Cara Memaksimalkan Media Sosial untuk Bisnis

Pemasaran merupakan hal penting bagi bisnis, di era digital saat ini pemasaran dapat dilakukan lebih mudah dengan memanfaatkan media sosial untuk bisnis. Puluhan juta orang hidup dalam dunia maya, terutama mengakses akun media sosial setiap harinya.

Oleh sebab itu, apabila memanfaatkan media sosial atau medsos sebagai sarana berpromosi merupakan pilihan terbaik. Memasarkan produk secara direct selling di medsos mampu mendatangkan penjualan lebih tinggi.

Apabila Anda ingin meningkatkan penjualan guna menghasilkan lebih banyak penghasilan, maka wajib untuk menggunakan medsos sebagai sarana berpromosi. Namun, bukan hanya sembarang promosi, tapi gunakan cara jitu untuk melakukannya.

Bagaimana melakukannya dengan benar agar dapat meraih kesuksesan dalam menjual? Kami akan berikan 12 caranya untuk Anda.

 Berpromosi merupakan bagian penting dalam bisnis. Bagaimana produk maupun jasa Anda dapat laku apabila tidak melakukan promosi dengan baik. Oleh sebab itu, berbagai saran promosi harus dimanfaatkan dengan baik.

Di era digital, iklan di dunia maya merupakan salah satu hal penting. Karena mampu membantu mencapai audiens lebih banyak dalam waktu singkat sehingga bisnis Anda akan dikenal lebih luas dengan cara yang mudah.

Gunakan media sosial untuk memaksimalkan promosi, sebab sebagian besar pengguna internet menghabiskan waktunya di platform medsos. Lalu bagaimana cara memaksimalkan penggunaan media sosial? Anda dapat menggunakan cara-cara berikut:

1. Memahami Strategi Pemasaran di Medsos

Memulai untuk berpromosi di medsos butuh persiapan, salah satunya adalah memahami dahulu mengenai strategi pemasaran di medsos. Sebab strateginya akan berbeda dengan pemasaran dengan cara offline.

Pahami terlebih dahulu mengenai apa itu medsos, manfaatnya, cara kerjanya, dan jangan lupa untuk membuat akun bisnis khusus sebagai permulaan. Mulailah dari hal paling mudah yakni membangun kepercayaan dengan audiens.

Strategi media sosial untuk bisnis satu ini sangat penting dan menjadi kunci kesuksesan Anda. Karena audienslah yang nantinya akan menjadi pembeli maupun pelanggan Anda.

Agar bisa lebih memahami mengenai strategi pemasaran daring, silahkan pelajari panduan praktis social media marketing terbaru untuk meningkatkan penjualan bisnis anda.

2. Mencari Audiens Tertarget

Bagaimana peran media sosial bagi bisnis online? Perannya sangat besar dalam mengembangkan sebuah bisnis, terutama untuk mencapai audiens lebih banyak dibandingkan pemasaran luring.

Meskipun dapat membantu mencapai banyak audiens, tapi yang paling penting adalah memfokuskan pada target tertentu. Hal ini sangat vital karena untuk membangun bisnis online bukan hanya membutuhkan follower, tapi juga pembeli.

Pengikut belum tentu adalah pembeli, tapi pembeli sudah pasti adalah pengikut Anda. Jadi, bukan hanya banyaknya pengikut yang penting, tapi berapa banyak dari pengikut tersebut menjadi konsumen potensial.

Dalam media sosial untuk bisnis sederhananya pengikut merupakan calon konsumen. Mereka akan selalu melihat konten yang dibagikan dan merespon konten tersebut. Pengikut yang hanya melihat saja bukanlah audiens tertarget Anda.

Jadi, fokuskan pada audiens yang melihat, lalu mengklik, kemudian mengajukan pertanyaan terhadap produk. Karena audiens inilah calon konsumen potensial.

Untuk mendapatkan audiens tertarget, hal pertama harus dilakukan adalah menjaring banyak pengikut. Bisa dari grup-grup yang relevan dengan bisnis, atau gunakan fitur dari platform medsos Anda.

3. Manfaatkan Jasa Selebram (Influencer)

Cara berikutnya memaksimalkan media sosial untuk bisnis adalah dengan bekerjasama dengan influencer atau bisa dibilang selebgram. Influencer merupakan orang yang memiliki akun Instagram atau media sosial lainnya dengan banyak pengikut.

Influencer biasanya akan membuat konten-konten yang dilihat oleh banyak pengikutnya, bahkan juga dilihat oleh non-followers. Oleh sebab itu, setiap kontennya pasti akan berefek lebih besar.

