Ide Konten TikTok

Apabila Anda bergelut di dunia bisnis, wajib sekali tahu beragam ide konten TikTok untuk menjalankan pemasaran secara digital. TikTok sendiri merupakan salah satu media sosial yang cukup efektif dalam memasarkan produk atau jasa.

Supaya mampu memenangkan persaingan bisnis, tidak cukup hanya dengan memelihara mutu produk dan layanan. Namun juga perlu memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran online. Silahkan baca panduan praktis social media marketing terbaru untuk meningkatkan penjualan bisnis anda.

Alasannya ialah media sosial mampu menjangkau lebih banyak calon konsumen dalam satu waktu. Ketika mampu menghasilkan konten unik, menghibur dan informatif, Anda dapat menarik minat pelanggan.

Ketika mengandalkan TikTok sebagai media promosi bisnis, maka perlu mengasah kreativitas sehingga mampu bersaing dengan kompetitor. Tidak lupa mengikuti perubahan trend supaya kontennya dapat diterima oleh masyarakat luas.

TikTok yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia perlu dimanfaatkan secara maksimal dalam bisnis. Gunakan beragam ide konten TikTok berikut untuk mempromosikan bisnis Anda.

1. Launching Produk Baru

Suatu bisnis umumnya akan berkembang dari waktu ke waktu. Ketika Anda mempunyai bisnis, pasti ada saatnya meluncurkan produk baru, bukan? Momen tersebut perlu dimasukkan dalam aktivitas promosi.

Hal ini termasuk dalam salah satu ide konten TikTok, yakni video launching produk baru. Tatkala Anda meluncurkan produk baru, jangan hanya memajangnya di toko fisik.

Anda perlu membuat video launching produk untuk memperkenalkan produk barunya kepada pelanggan. Tentu ada pelanggan yang kerap menanti-nantikan produk baru dari bisnis karena suka dengan desain maupun kualitasnya.

Ide konten TikTok bisnis dapat dikemas dalam beragam konsep, misalnya saja menggabungkan gambar, video, backsound audio maupun menyisipkan teks. Boleh berupa konsep apa saja selama hasil akhirnya cukup menarik pelanggan.

Fokus pada bagian estetika memang cukup penting dalam aktivitas ini. Akan tetapi, jangan melupakan fokus utama untuk menampilkan produk barunya. Sorot produk dari segala sisi supaya pelanggan bisa melihat seluruh bagiannya secara jelas.

2. Membagikan Gaya Hidup Baru

Biasanya sebuah bisnis lebih fokus pada membujuk audiens untuk membeli produk. Umumnya mengutamakan beragam kelebihan yang tidak dimiliki oleh kompetitor. Namun sebenarnya ada cara lain yang terbilang lebih efektif untuk menarik minat audiens.

Salah satu ide konten TikTok yang mampu membangkitkan minat audiens ialah tentang gaya hidup baru. Anda dapat mengenalkan gaya hidup baru yang memanfaatkan produk bisnis.

Biasanya cara ini cocok diterapkan untuk produk dengan harga jual tinggi. Karena membidik target pasar yang supel, dinamis dan memperhatikan prestise. Contoh produknya ialah perhiasan, parfum hingga gadget.

Akan tetapi, gaya hidup baru juga bisa dalam hal lainnya. Jadi, misalnya saja Anda mempunyai produk suplemen kesehatan. Maka bisa menawarkan gaya hidup baru menjaga kesehatan di musim hujan dengan mengonsumsi suplemen kesehatan.

Ketika mempelajari ide konten TikTok, Anda tidak harus menerapkannya secara kaku. Silahkan menambahkan kreasi tersendiri yang lebih sesuai dengan jenis produk. Jadi, idenya tetap dapat diaplikasikan secara efektif.

3. Video DIY atau Kerajinan Tangan

Apakah Anda pernah melihat video berupa DIY atau Do It Yourself? Biasanya konten semacam ini sangat mudah ditemukan pada TikTok maupun Youtube. Video DIY cukup banyak diminati oleh masyarakat.

Ide konten TikTok tanpa wajah ini juga dapat dimanfaatkan dalam bisnis. Jadi, Anda bisa membuat video kerajinan tangan berisi bahan-bahan dan langkah-langkah pembuatannya.

Bahan atau peralatannya bisa berupa apa saja, misalnya saja barang bekas, lem, gunting dan lain sebagainya. Isinya yang mudah diikuti dan mampu diterapkan ketika waktu luang sangat menarik bagi pengguna media sosial.

