Cara Beriklan di Instagram Ads

Saat ini bagi pelaku bisnis cara beriklan di Instagram Ads merupakan hal penting untuk diketahui, terutama jika ingin bisnis go online. Berbisnis saat ini tidak bisa hanya mengandalkan penjualan dan promosi luring saja, tapi harus didampingi dengan promosi daring.

Bahkan saat ini promosi daring lebih utama, sebab mampu mencapai lebih banyak orang dan ditargetkan pada audience tertentu. Salah satu media berpromosi yang banyak digunakan adalah Facebook dan Instagram serta berbagai platform media sosial lainnya.

Anda mungkin pernah mendengar tentang Instagram Ads, terutama bagi yang berencana berbisnis atau berpromo menggunakan media online. Karena salah satu cara beriklan yang ampuh adalah dengan menggunakan iklan di platform satu ini.

Dengan Instagram Ads atau IG Ads, Anda bisa mencapai lebih banyak konsumen, menginfokan tentang produk dan manfaatnya, kemudian mendapatkan pesanan. Untuk melakukannya cukup mudah, Anda hanya perlu melakukan 15 langkah yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Bagi pebisnis IG merupakan salah satu platform yang paling bagus untuk meluncurkan iklan. Sebab penggunanya sudah sangat banyak, bahkan hampir semua orang memiliki akun di platform media sosial ini. Beriklan di instagram ads adalah salah satu strategi instagram marketing yang wajib anda coba.

Setiap harinya jutaan orang membuka akun IG, baik untuk mengupload foto, video, story, maupun reels. Bahkan banyak juga yang hanya datang untuk melihat-lihat postingan orang lain saja sebagai hiburan.

Karena tingginya penggunaan IG membuat pebisnis dapat memanfaatkannya untuk beriklan sehingga mampu mencapai lebih banyak audiens. Lalu apa yang harus dipersiapkan untuk Instagram Ads dan bagaimana melakukannya? Bisa simak 15 langkah berikut ini:

1. Buat Akun Facebook dan Instagram Bisnis

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh semua pebisnis ketika ingin berpromosi menggunakan media sosial adalah membuat akun di platform media sosial tersebut terlebih dahulu.

Karena di sini Anda kami sarankan menggunakan Instagram Ads, maka perlu membuat akun di dua platform yaitu Facebook dan Instagram. Kenapa harus membuat akun Facebook juga? Sebab harus dihubungkan dari Facebook baru ke Instagram.

Sebenarnya, cara beriklan di Instagram Ads dapat dilakukan langsung tanpa menggunakan akun Facebook. Namun, yang akan kami bahas di sini adalah cara penerapannya melalui Facebook, jadi harus punya akun di 2 platform ini.

Buat akun Facebook terlebih dahulu, kemudian baru membuat akun Instagram yang dibuat menggunakan Facebook. Jadi, keduanya akan terhubung secara otomatis. Sebaiknya, langsung membuat akun bisnis.

Untuk anda yang sedang mencari jasa penambah followers instagram atau ingin beli followers ig untuk meningkatkan atau memperbanyak jumlah followers, like, dan view ig maka anda dapat mengunjungi jasa followers Indonesia yang terpercaya, termurah, dan bergaransi. Dengan menggunakan jasa followers instagram maka jumlah followers anda dapat bertambah secara cepat menjadi ribuan followers. Dan ketika jumlah followers sudah mencapai angka puluhan bahkan ratusan ribu, maka akun instagram anda akan terlihat lebih terpercaya. Jual Followers instagram.

2. Buka Facebook Ads Manager

Jika akun sudah siap langsung ke cara beriklan di Instagram Ads langkah berikutnya yaitu memulai tahapan awal pembuatan Ads atau iklan. Silakan akses menu pengaturan dan masuk ke laman Facebook Ads Manager.

Anda dapat menemukannya di bagian pojok kanan atas di Menu Pengaturan. Atau bisa langsung search agar mudah menemukannya. Pastikan menggunakan akun yang diperuntukkan sebagai akun bisnis atau akun resmi usaha Anda.

Dapat juga menggunakan akun pribadi, tapi disarankan untuk tidak melakukannya. Sebaiknya, akun pribadi dan bisnis dipisahkan meskipun dapat dibuat saling berhubungan.

3. Tentukan Macam Kampanye yang Diinginkan

Lanjut cara beriklan di Instagram Ads berikutnya adalah memilih tab Kampanye kemudian pilih Buat Iklan. Kemudian akan muncul dua pilihan macam pembuatan iklan, yaitu Iklan Terpadu dan Iklan Cepat.

