah sekelompok orang yang memiliki selera atau taste spesifik pada sebuah produk. Jika implementasinya adalah media digital maka ini merupakan netizen dengan kesukaan konten tertentu.

Anda perlu menentukan niche sesuai sebagai cara jadi selebgram agar nantinya bisa sukses. Kita memang pertama harus memiliki sebuah fanbase spesifik tidak masalah jika jumlahnya kecil.

Selama kontennya sesuai niche maka mereka akan tetap berlangganan dengan konten Anda. ini adalah kunci agar seorang pembuat konten bisa memiliki fanbase tetap dari niche pilihannya sendiri.

Misalnya jika Anda memang suka masak bisa saja menjadi seorang social media cook sebagai gimmicknya. Namun isi konten memasak tersebut tentu saja harus memiliki selera tersendiri bagi para pemirsa.

Sebagai contoh adalah Anda memang membuat video memasak namun tema masakannya seperti di anime. Maka fanbase awal yang terbentuk tentu mereka para penggemar anime yang ada di sebuah negara.

Dalam beberapa konten awal memang kita harus memperkuat fundamental tersebut agar memperoleh viewer konsisten. Kemudian jika ingin mulai jadi selebgram tanpa modal bisa melakukan perubahan konten secara perlahan.

Creator harus memperluas niche pilihannya agar bisa menjaring viewer dari berbagai kalangan. Niche spesifik memang bagus untuk awal berkarir sebagai seorang influencer namun jika ingin berkembang harus perlahan meninggalkannya.

2. Membangun persona

Tentu saja tidak mungkin Anda menayangkan kepribadian sendiri untuk sebuah konten. Sekarang bukan era lagi orang percaya dan tertarik pada personal seseorang yang memang sangat mainstream.

Oleh karena itu Anda harus membentuk sebuah persona, alter, atau kepribadian entertainment bagi para viewers. Ini adalah cara jadi selebgram wajib dilakukan oleh semua orang.

Tanpa membentuk persona tentu para viewer tidak akan mungkin tertarik dengan kepribadian Anda. Misalnya kita lihat saja seorang selebriti tanah air yang hobinya membuat konten kehidupan orang miskin.

Dia membentuk sebuah persona seperti dermawan padahal sebenarnya tidak ada yang tahu. Meskipun penonton mengetahui bahwa itu adalah persona namun ikatan dengan pembuat kontennya menjadi semakin kuat.

Itu adalah sebuah permainan psikologis dasar dimana seorang manusia menginginkan tontonan yang mencerminkan mereka. Tentu tidak mungkin kebanyakan orang bisa menjadi sangat dermawan.

Oleh karena itu para penonton melihat konten yang sifatnya baik-baik agar mereka juga merasa baik. Itu adalah sebuah sifat alami seorang manusia yang memang tidak boleh kita pungkiri sampai sekarang.

Apalagi di era yang menuntut semua orang memiliki kepribadian backstabbing seperti sekarang. Tentu tidak mungkin kita bisa menemukan cara menjadi selebgram pemula yang seratus persen efektif dan cepat.

Oleh karena itu pendekatan persona dari artis tadi adalah contoh paling tepat bagaimana kita bisa sukses. Bahkan menjadi sosok kontroversial juga dapat menjadi salah satu pemicu tingginya sebuah rating.

3. Tentukan target audiens

Ini sebenarnya hampir sama dengan penentuan niche namun lebih spesifik pada seperti apa audiens. Apakah itu orang dewasa, remaja, paruh baya, atau bahkan anak usia dini sebagai pangsa pasarnya.

Mengapa ini menjadi cara jadi selebgram yang penting karena nantinya menentukan endorse. Misalnya jika kontennya untuk remaja tentu saja sponsorship produk tertentu tidak akan bisa masuk.

Sebagai sebuah referensi saat ini paling laris adalah pembuatan konten mainan anak-anak. Ternyata target audiens seperti ini memiliki nilai iklan sangat besar dibandingkan sebuah kreasi mid end.