Inspirasi video ini sangat cocok diterapkan pada bisnis produk kerajinan tangan seperti manik-manik, alat tulis, gelang dan lain sebagainya. Video semacam ini juga dapat bertahan dalam waktu lama.

4. Video Edukasi atau Tutorial

Ide konten TikTok edukasi tentu akan sangat bermanfaat bagi para pengguna media sosial tersebut. Mengingat masih beredar rumor bahwa TikTok hanya platform berisi video hiburan yang tidak mendidik.

Anda bisa membantu meredakan rumor tersebut melalui konten video edukasi atau tutorial yang masih berkaitan dengan produk. Contohnya Anda menjual bumbu masakan, maka dapat membagikan resep dan cara membuat masakan dengan bumbu tersebut.

Ide konten semacam ini cukup mudah dipahami oleh pengguna media sosial. Karena kontennya terasa ringan, menghibur dan mudah untuk dicoba di rumah. Karena durasi videonya pendek, audiens bisa memahami isinya dengan lebih cepat.

Silahkan menambahkanfilter, soundtrack lagu maupun komponen estetika lainnya pada ide konten TikTok ini. Sehingga videonya tampak lebih menarik namun jangan sampai komponen estetikanya mengganggu kejelasan isi penjelasan tutorial.

5. Video Unboxing

Ketika zaman dahulu, biasanya produk yang dikirim ke konsumen hanya dipacking secara aman tanpa memperhatikan estetika. Umumnya hanya dibungkus bubble wrap dan kardus supaya produk tidak penyok maupun pecah ketika sampai di tujuan.

Sementara sejak berkembangnya toko online, packing produk mulai memperhatikan estetika. Sehingga aktivitas unboxing terasa lebih menyenangkan untuk dilakukan. aktivitas unboxing ini juga dapat dimanfaatkan sebagai konten TikTok.

Ide konten TikTok menarik ini dapat diterapkan dengan membagikan video unboxing produk yang Anda jual. Hal ini mampu memikat audiens ketika produk dibungkus dengan rapi dan aman.

Akan lebih bagus lagi jika memperhatikan estetika sehingga memunculkan perasaan senang begitu konsumen membuka paket produknya. Perlu diketahui juga bahwa keamanan produk untuk sampai ke tujuan ialah faktor penting dalam jualan online.

Jangan sampai membungkusnya secara sembarangan sehingga produk mengalami kecacatan atau kerusakan ketika sampai di tangan pembeli. Hal ini akan membuat mereka kecewa dan enggan membeli lagi.

Oleh sebab itu, pastikan memperhatikan packing dari segi keamanan dan estetika. Lantas, jadikan aktivitas unboxing sebagai ide konten TikTok untuk menarik minat audiens.

6. Tips dan Trik

Anda tidak harus membuat video yang berkaitan dengan produk secara terus-menerus. Sesekali bisa membuat video biasa tanpa perlu memikirkan kaitannya dengan produk, misalnya berupa tips dan trik.

Ide konten TikTok 2022 ini sifatnya lebih umum dan edukatif serta bisa diterima oleh masyarakat luas. Pilih saja tips dan trik yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari sehingga masyarakat lebih menyukainya.

Apabila masyarakat dapat menerima konten tersebut, maka mereka akan merasa lebih dekat dengan bisnis Anda. Bahkan, bisa saja pengikut akun semakin bertambah karena audiens merasa relate dengan beragam tips dan trik di dalamnya.

Jadi, tidak harus fokus pada promosi sepanjang waktu. Silahkan sisipkan ide konten TikTok tips dan trik sesekali. Jangan sampai berlebihan juga karena akan membuat audiens ketinggalan dengan konten produknya.

7. Behind The Scene

Behind The Scene ialah konsep video yang menampilkan proses pembuatan produk atau proses pembuatan iklan. Jenis video semacam ini cukup menarik untuk disimak.

Ketika berkaitan dengan pembuatan produk, audiens akan mendapat informasi mengenai proses pembuatan produk, apakah bersih dan terjaga atau kotor serta berantakan. Apabila prosesnya bersih dan terjaga, tentu kepercayaan audiens terhadap produk akan meningkat.

Sementara ide konten TikTok Behind The Scene dalam proses pembuatan iklan akan memberikan pengetahuan terkait tips dan teknik pengambilan gambar. Hal ini juga mampu memberikan edukasi dan hiburan bagi audiens.