Bekerjasamalah dengan tokoh populer medsos ini dalam memasarkan produk Anda sehingga produk akan lebih banyak dikenal dan mampu mendongkrak penjualan.

Apabila Anda ingin menggunakan cara memaksimalkan media sosial untuk bisnis ini pastikan untuk memilih influencer yang tepat. Bukan hanya melihat dari banyaknya pengikut, tapi juga bagaimana konten yang dibuatnya, juga berapa budgetnya.

Sebab ada saja influencer dengan banyak follower tapi ternyata isinya haters atau punya image kurang baik sehingga akan membuat produk Anda juga terkena imbasnya. Selain itu, semakin banyak followers biasanya akan meningkatkan harga endorse influencer.

Sebaiknya, pastikan dahulu berapa harga yang diminta, bagaimana kontennya, dan pengaturan penting lainnya sebelum bekerjasama. Dengan demikian, tidak aka nada pihak merasa dirugikan.

4. Optimalkan Pembuatan Konten

Konten merupakan kunci memaksimalkan media sosial untuk bisnis, karena inilah sarana Anda berkomunikasi dengan audiens. Dapat dikatakan konten adalah raja yang memastikan proses menjaring konsumen dilakukan optimal.

Agar sukses memasarkan produk di medsos, Anda harus bisa menjadi seorang pembuat konten. Karena keahlian membuat konten akan sangat membantu dalam menciptakan sebuah postingan untuk menarik audiens.

Bagaimana jika tidak memiliki keahlian ini? Maka harus menggunakan jasa pembuat konten media sosial untuk bisnis dan biayanya bisa cukup besar. Jadi, akan meningkatkan budget dan pengeluaran untuk biaya iklan.

Sebenarnya, membuat konten bukanlah hal sulit dan dapat dimulai dari yang sederhana saja. Misalnya untuk postingan di Instagram, Anda bisa menggunakan gambar produk dengan caption menarik dan informative.

Sebagai contoh menjual skincare, bisa mengunggah beberapa foto produk kemudian menambahkan caption; “Promo November, Beli Satu Gratis Satu”. Dengan konten sederhana seperti ini sebenarnya sudah mampu menarik minat audiens.

Jadi, tidak perlu ahli, tapi milikilah kemampuan dasar terlebih dahulu kemudian kembangkan kemampuan tersebut dari waktu ke waktu.  

5. Manfaatkan Ads

Anda juga bisa memulai dengan menggunakan ads atau iklan. Manfaat media sosial Ads untuk bisnis sangat besar karena mampu mengenalkan bisnis maupun produk ke banyak orang. Silahkan pelajari bagaimana cara beriklan di instagram ads untuk pemula. Selain itu, Ads juga bermanfaat:

  • Meningkatkan brand awareness, yaitu pengetahuan audiens mengenai produk maupun bisnis yang diiklankan.
  • Menargetkan iklan ke audiens tertentu, bisa diatur sesuai kebutuhan pengiklan. Dapat diatur sesuai usia, lokasi, jenis kelamin, dan lainnya.
  • Terdapat banyak format iklan sehingga dapat sangat membantu perkembangan bisnis dari pengiklan. Bisa menggunakan iklan gambar maupun video atau gabungan keduanya.
  • Meningkatkan jumlah penjualan produk baik langsung maupun tidak langsung.

Strategi media sosial untuk bisnis dengan memanfaatkan ads ini memang mengharuskan Anda mengeluarkan biaya ekstra. Namun, tidak terlalu mahal, hanya dibutuhkan biaya mulai dari Rp10 ribu untuk sehari penayangan.

Angka budgeting ini jauh lebih murah dibandingkan menggunakan media iklan lainnya. Keuntungan lainnya adalah lebih efektif dan mudah dilakukan. Jadi, tidak perlu repot lagi membagikan brosur untuk mempromosikan produk atau bisnis Anda.

Agar tidak memakan banyak biaya, Anda bisa fokus menggunakan iklan di saat-saat di mana potensi penjualan tinggi. Misalnya untuk bisnis kue kering biasanya peminat tinggi di bulan Ramadan atau menjelang hari raya.

6. Berikan Promo dan Penawaran Terbaik

Strategi jitu memanfaatkan media sosial untuk bisnis berikutnya adalah dengan rajin memberikan penawaran menarik. Konsumen paling suka dengan yang namanya diskon atau promo.

Sebagai contoh, menjual kopi dengan harga Rp25 ribu tingkat penjualannya relative saja. Namun, ketikan dituliskan dengan kata berbeda, yakni diskon 50% harga menjadi Rp25 ribu saja, maka penjualan meningkat.

