Ide Konten Instagram
Ide konten Instagram yang baik sangat penting bagi pebisnis untuk melakukan branding dalam rangka mempromosikan bisnisnya. Oleh karena itu, setiap pelaku usaha di media sosial satu ini dituntut untuk kreatif mencari berbagai ide konten.
Sebagai salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak di Indonesia maupun dunia, Instagram memang merupakan tempat paling tepat untuk melakukan promosi. Karena ada banyak manfaat instagram untuk bisnis. Hal ini didukung juga oleh berbagai fitur yang dapat menunjang kebutuhan konten.
Jadi, Anda hanya perlu menyiapkan ide konten Instagram semenarik mungkin agar dapat memanfaatkan fiturnya secara maksimal. Semakin kreatif dan semakin menarik kontennya, maka semakin besar peluang Anda menggaet perhatian audiens.
Apalagi, jejaring sosial satu ini sekarang telah dilengkapi dengan fitur marketplace serta Instagram bisnis. Jika dapat merencanakan konten promosi dengan baik, media sosial ini sangat efektif untuk meningkatkan brand awareness bisnis Anda.
Awal perilisan Instagram pada tahun 2010, fitur yang ada baru postingan feeds foto atau video singkat saja. Namun seiring bertambahnya jumlah serta antusiasme pengguna, semakin banyak fitur-fitur menarik baru yang dimunculkan.
Lalu, bagaimana cara membuat konten yang menarik? Langkah pertama tentu saja mencari ide kontennya untuk dikreasikan dalam bentuk foto atau video. Jangan lupa memanfaatkan tren terkini agar potensi viralnya semakin tinggi.
Semakin viral atau semakin besar insight serta engagement dari suatu postingan, maka semakin besar juga peluang brand Anda dikenal orang banyak. Jadi, pastikan untuk melakukan proses perencanaan serta pengeditan secara maksimal.
Sebagai pebisnis, Anda memerlukan perencanaan konten yang matang dan kontinyu. Oleh karena itu, dibutuhkan berbagai macam ide terkait jenis postingan foto maupun video agar dapat menarik perhatian audiens selaku calon customer.
Anda juga perlu memperhatikan algoritma instagram, sehingga diperlukan waktu update yang konsisten agar dapat mencapai hasil sesuai keinginan. Berikut ini adalah beberapa ide konten Instagram untuk mempromosikan bisnis Anda secara efektif.
1. Story Telling
Ide pertama sekaligus termudah ialah bercerita alias story telling. Selain dapat menjadi cara promosi, hal ini dapat meningkatkan personal branding maupun brand awareness serta tentunya membangun interaksi dan komunikasi positif dengan followers.
Contoh kontennya yaitu cerita personal tentang pengalaman membangun bisnis, pengalaman cerita sukses, hingga sekedar profil Anda maupun profil suatu produk. Ide konten Instagram ini sangat efektif dalam meningkatkan impresi positif dari pengikut.
Untuk anda yang sedang mencari jasa penambah followers instagram atau ingin beli followers ig untuk meningkatkan atau memperbanyak jumlah followers, like, dan view ig maka anda dapat mengunjungi jasa followers Indonesia yang terpercaya, termurah, dan bergaransi. Dengan menggunakan jasa followers instagram maka jumlah followers anda dapat bertambah secara cepat menjadi ribuan followers. Dan ketika jumlah followers sudah mencapai angka puluhan bahkan ratusan ribu, maka akun instagram anda akan terlihat lebih terpercaya. Jasa Followers, Like, & View instagram.
2. Video Tutorial
Video tutorial cukup populer untuk berbagai macam bisnis di Indonesia. Dalam video ini, Anda dapat menunjukkan cara penggunaan suatu produk secara detail alias step by step semenarik mungkin agar dapat menarik perhatian pelanggan.
Ada banyak sekali ide video tutorial yang bisa dicoba, mulai dari tutorial make up, tutorial gambar, dan lain-lain. Cukup sesuaikan jenis tutorial tersebut dengan produknya agar lebih relevan bagi pengguna.