Video Behind The Scene dalam proses pembuatan iklan bisa menjadi konten penyegar dalam akun bisnis Anda. Sehingga isinya tidak monoton tentang produk semuanya.

8. Katalog

Tatkala mengunjungi sebuah toko, hal pertama apa yang ingin Anda cari? Biasanya, hal diinginkan ialah katalog atau buku menu. Karena katalog mampu menampilkan informasi seluruh produk di dalam toko terkait.

Ketika zaman dahulu, katalog berbentuk kumpulan foto dalam lembaran buku hingga poster. Pengunjung perlu membalik halamannya satu per satu untuk menemukan produk yang cocok. Jika tidak ingin membuka katalog, maka bisa berkeliling toko melihat langsung produknya.

Sementara di zaman digital seperti sekarang, katalog dapat dijadikan sebagai ide konten TikTok sehingga lebih praktis ketika diakses oleh audiens. Anda bisa memamerkan koleksi produk melalui satu video dengan cara menarik.

Tampilan produknya bisa dikreasikan semenarik mungkin. Misalnya ketika berbisnis fashion maka dapat menampilkan model yang berganti baju dalam setiap pergerakan. Misalnya sang model meloncat lalu setelah kaki menapak lantai bajunya sudah berganti.

Jangan lupa menambahkan teks yang menerangkan nama varian produknya. Melalui ide konten TikTok ini, audiens akan lebih berminat melihat katalognya. Karena lebih praktis dan juga tampak menarik.

9. Workspace Tour

Selain menampilkan proses pembuatan produk, Anda juga bisa memperlihatkan ruang kerja. Mirip dengan memperkenalkan rumah pada tamu yang datang. Sehingga mampu membangun keakraban.

Melalui ide konten TikTok workspace tour, ajak para audiens untuk berkeliling dan tampilkan spot favorit. Sehingga audiens akan merasa akrab dengan bisnis Anda meskipun tidak pernah datang langsung ke lokasi.

Silahkan memperlihatkan bagaimana Anda mengatur ruang kerja atau kantor berdasarkan kebutuhan. Perlihatkan juga seperti apa cara menyusun investori, spot kerja hingga penyimpanan produk sebelum dikirim.

10. Hashtag Challenge

TikTok identik dengan hashtag challenge yang menantang para pengguna untuk melakukan aktivitas tertentu. Misalnya challenge untuk berjoget, menyanyi dan lain sebagainya. Siapa saja boleh membuat challenge dan mengajak orang lain untuk mengikutinya.

Ide konten TikTok hashtag challenge ini juga dapat dimanfaatkan dalam urusan bisnis. Konten ini ditandai dengan tagar (#). Sudah banyak perusahaan yang membuat challenge dan mengajak masyarakat untuk mengikutinya.

Mengapa banyak perusahaan yang mengandalkan hashtag challenge sebagai cara promosi bisnis? Alasannya ialah memudahkan perusahaan dalam memperoleh User Generated Content atau konten yang dibuat oleh pengguna produk.

Jadi, promosi bisnis mampu berjalan secara masif tanpa perusahaan membuat banyak konten dengan ide sendiri. Biasanya para pengguna TikTok dengan senang hati menambahkan kreasi baru tatkala mengikuti hashtag challenge.

11. Company Profile

Pernahkah Anda membaca sejarah penjelasan sebuah perusahaan? Misalnya membacanya di dalam buku, koran atau majalah. Apakah terasa menarik jika hanya membaca dalam bentuk teks?

Anda bisa menyampaikan cerita di balik berdirinya perusahaan dengan lebih menarik melalui TikTok. Yakni dalam ide konten TikTok berupa company profile. Hal ini lebih baik daripada memberikan penjelasan membosankan melalui teks.

Banyak orang juga lebih menyukai cerita daripada membaca atau mendengarkan penjelasan yang terasa membosankan. Melalui media sosial, silahkan menceritakan motivasi dan alasan di balik berdirinya bisnis Anda.

Ajak audiens untuk membali ke masa lalu mengenang bagaimana perjuangan membangun sebuah bisnis. Hal ini bisa mengajak audiens terlibat ke dalam bisnis bahkan menginspirasi mereka untuk ikut membangun bisnis.

Konten yang menginspirasi seperti ini cukup banyak diminati oleh audiens. Biasanya mampu membangkitkan semangat berjuang. Karena dalam hidup pasti ada momen di mana seseorang merasa kurang bersemangat dan membutuhkan video motivasi.