Padahal harga sama, tapi kenapa hasilnya berbeda. Karena konsumen cenderung lebih memilih membeli produk dengan label diskon, sebab merasa diuntungkan meskipun harganya sama saja.

Trik ini juga bisa digunakan dalam strategi memanfaatkan media sosial untuk bisnis. Ketika membuat konten, jangan lupa selalu memasukkan promo. Misalnya diskon, potongan harga, gratis produk dan lain sebagainya.

Sebaiknya, berikan promo yang benar-benar menguntungkan pembeli, bukan promo tipu-tipu seperti dicontohkan sebelumnya. Sebab konsumen sekarang juga sudah semakin pandai dalam memilih.

7. Tentukan Tujuan

Anda memulai bisnis tentu memiliki tujuan tertentu, misalnya mendapatkan keuntungan. Begitu juga ketika memasarkan produk melalui sarana media sosial untuk bisnis, tentu saja ada tujuan dibaliknya.

Langkah penting agar bisa memanfaatkan medsos dengan baik sebagai media berpromosi adalah menentukan tujuan spesifik Anda dalam melakukannya. Sebab tidak semua pemasaran langsung bertujuan melakukan penjualan.

Di media sosial seperti Instagram maupun Facebook, terkadang pelaku usaha berpromosi untuk mendekatkan diri dengan konsumennya, meningkatkan brand awareness, maupun menggaet konsumen baru.

Agar strategi menggunakan media sosial untuk bisnis dapat terlaksana dan tujuan tercapai. Sebaiknya, tentukan tujuan sedari awal, apakah hanya ingin meningkatkan penjualan, mendekatkan diri dengan konsumen, atau tujuan lainnya.

Dengan adanya tujuan, maka pembuatan konten dan postingan akan terarah serta lebih optimal. Selain itu, fokus juga akan tetap terjaga. Tujuan ini bisa ditentukan berdasarkan waktu, yakni jangka pendek dan panjang.

Mulailah dari membangun reputasi bisnis terlebih dahulu apabila Anda merupakan pemain baru dalam menggunakan media sosial untuk menjalankan promosi bisnis.

8. Bangun Reputasi Bisnis

Reputasi merupakan salah satu hal penting dalam bisnis, sebab akan menjadi penentu bagaimana audiens memandang bisnis tersebut. Oleh sebab itu, dalam mengoptimalkan media sosial untuk bisnis pastikan menjaga reputasi bisnis dengan baik.

Jangan hanya fokus menjual produk saja, sebab reputasi yang baik juga akan berpengaruh pada penjualan. Sebagai contoh, Anda selalu memposting konten penjualan, maka mungkin audiens akan merasa bosan dan akhirnya berhenti mengikuti akun Anda.

Jadi, sesekali postinglah sesuatu yang informative tapi tetap berhubungan dengan bisnis atau produk Anda. Sebagai contoh aplikasi media sosial Instagram gunakan untuk memposting gambar atau video unik terkait produk.

Misalnya, Anda menjual susu, cobalah buat konten yang isinya manfaat minum susu atau macam-macam susu. Sifatnya informatif, tapi tetap berkaitan dengan produk sehingga audiens tidak akan merasa Anda hanya berdagang saja.

Selain itu, tanganilah berbagai keluhan pelanggan dengan baik, gunakan bahasa sopan meskipun konsumen tidak menggunakan bahasa yang baik. Karena ini akan membuat Anda lebih dihargai.

Berusahalah menyelesaikan keluhan pelanggan dan jangan sampai memberikan kesan kurang baik. Apabila menggunakan jasa pengelola medsos, pastikan menggunakan jasa admin yang berperilaku baik dan sopan, karena akan berimbas pada bisnis Anda.

9. Agendakan Konten dengan baik

Cara memaksimalkan media sosial untuk bisnis bukanlah dengan terus menerus mengupload konten, tapi buatlah agenda atau jadwal penayangannya agar terkesan natural dan tidak membuat audiens bosan.

Terlalu banyak membuat konten dalam sehari, apalagi isinya jualan akan membuat audiens bosan sehingga postingan Anda tidak akan dilirik. Tentu saja, hal ini akan merugikan bisnis karena audiens menjauh bahkan sampai unfollow.

Lalu bagaimana cara mengagendakan konten agar tetapi nyaman dilihat audiens? Pertama, postinglah di waktu tertentu dengan maksimal postingan 5 kali sehari. Waktunya, pagi, siang, menjelang malam, dan malam hari.

Buatlah konten menarik dan bervariasi untuk memaksimalkan konten media sosial untuk bisnis. Karena konten yang selalu itu-itu saja akan membuat audiens bosan.