Pembuatan iklan cepat memberikan Anda kemudahan dalam proses pembuatan Ads, tapi harus sesuai dengan template dari platform. Jika ingin membuat Ads yang lebih spesifik sehingga mencapai audiens yang tepat pilih pembuatan Iklan Terpadu.

4. Tentukan Tujuan Beriklan

Selanjutnya adalah menentukan tujuan beriklan. Dalam mengikuti cara beriklan di Instagram Ads, Anda harus menentukan tujuan dari penggunaan iklan tersebut, yaitu dipilih salah satu dari tiga kategori. Pilihannya Pertimbangan, Kesadaran, dan Konversi.

Pilih salah satu pilihan yang paling sesuai untuk Anda. Untuk lebih jelasnya akan ada penjelasan dari masing-masing kategori.

5. Pilih Jenis Iklan

Apakah membuat iklan di Instagram berbayar? Jawabannya, iya. Sama seperti jika Anda memasang iklan di koran, radio, maupun televisi, pasti harus menyiapkan anggara untuk membayarnya.

Di IG Ads melalui Facebook Ads ini juga sama, ada anggaran yang harus disediakan untuk pembayaran biaya beriklan. Untuk besarnya adalah tergantung dari jenis dan jangkauan audiensnya.

Ada dua jenis iklan dapat dipilih, yaitu Pengoptimalan Anggaran dan Uji Split. Pilih salah satunya saja untuk cara beriklan di Instagram Ads dalam sekali pembayaran.

Jika memilih Pengoptimalan Anggaran, maka hanya membuat satu konten yang nanti akan disebarkan ke audiens sesuai target bisnis Anda. Sedangkan Uji Split mengharuskan ada dua konten yang hampir sama dengan tujuan audiens berbeda.

Target audiens akan dibagi dua A dan B, masing-masing akan melihat iklan berbeda. Kemudian bisa dilihat mana iklan yang paling menghasilkan keuntungan setelah diluncurkan. Namun, Uji Split membutuhkan biaya lebih besar untuk penayangannya.

6. Tulis Nama dan Tujuan Traffik

Cara beriklan di Instagram Ads berikutnya adalah menentukan nama dan tujuan. Nama setiap iklan berbeda-beda dengan tujuan untuk memantau bagaimana kampanye IG Ads berjalan.

Jadi, dapat dilihat mana yang lebih menarik, banyak dilihat, dan menarik pelanggan untuk datang. Bisa membuat nama sesuai produk yang dipasarkan agar lebih mudah mengenalinya.

Kemudian pilih tujuan traffic, yaitu ke mana Anda ingin mengarahkan audiens. Apakah ke aplikasi tertentu, website atau toko online, messenger, maupun whatsapp. Dengan begitu audiens akan datang ke alamat tersebut apabila tertarik dengan produk Anda.

7. Tampilkan Promo

Cara beriklan di Instagram Ads selanjutnya adalah mencentang opsi promo apabila ingin memunculkan promo saat menjalankan kampanye promo. Apabila tidak, maka tidak usah dicentang.

Tips untuk Anda agar lebih mudah menarik audiens adalah dengan menampilkan promo. Karena audiens sangat menyukai promo dan akan lebih tertarik dibandingkan iklan tanpa kampanye promo.

8. Menentukan Target Audience

Lanjut cara beriklan di Instagram Ads berikutnya adalah menentukan audiens yang ingin disasar. Inilah tujuan dari memilih Iklan Terpadu, di mana Anda dapat menentukan sendiri target audiens yang diinginkan.

Setiap produk biasanya dibuat untuk pengguna tertentu, misalnya pampers digunakan oleh bayi tapi yang membelinya adalah para orang tua. Untuk menentukan target bisa dilihat dari:

  • Pemirsa khusus, yaitu mengatur jangkauan pada orang-orang yang berinteraksi dengan Anda, baik luring maupun daring. Cakupannya lebih sempit dan memungkinkan menjaga hubungan dengan konsumen lama.
  • Cara beriklan di Instagram Ads dengan menentukan target berdasarkan lokasi. Bisa mengambil lokasi dengan jarak tertentu dari lokasi toko berada sehingga pengunjung bisa datang langsung atau pengiriman produk dapat lebih cepat.
  • Kategori umur yang harus dipilih apabila produk diperuntukkan bagi usia tertentu. Misalnya produk skincare.
  • Jenis kelamin, kategori ini penting apabila produk digunakan atau dikonsumsi oleh jenis kelamin tertentu. Atau apabila ada pembagian produk untuk pria dan wanita.
  • Cara beriklan di Instagram Ads dengan menentukan bahasa yang digunakan. Apabila Anda memilih lokasi tertentu dengan jenis bahasanya khusus, maka isi kolom ini. Jika tidak gunakan bahasa yang umum atau sesuai lokasi negara.
  • Penargetan tertentu, yaitu detail minat, lokasi, perilaku, dan lain sebagainya. Pengisian harus benar-benar diperhatikan karena akan memengaruhi capaian audiens.
  • Koneksi, yaitu pilihan untuk beriklan pada suatu acara atau aplikasi. Terutama apabila audiens sudah terhubung ke acara maupun aplikasi tersebut.
  • Penempatan Iklan

Lanjut dengan langkah dalam cara beriklan di Instagram Ads berikutnya, yaitu penempatan iklan. Secara otomatis iklan Anda akan muncul di Instagram, Facebook, dan seluruh aplikasi yang bekerjasama dengan Facebook.

