Cara Optimasi Instagram Bisnis
Tahukah Anda bahwa penggunaan Instagram bisnis perlu dioptimasi supaya penjualan mampu meningkat? Kata optimasi sendiri biasanya identik dengan SEO website agar muncul di halaman pertama Google.
Namun sebenarnya, optimasi SEO juga perlu dilakukan pada Instagram karena platform tersebut memperbolehkan penggunanya melakukan pencarian melalui kata kunci. Kata kunci bisa berada pada konten, bio hingga username.
Jadi, melalui penerapan optimasi Instagram SEO, akun bisnis Anda bisa muncul di peringkat atas hasil pencarian platform tersebut. Sehingga akan jauh lebih mudah ditemukan oleh audiens.
Sudahkah Anda tahu bahwa orang-orang yang berselancar di Instagram umumnya mempunyai tujuan mencari profil perusahaan, produk sampai layanan? Bahkan sebagian lainnya mengunjungi situs untuk melakukan pembelian begitu melihat penawaran di aplikasi.
Hal ini menunjukkan bahwa optimasi SEO Instagram penting dalam menaikkan visibilitas dan penjualan bisnis. Biasanya orang-orang mencari profil melalui keyword di mana IG akan mengarahkan pada username, bio, caption dan hashtag yang berkaitan.
Ketika menerapkan optimasi, bukan hanya akun yang mudah ditemukan oleh audiens. Namun juga mampu meningkatkan brand awareness, menambah jumlah followers dan menaikkan engagement. Jadi, penting untuk melakukan optimasi Instagram bisnis seperti berikut.
1. Menjadikan Akun Bisnis
Langkah paling awal dalam memulai akun ialah membuatnya menjadi akun bisnis. Alasannya ialah akun bisnis mempunyai beragam fitur yang akan membantu mengembangkan bisnis. Oleh sebab itu, jangan sampai menjadikannya akun private.
Bagaimana cara mengubah akunnya menjadi akun bisnis? Klik saja bagian Setting. Lantas, scroll ke bagian paling bawah dan tekan Switch to Business Account.
Untuk anda yang sedang mencari jasa penambah followers instagram atau ingin beli followers ig untuk meningkatkan atau memperbanyak jumlah followers, like, dan view ig maka anda dapat mengunjungi jasa followers Indonesia yang terpercaya, termurah, dan bergaransi. Dengan menggunakan jasa followers instagram maka jumlah followers anda dapat bertambah secara cepat menjadi ribuan followers. Dan ketika jumlah followers sudah mencapai angka puluhan bahkan ratusan ribu, maka akun instagram anda akan terlihat lebih terpercaya. Jasa Followers instagram.
2. Mengoptimalkan Profil
Instagram search engine ialah fitur yang dimanfaatkan user begitu ingin mencari profil atau postingan tertentu. Namun, platform ini tidak menayangkan seluruh hasil pencarian, hanya menampilkan profil yang menyematkan kata kunci terkait.
Mirip dengan search engine seperti Google, ketika pengguna mengetikkan keyword pada kolom pencarian, Google akan menampilkan situs yang memuat keyword terkait. Oleh sebab itu, optimasi SEO perlu diterapkan baik pada website maupun akun IG.
Jadi, supaya profil Anda bisa muncul pada hasil pencarian, perlu mengoptimasi profil Instagram bisnis. Banyak cara yang dapat dilakukan, mulai dari mengubah pengaturan profil menjadi publik, memakai foto profil terkait bisnis, hingga membuat brand mudah dikenali.
Jangan sampai menjadikan bisnis sebagai akun privat IG. Kemudian foto profilnya juga buat sesuai bisnis, misalnya ketika menjual biji kopi dapat memilih foto berupa logo produk maupun gambar kopi.
Ada lagi yang sering luput dari perhatian pebisnis pemula. Yakni terkait pembuatan nama brand. Pebisnis pemula cenderung ingin nama brand sangat unik dan menggambarkan konsep yang asing.
Padahal, nama yang mudah dicari dan dikenali sangat membantu dalam optimasi Instagram bisnis. Contohnya ketika membuka coffee shop, pakai keyword kafe atau coffee sehingga audiens juga tidak bingung dengan jenis bisnis Anda.
Jangan lupa menyematkan tautan website bisnis online Anda di bio IG untuk memudahkan audiens jika ingin melakukan transaksi melalui website. Biasanya audiens melihat website untuk memastikan apakah bisnis tergolong resmi atau penipuan.