Misalnya, pagi buat postingan motivasi, siang postingan jualan, sore konten dengan isi informatif, dan malam postingan jualan lagi. Gunakan beragam jenis konten dan variasikan isinya agar tidak terkesan selalu sama.

10. Posting Ulang dan Reposting Bisa Dilakukan

Apakah boleh reposting? Tentu saja, boleh, asalkan isi konten yang diposting tetap relevan dengan bisnis atau produk. Dikatakan pada poin sebelumnya bahwa Anda harus membuat postingan beragam sehingga tidak membuat pemirsa bosan.

Karena punya postingan beragam, bisa mempostingnya ulang dari waktu ke waktu, terutama postingan berisi informasi produk. Strategi media sosial untuk bisnis seperti ini akan menghemat waktu dan biaya pembuatan konten.

Namun, pastikan untuk melakukannya dalam jarak waktu relevan. Misalnya, setelah dua minggu atau satu bulan. Postingan media sosial untuk sebuah bisnis yang sifatnya informatif juga bisa direpost, tapi sesuaikan dengan kebutuhan.

Anda juga bisa memposting ulang dari akun orang lain, tapi rasionya 4:1 sehingga masih lebih banyak postingan original. Karena apabila terlalu banyak repost audiens akan merasa bahwa Anda tidak bisa membuat konten sendiri.

11. Pertahankan Konten Visual

Pengguna internet menyukai hal visual sehingga membuat media sosial menjadi lebih menarik. Seperti Instagram, TikTok, SnackVideo, semuanya mengandalkan visual sehingga membuat penggunanya tertarik untuk melihatnya.

Memanfaatkan media sosial untuk bisnis mengharuskan Anda memanfaatkan rasa tertarik dari pemirsa untuk melihat dan memberikan respon pada postingan yang dibuat.

Oleh sebab itu, membuat visual yang menarik sangatlah penting. Misalnya, memastikan porsi dalam gambar yang diupload sesuai dan nyaman dilihat oleh pemirsa sehingga informasi di dalamnya dapat terbaca.

Buatlah konten visual menghibur, mengedukasi, dan menginspirasi, baik dalam bentuk gambar maupun video. Untuk video sebaiknya gunakan kualitas yang bagus agar terlihat jelas dan nyaman di mata pemirsa.

Apalagi jika Anda membuat video how-to maupun llfe-hack atau sekadar tips. Namun, selalu ingat isinya harus berhubungan dengan bisnis, meskipun tidak ada call to action di dalamnya.

12. Lakukan Pemantauan Berkala

Hal penting lainnya dalam memastikan media sosial untuk bisnis benar-benar efektif dan optimal adalah melakukan pemantauan. Setiap postingan harus dipantau bagaimana perkembangan dan statistik kunjungannya, terutama jika itu ads.

Dengan demikian dapat melihat respon dari pemirsa, apakah positif atau sebaliknya. Sebab respon dari pemirsa ini merupakan hal penting dalam perkembangan bisnis Anda. Dari statistik postingan dapat dilihat apakan konten sudah sesuai dengan target audiens.

Jika sesuai bisa membuat konten-konten serupa, tapi apabila tidak dapat melakukan perubahan sehingga konten lebih dapat diterima konsumen.

Kebanyakan pebisnis setelah merancang dan memposting, kemudian meninggalkan begitu saja postingan media sosial untuk bisnis mereka. Padahal dengan memantau statistiknya akan memberikan banyak manfaat.

Anda dapat menggunakan analystic tools media sosial untuk melakukan pemantauan atau pengawasan terhadap pergerakan akun medsos dan postingan di dalamnya. Jadi, tidak perlu repot melakukannya secara manual.

Patut Anda ketahui bahwa media sosial merupakan platform murah dan powerfull dalam meningkatkan brand awareness, direct selling, ataupun membantu mendekatkan bisnis dengan konsumen.

Oleh sebab itu, penggunaan media sosial untuk memasarkan bisnis sangat penting dan harus dilakukan. Baik memanfaatkan postingan mandiri, influencer, maupun ads. Anda bisa menggunakan setiap cara yang ada untuk mengoptimalkan pemanfaatannya.

Namun, penting untuk memahami mengenai strategi terlebih dahulu, kemudian membangun nama baik, dan barulah menggunakan social media populer untuk bisnis agar bisa meningkatkan penjualan serta keuntungan.

Kategori: blog

error: Content is protected !!
Kirim Pesan
Hallo kak👋
Ada yang dapat kami bantu?
WA 0852-2228-2664