Namun, pengiklan dapat memilih penempatan sesuai dengan fokus promosinya. Misalnya, Anda hanya ingin beriklan di Instagram, maka ceklis pilihan Instagram saja. Jadi, nantinya ads hanya akan muncul di platform Instagram saja.

Sebaiknya, memilih minimal dua jenis platform sehingga tidak rugi dalam membayar biaya ads. Biasanya, biaya beriklan di beberapa platform tidak akan jauh berbeda dengan menggunakan satu platform saja.

9. Jadwal Penayangan

Lanjutkan dengan penentuan jadwal penayangan iklan. Durasi lamanya iklan muncul di platform akan memengaruhi biaya Instagram Ads yang harus dikeluarkan pengiklan. Semakin lama akan semakin tinggi biayanya.

Sebagai contoh Anda hanya memilih penayangan 2 minggu, maka biaya akan berbeda dengan penayangan 2 bulan. Jadi, perhatikan pilihan lamanya waktu penayangan dengan baik dan sesuaikan juga anggarannya.

Pengiklan bisa memilih jadwal penayangan mulai dari satu minggu dengan maksimal 6 bulan. Cara beriklan di Instagram Ads tidak menyediakan pilihan satu tahun karena akan terlalu panjang untuk sebuah ads.

Selain itu, jika terlalu lama akan membuat audiens bosan dengan iklan itu-itu saja. Sebagai pebisnis Anda harus bisa berinovasi dan kreatif bukan hanya untuk pembuatan produknya, tapi juga bagaimana beriklan sehingga menarik konsumen.

Meskipun produknya sama, tapi buatlah iklan berbeda sehingga audiens tertarik untuk membeli.

10. Hubungkan Langsung dengan IG Ads

Ini kuncinya agar bisa beriklan di Instagram melalui Facebook Ads, yaitu dengan menghubungkan Facebook dengan Instagram.

Di langkah pertama cara beriklan di Instagram Ads sudah disebutkan bahwa sebaiknya kedua akun di dua platform ini terhubung agar bisa langsung menayangkan iklan tanpa perlu mengubah banyak pengaturan lagi.

Semua pengaturan yang dilakukan sebelumnya akan otomatis tersimpan sehingga ketika dihubungkan ke IG tidak perlu melakukan pengaturan ulang. Bahkan lebih mudah jika mengaturnya dari Facebook ads Manager.

11. Pilih Format Iklan

Lanjutkan dengan langkah dalam cara beriklan di Instagram Ads berikutnya yaitu memilih format ads sesuai dengan kebutuhan Anda. Dalam hal ini terdapat 5 pilihan format yang dapat diambil atau dipilih salah satunya, yaitu:

  • Korasel, yaitu tampilan dengan gambar yang terdiri atas satu atau dua gambar maupun video yang dapat digeser oleh audiens.
  • Gambar tunggal, yaitu tampilan ads yang hanya menggunakan satu gambar saja.
  • Video tunggal, yaitu tampilan ads dengan satu video.
  • Tayangan slide, yaitu ads berbentuk video maupun gambar yang dapat digeser dengan maksimal terdapat 10 gambar di dalamnya.
  • Koleksi, yaitu ads gabungan antara gambar dengan video.

Ketika Anda membuat konten untuk ads, harus menyesuaikan dengan format yang dipilih dalam cara beriklan di Instagram Ads ini. Agar tampilannya dapat sesuai format. Jadi, ketika ads diklik atau tampil di depan audiens dapat sesuai dengan keinginan. Silahkan pelajari berapa ukuran banner iklan instagram untuk promosi bisnis.

Jika hanya memilih gambar tunggal, hanya perlu menyiapkan satu gambar saja. Sebaiknya, gambar juga mengandung informasi berupa teks karena deskripsi produk hanya berupa kalimat singkat.

Anda juga bisa membagi informasi di beberapa gambar, tapi harus memilih format koleksi. Format koleksi juga lebih menguntungkan apabila satu produk memiliki beberapa varian atau merupakan satu set.