Mungkin, mengoptimasi bagian profil Instagram bisnis akun terasa sepele. Namun hal ini sebenarnya sangat penting mengingat profil adalah gerbang utama yang mengajak audiens untuk mengenal audiens Anda.
3. Menyematkan Kata Kunci Utama pada Username dan Display Name
Instagram SEO membantu para user dalam menemukan profil Instagram tertentu dengan mengetikkan kata kunci yang relevan. Mereka bisa menemukan milik Anda ketika kata kunci tersemat dalam profil Anda.
Jadi, Anda perlu menyematkan kata kunci utama pada username dan display name akun Instagram bisnis. Misalnya saja berbisnis dalam bidang sepatu, maka dapat menyematkan kata kunci utama berupa “sepatu” pada username dan display name.
Menyematkan kata kunci pada username dan display name akan sangat membantu dalam mengembangkan bisnis. Jadi, jangan sampai melewatkan optimasi pada bagian ini.
4. Menambahkan Kata Kunci Turunan di Bio
Tidak cukup hanya dengan menambahkan kata kunci utama di username dan display name akun aplikasi Instagram bisnis. Anda perlu memaksimalkannya dengan menambahkan kata kunci turunan pada bio.
Misalnya saja Anda mempunyai bisnis “case untuk iPhone”. Setelah memasukkan kata kunci utama di username dan display name, sematkan kata kunci turunannya pada bio. Misalnya “case iPhone murah”.
Tatkala seorang pengguna IG mencari case iPhone murah, maka peluang profil Instagram bisnis Anda untuk muncul di hasil pencarian akan lebih besar. Hal ini jika dibandingkan dengan tidak menyematkan kata kunci turunan sama sekali.
Bagaimana jika kesulitan memasukkan kata kunci utama di username dan display name? Jika memang begitu sulit, tidak apa-apa untuk memasukkan kata kunci utamanya pada bio, sehingga tidak menggunakan kata kunci turunan.
Jangan lupa memperhatikan batas karakter bio. Jadi, padatkan kata kunci turunan dan pesan pada bio supaya semuanya muat. Pastikan hanya menuliskan hal penting di bio.
Penerapan keyword pada Instagram bisnis ini terbilang penting dalam upaya optimasi SEO. Jadi, jangan sampai menganggap keyword hanya sebagai hiasan pada bio.
5. Memanfaatkan Alt Text
Pernahkah Anda mendengar istilah Alt Text pada IG? Biasanya istilah Alt Text banyak disebutkan dalam upaya optimasi gambar di SEO website. Apabila mempunyai website, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut.
Alt Text tergolong salah satu kelebihan Instagram bisnis yang akan membantu Anda dalam optimasi gambar. Karena Alt Text membantu algoritma platform tersebut untuk memunculkan foto Anda ke pengguna yang menyukai tipe konten terkait.
Alt text sendiri berguna dalam mendeskripsikan konten gambar. Kemudian membantu mesin pencari untuk menemukan kontennya. Anda dapat memaksimalkan Alt text dengan menyematkan keyword di dalamnya.
Pertama-tama, temukan dahulu keyword relevan yang mempunyai volume pencarian tinggi di mesin pencari. Lantas, masukkan ke dalam Alt text dengan klik Advanced Setting ketika ingin mengunggah postingan.
Sebelum membuat postingan konten, Anda scroll dahulu ke bawah supaya menemukan menu Advanced Setting pada Instagram bisnis. Selanjutnya klik Write Alt Text. Lanjutkan dengan menulis deskripsi konten dan akhiri memakai tombol Done.
Menambahkan Alt text sebelum posting konten sangat bermanfaat dalam membantu postingan meraih peringkat bagus di algoritma IG. Lantas, bagaimana jadinya jika sudah banyak postingan namun tidak menggunakan Alt text sama sekali?
Tidak perlu khawatir, fitur Instagram bisnis ini masih bisa digunakan. Cukup edit saja postingannya dengan klik titik tiga pada pojok kanan atas. Lantas tekan Edit dan pilih Edit Alt Text.
6. Menyematkan Kata Kunci di Hashtag
Apakah kata kunci hanya perlu dipikirkan ketika membuat username, display name dan bio? Tentu saja tidak, karena optimasi SEO akan terus berkaitan dengan kata kunci atau keyword.