Bahkan dapat kita lihat sendiri bagaimana tanpa modalnya seseorang membuat konten mainan anak-anak. Namun dari segi viewers bisa sangat tinggi dan jumlahnya cukup absurd masuk logika.

Itu adalah bukti bagaimana pemilihan target audiens menjadi salah satu kunci penting bagaimana meraih kesuksesan. Kita tidak harus selamanya menyukai karya yang kita buat selama bisa booming.

Jangan Anda pikir semua pembuat karya di youtube, instagram, sampai facebook memang memiliki passion disana. Jika berbicara tahun 2012 memang cara jadi selebgram di Instagram passion menjadi modal utama dalam berkarya di media digital.

Namun ketika sekarang sudah menjadi lebih money oriented tentu saja kita akan jarang menemukan passion dalam pembuatan karyanya. Para penonton hanya sebuah angka yang kita jadikan sebagai ladang uang.

4. Membuat konten

Sebagai seorang influencer sudah jelas bahwa tugas utama kita dalam menarik viewers adalah melalui konten. Apa saja boleh kita buat selama memiliki pangsa pasar, niche, dan potensi profit.

Ini merupakan cara jadi selebgram dasar yang banyak kita temui dalam sebuah seminar dengan tiket jutaan rupiah. Untuk konten sendiri sebenarnya tidak perlu terlalu menarik bagi para viewers.

Bahkan kita bisa membuat konten kontroversial agar menarik minat orang untuk membenci karya. Ketahuilah sekarang tidak ada publikasi buruk bahkan ketika itu dihasilkan dari sebuah kontroversi belaka.

Pernahkah Anda menyadari bahwa berbagai drama yang muncul di media sosial sebenarnya mengada-ada. Itu adalah salah satu cara agar engagement dengan audiens menjadi lebih tinggi menguat.

Karena sekarang pembuatan karya kreatif di media digital tidak jauh berbeda dengan showbiz. Pada akhirnya kita akan membutuhkan rating agar kanal atau akun tersebut bisa tetap berada di atas.

Oleh karena itu, cara jadi selebgram untuk urusan konten sendiri tidak perlu terlalu kreatif jika tujuan Anda memang mencari uang. Jika tujuannya sekedar hobi justru Anda harus membuat karya inovatif dan unik.

Karena dalam dunia digital sendiri ada pangsa pasar yang memang mencari keunikan dan passion kreator. Namun juga ada banyak viewer hanya menginginkan drama atau hiburan sekelas opera sabun belaka.

Ini memang kenyataan yang jarang diungkapkan oleh kebanyakan media tertulis di internet. Kemungkinan besar jika Anda tersesat dan membaca konten ini akan mengernyitkan dahi betapa jujurnya penulis ini.

Namun memang ini adalah realita bahwa agar seseorang bisa tenar dan mendapatkan uang gosip itu perlu. Gosip juga menjadi sebuah karya media digital dan dinikmati oleh niche market tertentu.

5. Bangun engagement dengan followers

Salah satu aspek penting dalam sebuah manajemen persona digital adalah interaksi dengan followers. Jadi Anda memang dituntut untuk menjalin hubungan parasocial dengan para pengikut di media digital. Jika followers anda masih sedikit, silahkan baca bagaimana cara menambah followers instagram dengan cepat dan mudah.

Ini adalah cara jadi selebgram yang perlu diperhitungkan agar persona menjadi lebih kuat dan fans semakin militan. Pernahkah Anda melihat bagaimana simping culture sudah mengakar dalam kehidupan di dunia.

Sebentar lagi hal tersebut juga akan terjadi di Indonesia dimana para fans akan membela sampai mati idolanya. Bahkan ketika idolanya melakukan kesalahan akan terus dibela sampai titik darah penghabisan.

Itu adalah akibat dari engagement tinggi dengan para pengikut sosial media modern seperti sekarang. Jadi jangan remehkan stan atau jenis hubungan parasocial lainnya yang sekarang menjadi sebuah trend.