12. Buat Teks Deskripsi

Dalam membuat iklan sesuai dengan cara beriklan di Instagram Ads Anda harus menuliskan deskripsi yang menarik, tapi dalam kalimat singkat. Isinya berupa kalimat untuk membuat audiens tertarik serta mengerti maksud ads tersebut.

Sebagai contoh Anda membuat iklan produk kecantikan, buatlah deskripsi sesuai produk, misalnya keunggulannya, tapi dalam kalimat pendek sehingga dapat langsung dimengerti audiens.

Apabila ingin melakukan perubahan deskripsi pada iklan, pengiklan dapat mengubahnya melalui Instagram Ads manager. Untuk jumlah kata maksimal deskripsi sudah ditentukan berdasarkan karakter, jadi pastikan Andamembuat sesuai atau di bawah batas tersebut.

13. Tambahkan Judul, Gambar, Link Website atau Marketplace

Lanjutkan dengan menambahkan judul ads yang akan ditampilkan saat penayangan, gambar, juga masukkan link website maupun marketplace.

Jika sebelumnya membuat judul untuk melihat grafik kampanye, sekarang harus membuat judul untuk tampilan di penayangan iklan ke audiens. Judul ini dapat dilihat oleh audiens sehingga harus dibuat dengan menarik dan mengundang penasaran.

Kemudian tambahkan juga gambar maupun video yang akan digunakan sebagai ads. Kebanyakan orang lebih memilih memasukkan gambar karena lebih simpel dan mudah. Namun, jika ingin tampilan lebih baik, Anda dapat menggunakan video.

Cara beriklan di Instagram Ads menggunakan media video biasanya akan lebih menarik audiens, terutama apabila video tersebut unik. Audiens akan lebih tertarik pada iklan-iklan menarik yang berani tampil beda.

14. Tentukan Cara Pembayaran

Selanjutnya adalah menentukan budget untuk beriklan, ditentukan berdasarkan durasi iklan dan berapa lama ditayangkan. Biaya yang diperlukan mulai dari Rp10.000 per hari hingga Rp20.000. Bisa lebih murah dari harga tersebut tergantung penawaran platform.

Jika Anda ingin beriklan selama 30 hari, maka paling tidak harus menyediakan budget Rp300.000. Angka ini masih jauh lebih murah dibandingkan beriklan di radio maupun televisi yang saat ini juga tidak lagi efektif.

Apabila sudah menentukan budget, maka akan ditampilkan review tentang pengaturan ads tersebut. Cek kembali apakah tujuan, audiens, format, dan lain sebagainya sudah sesuai atau belum. Kemudian lanjut ke cara beriklan di Instagram Ads terakhir.

Langkah terakhir memilih cara pembayaran, masukkan informasi pembayaran mulai dari nama negara, mata uang, dan zona waktu. Lalu masukkan saldo sesuai dengan jumlah biaya yang sudah dipilih sebelumnya.

Kemudian akan muncul pilihan metode pembayaran yang tersedia. Jika memilih transfer bank, maka akan muncul pilihan nama bank, bisa sesuaikan pilihan dengan bank yang akan digunakan.

Setelahnya akan ada instruksi mengenai nomor rekening untuk membayar dan jumlahnya serta batas waktu pembayaran. Lakukan pembayaran sesuai batas waktu dan jumlahnya serta di pilihan bank yang sesuai.

Apabila pembayaran sudah diterima, Anda akan mendapatkan notifikasi. Kemudian iklan akan mulai ditayangkan berdasarkan pengaturan yang dibuat sebelumnya. Pengiklan bisa mengecek apakah adsnya sudah tampil dengan mengakses Instagram Ads Tools.

Iklan akan muncul maksimal 1×24 jam setelah pembayaran dilakukan sesuai dengan pilihan platform dalam pengaturan Ads.

Instagram Ads merupakan salah satu cara efektif dalam beriklan di era digital. Karena beriklan menggunakan cara offline maupun media lainnya saat ini kurang efektif dan tidak bisa mencapai audiens yang lebih luas.

Selain itu, juga mampu menekan biaya iklan sehingga budget dapat diturunkan dan menghemat pengeluaran. Tambahan lagi Anda juga dapat meningkatkan brand awareness atau tingkat kepedulian terhadap brand produk. Jadi, benar-benar menguntungkan.

Bagi para pebisnis yang baru hendak melakukan promosi online, ada baiknya memulai dengan Instagram dan Facebook Ads ini. Cara beriklan di Instagram Ads sangat mudah dan bisa diikuti oleh pemula tanpa kesulitan berarti.

Kategori: blog

error: Content is protected !!
Kirim Pesan
Hallo kak👋
Ada yang dapat kami bantu?