Kata kunci masih bisa disematkan dalam hashtag postingan. Namun, pastikan setiap menyematkan kata kunci masih relevan dengan bisnis. Hashtag akan berguna dalam membantu konten untuk ditemukan oleh audiens ketika mencari melalui IG search engine.
Misalnya saja sebuah perusahaan menawarkan diskon untuk produk sepatu. Maka, supaya kontennya lebih mudah ditemukan oleh pengguna media sosial tersebut, bisa menyematkan hashtag #promosepatu di Instagram bisnis.
Jadi, misalnya saja ada seorang pengguna IG ingin membeli sepatu namun dengan harga diskon supaya lebih murah. Lantas, dia mengetikkan hashtag #promosepatu. Nantinya konten Anda akan berpeluang tampil di IG search engine orang tersebut.
Selain menyematkan hashtag relevan dengan bisnis, Anda boleh menambahkan hashtag dari nama brand di Instagram bisnis. Hal ini akan menjadi identitas bagi brand dan mudah dikenali oleh pengguna IG.
Lantas, bagaimana cara menemukan hashtag untuk postingan konten? Ada banyak cara bisa dicoba, seperti melihat hashtag milik kompetitor, melihat tingkat popularitas hashtag pilihan di tools hashtagify.me dan jangan lupa menghindari spamming hashtag.
7. Menyematkan Kata Kunci Turunan di Caption
Masih berkaitan dengan keyword, Anda perlu menyematkan kata kunci turunan di caption. Namun, pastikan caption masih relevan dengan konten. Jangan memaksakan caption yang tidak relevan.
Mengapa perlu menyematkan kata kunci turunan pada caption di Instagram bisnis? Platform tersebut memakai machine learning untuk menetapkan konten yang mana yang akan tampil di explore.
Cukup dengan mengandalkan kata kunci dan konteks caption, machine learning mampu menentukan konten mana yang paling relevan dengan keperluan pengguna. Jadi, jangan sampai mengabaikan pentingnya kata kunci turunan pada caption.
Seperti apa contoh penerapan kata kunci turunan ini di caption Instagram bisnis? Misalnya begini, sebuah perusahaan menawarkan pembuatan website toko online. Maka, bisa menyematkan kata kunci turunan berupa “website toko online”, “toko online” dan lainnya.
Caption sendiri mampu menarik minat pengguna IG untuk menyukai akun bisnis Anda. Caption menarik nantinya mampu membangkitkan minat user untuk follow akun Anda.
8. Mengandalkan Fitur Promote
Cara lainnya dalam optimasi Instagram bisnis adalah mengandalkan fitur promote. Fitur promote akan membuat postingan masuk ke timeline milik para pengguna lainnya berdasarkan target yang Anda atur.
Jadi, sebelum menggunakan fitur promote Anda perlu mengatur jangkauan maupun radius pengguna yang ditargetkan untuk membeli produk. Sehingga dapat menentukan budget dan periode promosinya.
Ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi untuk bisa menggunakan fitur promote, salah satunya ialah mempunyai fanspage di Facebook. Nantinya fanspage di Facebook akan dihubungkan dengan akun Instagram bisnis Anda.
Anda nantinya bisa melakukan promosi begitu selesai mengisi saldo melalui akun fanspage. Fitur promote ini dapat dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Jangan terlalu terburu-buru dalam mengandalkan fitur promote.
9. Menambah Follower
Sebuah akun Instagram tentu tidak akan sempurna tanpa adanya follower. Bahkan Instagram pribadi saja sering diupayakan untuk meraih banyak follower. Jadi, jangan sampai akun bisnis mengabaikan pentingnya peran follower. Anda dapat menambah ribuan followers, like, dan view IG menggunakan jasa followers untuk memperbanyak followers dengan cepat dan murah.
Follower ialah prestige sebuah akun Instagram bisnis. Ketika follower besar, maka target market yang bisa dicapai juga besar. Oleh sebab itu, penting untuk senantiasa meningkatkan jumlah follower secara bertahap dan secara organik. Dan juga bisa menggunakan aplikasi auto followers instagram gratis.
Follower organik ialah follower aktif di mana bersedia mengikuti akun sebab konten atau produknya menarik. Jadi, tidak terbatas menyukai produk yang dijual, karena konten mempunyai daya tarik tersendiri.
Lantas, bagaimana caranya supaya follower bisa bertambah? Salah satu caranya ialah mengadakan Giveaway dengan syarat perlu follow akun bisnis Anda. Cara ini cukup efektif dalam menjaring follower.