Pembuat konten tentu saja dapat memanfaatkan hal tersebut bagi keuntungannya sendiri. Jika sudah memiliki pengikut militan maka melakukan apa saja sehingga selain sebagai ladang view juga menjadi ladang sponsor.

Ingat bahwa brand memang menginginkan engagement tinggi dari semua kalangan masyarakat. Tidak peduli apakah itu bad atau good publicity dimata sebuah brand selama terkenal pasti akan tetap digunakan.

Oleh karena itu pengelolaan interaksi dengan para pengikut adalah salah satu aspek paling penting. Bahkan hatter juga harus dijaga agar keseimbangan ekosistem sosial medianya menjadi lebih sehat.

6. Manfaatkan haters

Banyak orang menganggap bahwa haters dapat menjadi penghambat dalam sebuah karir influencer. Padahal sama saja, haters juga sebuah angka yang perlu kita tingkatkan untuk menaikkan engagement.

Salah satu cara menjadi selebgram sukses adalah mampu memanfaatkan para haters agar menjadi ladang view. Memang kita dapat memancing amarah para pembenci tersebut agar melihat kontennya.

Hal seperti ini sering dilakukan dan untungnya para haters tersebut otaknya memang tidak utuh. Sehingga mereka tetap dapat dimanfaatkan sebagai ladang view dan engagement bagi sebuah persona.

Bahkan jika sudah memiliki fanbase menyulut peperangan antara haters dan fanbase dapat menjadi salah satu hal menarik. Kita bisa meningkatkan interaksi antara para pengikut akun secara optimal.

Bahkan di luar negeri pertempuran antara stan sudah menjadi pemandangan biasa di kolom komentar sosial media. Jadi kita bisa memanfaatkannya menjadi salah satu aspek penting menarik endorse.

Perlu Anda sadari bahwa sebuah brand sebenarnya kurang terlalu peduli apakah persona tersebut good atau bad publicity. Selama mereka menerima publicity tentu engagement produknya akan naik.

Oleh karena itu kita memang harus memanfaatkan haters agar akun sosial media semakin rama. Bayangkan saja jika ada haters artinya Anda sudah memiliki dua kali jumlah engagement dalam sebuah akun.

7. Seleksi endorsement secara ketat

Memang semakin banyak endorse maka keuntungan akan menjadi lebih tinggi. Namun perlu Anda sadari bahwa tetap harus memilih agar brand atau produk endorse tetap relevan dengan kontennya.

Salah satu cara jadi selebgram adalah teliti dalam memilih sponsor agar memperoleh keuntungan. Jika kita terlalu banyak menayangkan endorsement maka fans sendiri juga akan menjadi bosan.

Mereka tidak datang ke page kita hanya untuk melihat deretan posting iklan pembesar alat vital misalnya. Jadi lebih selektif karena ini untuk menjaga agar stream of income dan juga potensi brand berikutnya bisa masuk.

Salah satu pertimbangan sebuah brand untuk menjadikan influencer tempatnya beriklan adalah portofolio endorse. Jadi jika kompetitor sudah menggunakannya tentu nantinya tidak akan masuk dalam list endorse.

Oleh karena itu Anda sebagai persona memang nantinya harus siap dalam melakukan analisis mendalam. Jangan sampai demi mendapatkan sponsor jarak pendek justru potensi jangka panjang diabaikan.

Semakin rapi Anda dalam memilih sponsor maka nantinya brand lain yang akan masuk juga mudah. Ini adalah salah satu cara jadi selebgram penting dalam menentukan karir kedepan sebagai seorang influencer.

Anda jangan sampai menganggap ini adalah hal sepele dan berharap mendapatkan terlalu banyak sponsor. Banyak sponsor memang bagus namun ketika sudah terlalu banyak akan menurunkan engagement.

8. Kolaborasi

Kolaborasi atau collab menjadi salah satu cara agar nama seorang influencer ikut naik. Bisa saja kita berkolaborasi dengan salah satu pembuat konten dengan niche sama sehingga bisa saling berbagi basis viewers.