Dalam ide konten TikTok company profile ini Anda juga dapat menyematkan portofolio. Sehingga audiens bukan hanya menyimak ceritanya namun juga mengenali bisnisnya secara detail.

12. Success Story

Sebelumnya sudah membahas tentang sejarah berdirinya perusahaan. Sekarang berkaitan dengan kisah sukses orangnya, misalnya Colonel Sanders (pendiri KFC), Mark Zuckerberg (pendiri Facebook) dan lain sebagainya.

Mengapa perlu membuat ide konten TikTok berkaitan dengan kisah sukses seseorang? Video semacam ini mampu memotivasi audiens untuk turut berjuang. Karena perjuangan dalam membangun bisnis memang bukan hal mudah.

Mungkin pada tahap ini Anda masih bingung, di mana hubungan bisnis dengan video motivasi terkait pendirinya. Jadi begini, perhatikan saja Colonel Sanders. Ketika seseorang mendengar kisah Colonel Sanders, pasti nantinya langsung teringat dengan KFC.

Sehingga KFC mampu menjadi brand memorable dan personal bagi orang tersebut. Cerita inspiratif seperti ini mampu membantu memperkuat branding produk. Jadi, brand akan lebih mudah diingat oleh pelanggan.

Melalui ide konten TikTok, bisa memotivasi bagaimana awal mula membangun bisnis. Ceritakan sosok Anda secara menarik dan bagaimana mengatasi lika liku dalam bisnis. Ceritakan juga bagaimana berbagai peluang datang dan cara memanfaatkannya ketika itu.

13. Day in My Life

Tahukah Anda jika masyarakat sekarang ini cukup penasaran dengan rutinitas orang lain? Misalnya seperti apa rutinitas seorang penyanyi, bos perusahaan, penyiar radio dan lain sebagainya.

Apakah Anda juga pernah menanyakan hal serupa? Anda bisa membagikan rutinitas melalui ide konten TikTok Day in My Life. Jika di platform Youtube, biasanya berupa vlog.

Day in My Life akan membuat Anda mampu mengungkap sisi personal. Mulai dari rutinitas, kebiasaan hingga mampu mengajak audiens untuk ikut merasakan menjadi orang lain dalam satu hari.

Ketika mempunyai bisnis, maka bisa memperlihatkan aktivitas secara menarik. Misalnya menyiapkan bahan produksi, bertemu klien, berangkat kerja dan lain sebagainya. Audiens bisa merasa turut ikut dalam aktivitas sebagai seorang pemilik bisnis.

14. Meet The Team

Ide konten TikTok lainnya ialah Meet The Team. Sebelum membahas hal ini, pernahkah Anda melihat berita yang menampilkan sebuah perusahaan di mana mendapat protes akibat mengeksploitasi karyawan?

Hal tersebut mengakibatkan perusahaan kehilangan respect dari pelanggan. Sehingga pelanggan mulai beralih ke perusahaan lainnya. Pada akhirnya perusahaan menghadapi kerugian besar.

Jadi, sebuah perusahaan wajib memperlakukan karyawan dengan baik. Ide konten TikTok Meet The Team dapat membantu untuk menampilkan reputasi bisnis. Silahkan memperkenalkan anggota tim satu per satu dan tampilkan hasil kerjanya.

Ketika Anda mampu menunjukkan kedekatan dengan seluruh tim, mak audiens akan menaruh kepercayaan tinggi. Karena bisnis berjalan atas dasar kerja keras yang sehat dan tulus tanpa ada eksploitasi.

15. Testimonial

Testimonial tergolong ide konten yang membantu User Generated Content. Cukup mengumpulkan testimoni dari setiap pelanggan dan gabungkan menjadi satu video secara menarik.

Testimonial bukan sekedar berguna dalam mempromosikan bisnis. Namun mampu membuat pelanggan merasa lebih dilibatkan dan diapresiasi. Jadi, mereka tidak merasa jauh dengan bisnis Anda.

Supaya mampu meningkatkan bisnis, perlu memanfaatkan beragam fitur di media sosial. Jangan lupa untuk mengikuti tren terbaru dan mengaplikasikan ide konten TikTok supaya mampu menghasilkan video promosi terbaik.

Kategori: blog

error: Content is protected !!
Kirim Pesan
Hallo kak👋
Ada yang dapat kami bantu?
WA 0852-2228-2664