Namun, pastikan akun Instagram bisnis sudah memuat konten. Jangan sampai akun masih kosong lantas mengadakan Giveaway. Karena nantinya akan membuat orang lain enggan klik follow meskipun tawaran Giveaway cukup menggiurkan.
10. Mengandalkan Tag dan Mention
Ada beragam fitur yang tersedia di dalam IG. Anda dapat memanfaatkannya untuk membantu mempromosikan bisnis. Salah satunya ialah fitur tag dan mention pada Stories.
Ketika Anda memperoleh banyak tag dan mention dari profil lain, maka IG akan menilai kontennya relevan. Lantas, konten dan profil akan berpeluang besar tampil di IG search engine dan lebih mudah ditemukan oleh audiens.
Tidak heran apabila tag dan mention cukup penting dalam optimasi SEO IG. Jadi, seperti apa cara menggunakan tag dan mention ini? Mari menyimak beberapa pilihan caranya di bawah ini.
11. Membuat Konten Kerjasama
Cara pertama ialah membuat konten kerjasama di Instagram bisnis supaya mampu memperoleh tag dan mention. Misalnya saja Anda membuat ide konten instagram kolaborasi dengan brand lain.
Lantas, ketika brand lain mengunggah Stories, disertakan tag dan mention menuju profil Instagram Anda. Pembuatan konten kerjasama sendiri mampu memberi manfaat satu sama lain.
12. Tag dan Mention Pengguna lain yang Ada Kerjasama dengan Anda
Selain membangun kerjasama konten, Anda bisa membangun kerjasama dengan pengguna lain. Anda dapat memberi tag user lain dan menyematkan username mereka pada caption.
Sehingga nantinya konten Anda bisa masuk ke kumpulan foto fitur tagging pada akun user lain. Hal ini membuka peluang pengguna lainnya untuk menemukan konten Anda di fitur terkait.
13. Memakai Tag Lokasi
Tidak harus berhubungan dengan pihak lain untuk membangun tag dan mention dalam Instagram bisnis. Anda juga dapat menambahkan tag lokasi pada konten. Contohnya tag lokasi di mana Anda menyelenggarakan sebuah event bisnis atau alamat kantor.
Melalui tag lokasi, konten akan lebih mudah ditemukan oleh user. Selain itu, konten juga berpeluang tampil di IG search engine tatkala user mencari informasi mengenai lokasi terkait.
14. Mempelajari Insights
Apabila sudah menjalankan beragam cara optimasi di atas, maka lanjutkan dengan mengandalkan fitur Instagram Analytics bernama Insight. Insight mampu menunjukkan performa setiap konten yang sudah dibuat.
Seperti yang Anda tahu, ada beragam jenis konten di Instagram bisnis. Mulai dari feed hingga stories. Performanya semuanya bisa ditunjukkan melalui Insight. Sehingga Anda dapat melakukan evaluasi konten melalui beragam metriks seperti berikut.
- Reach
Reach ialah metriks yang membantu mengukur jumlah follower di mana sudah menerima konten Anda. Panduan mengoptimalkannya ialah melalui hashtag, sponsored content dan giveaway.
- Saves
Saves ialah metriks Instagram bisnis yang menghitung user di mana menyimpan konten dari Anda. Panduan mengoptimalkannya ialah dengan menciptakan konten menarik, relevan dan berguna bagi user.
- Impression
Impression ialah metriks yang menghitung berapa kali konten atau iklan Anda muncul di layar user. Entah konten tersebut memperoleh Like atau hanya dilihat oleh user. Anda dapat mengoptimalkannya dengan memasang iklan berbayar.
- Audience
Audience ialah metriks Instagram bisnis yang menunjukkan jenis user yang merespons konten. Contohnya terkait karakter, usia, minat, hingga jam aktif user tatkala merespon konten.
- Like and Comment
Like and comment ialah metriks di mana akan menunjukkan interkasi atau engagement user pada konten. Panduan mengoptimalkannya ialah dengan membuat caption konten bersifat interaktif. Pelajari bagaimana cara menambah like instagram dengan cepat dan mudah.
Melalui upaya mengoptimasi IG, konten dan prodil Anda bisa lebih mudah ditemukan oleh audiens. Anda juga dapat menyesuaikan bentuk konten dan waktu postingnya. Sehingga konten Instagram bisnis dapat diterima oleh audiens yang dituju pada waktu tepat.