Memang ini cara jadi selebgram yang tidak selalu efektif digunakan oleh kebanyakan orang. Bisa saja ketika berkolaborasi justru menunjukkan bahwa persona mereka tidak cocok dengan kita.

Oleh karena itu jangan hanya sekedar berkolaborasi untuk panjat sosial dan menjadi terkenal. Berkolaborasi memang ada tujuannya terutama berdasarkan dengan niche kontennya masing-masing.

Nantinya Anda perlu memperhatikan apakah dengan berkolaborasi dengan persona lain bisa memberikan keuntungan atau tidak. Ini adalah sebuah pertimbangan penting karena memang pengaruhnya cukup kuat.

Bahkan dengan melakukan kolaborasi Anda dapat merubah persona akun tertentu. Sehingga nantinya kita bisa mengubah secara drastis target audiens atau bahkan pangsa pasar penonton secara keseluruhan.

Memang tidak boleh sembarangan memutuskan sebuah pertimbangan penting seperti memilih tandem. Jadi nantinya dalam pembuatan kontennya juga harus jelas akan dibawa ke arah mana.

Kolaborasi tidak hanya sekedar bergurau saja dalam sebuah video namun juga menghasilkan karya. Karya tersebut tentu saja tidak hanya sekedar obrolan warung kopi tidak berbobot bagi para pendengarnya.

9. Menjadwalkan waktu posting

Mengetahui kapan waktu posting paling tepat adalah salah satu aspek penting dalam melakukan pengelolaan sosial media. Nantinya engagement akan terbentuk apabila pemirsa mengetahui kapan kita membuat posting.

Ini merupakan cara jadi selebgram yang dapat Anda lakukan secara mudah bahkan tanpa membuat sebuah gimmick. Karena pada dasarnya para viewers memang selalu mencari tontonan terbaru.

Meskipun bentuknya cukup absurd namun nantinya Anda memang membutuhkan penjadwalan secara detail. Tentu saja kita bisa mengetahuinya dari siapa saja calon pangsa pasar.

Misalnya ketika menginginkan konten sering dilihat ibu rumah tangga maka penjadwalan posting bisa sekitar jam sepuluh pagi. Itu dimana para ibu rumah tangga biasanya sudah selesai dengan pekerjaan rumahnya.

Memang kita sekali lagi harus riset seperti apa kebiasan orang Indonesia dalam menjalani kehidupan. Agar nantinya konten ditayangkan bisa sesuai dengan demografi para pemirsa diinginkan.

Apabila kita tidak merencanakan secara detail tentu saja akan sulit menjaring pemirsa untuk setia menonton kontennya. Ini merupakan sebuah kunci dasar agar nantinya engagement semakin tinggi.

10. Rajin posting dan tidak menyerah

Memang persaingan dalam dunia konten digital di era modern seperti sekarang cukup kejam. Cara jadi selebgram dengan mampu bertahan saja bisa naik ke puncak dan mendapatkan apa keinginannya selama ini.

Oleh karena itu salah satu cara jadi influencer adalah rajin posting dan tidak pernah menyerah. Memang grinding seperti ini akan cukup melelahkan jika belum pernah menjalaninya.

Namun ketika kita lihat dalam sudut pandang lebih luas, semua bidang pekerjaan memang seperti itu. Oleh karena itu apapun yang terjadi jangan sampai patah arang untuk membuat karya digital.

Para pemirsa akan selalu setia menanti karena pasti ada pangsa pasar unik yang menyukai kontennya. Jangan dengarkan hujatan, lakukan semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan agar hasilnya menjadi luar biasa.

Semua informasi tadi adalah fundamental yang dapat Anda implementasikan secara nyata di dunia social media marketing. Jadi cara jadi selebgram memang tidak mudah dan butuh perjuangan keras agar bisa sukses.

Kategori: blog

error: Content is protected !!