3. Review Produk
Selain tutorial, ide konten Instagram lainnya yang juga efektif untuk promosi ialah review. Niche dari review produk juga sangat luas, dapat digunakan untuk berbagai jenis bisnis mulai dari fashion, gadget, skin care, otomotif, dan masih banyak lagi.
4. Proses Pembuatan
Terkadang, audiens juga senang melihat bagaimana proses terbentuk atau terjadinya suatu produk hingga tiba di tangan pelanggan. Selain itu, jenis konten ini juga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan pada bisnis Anda.
5. Meme Lucu
Untuk feeds dalam bentuk foto, jenis postingan berupa meme lucu masih menjadi pilihan ide konten yang juga banyak digemari audiens. Cara membuatnya pun mudah, sebab terdapat banyak meme generator di internet yang bisa dipakai membuat meme viral.
6. Comic Strip
Selain meme, postingan foto lainnya yang layak dicoba adalah comic strip, yaitu komik singkat yang umumnya hanya berisi 4 panel. Comic strip juga bersifat fleksibel serta dapat dikreasikan maupun dipadukan dengan konten lain seperti meme.
Ide konten Instagram ini akan lebih efektif lagi jika dibuat melalui kolaborasi bersama kreator komik terkenal. Apalagi, saat ini ada banyak sekali akun komikus populer yang dapat diajak bekerja sama membuat comic strip untuk keperluan promosi.
7. Live Interaktif
Salah satu kelebihan dari fitur live ialah interaksinya dapat dilakukan secara realtime. Apalagi, para audiens dapat memberi love serta komentar secara langsung untuk direspon oleh pemilik akun.
Meskipun bersifat live alias berupa siaran langsung, namun video live ini dapat disimpan pada feeds Anda. Oleh karena itu, siaran langsung yang menarik dan interaktif dapat menjadi salah satu pilihan ide konten Instagram untuk mempromosikan bisnis.
8. Repost Konten Pelanggan
Untuk menjalin hubungan baik antar pengguna produk sekaligus sebagai testimoni, Anda juga dapat merepost atau membagikan kembali konten pelanggan. Hal ini dapat menjadi strategi pemasaran yang efektif sebab terdapat bukti langsung dari pengguna.
Selain itu, banyak orang yang senang jika postingannya dinotice bahkan direpost oleh akun lain. Namun, jangan lupa untuk selalu mencantumkan cr atau sumber agar audiens tahu dari mana atau dari siapa asal kontennya.
9. Bagikan Quotes
Ide konten feed Instagram berupa foto lainnya ialah dengan berbagi quotes alias kata-kata bijak. Buat atau carilah quotes yang relevan dengan produk kalian sekaligus relate dengan para followers agar jumlah interaksi berupa like ataupun komentarnya semakin banyak.
Apalagi, banyak user yang senang membagikan ulang quotes tertentu pada akun mereka, misalnya melalui fitur story. Hal ini tentu dapat menjadi langkah pemasaran efektif dengan cara soft selling bagi suatu brand.
10. Buat Teaser Produk
Ide konten Instagram berikutnya adalah teaser, yaitu foto ataupun video singkat mengenai sesuatu yang akan diluncurkan dalam waktu dekat. Sesuai namanya, teaser berfungsi melakukan ‘tease’ alias menggoda audiens agar lebih tertarik.
Teaser sangat efektif dalam membangkitkan rasa penasaran audiens maupun meningkatkan brand awareness suatu produk, bahkan sebelum diluncurkan. Oleh karena itu, apabila ingin meluncurkan produk baru dari bisnis anda, cobalah buat teaser terlebih dahulu.
11. Ikuti Tren Viral
Dengan algoritma internet terkini, pengguna semakin mudah mengikuti berbagai macam tren maupun topik yang sedang viral. Anda dapat memanfaatkan tren ini untuk mengetahui berbagai konten yang paling banyak diminati di Instagram lalu mengikutinya.
Caranya, Anda cukup membuka bagian home maupun explore untuk melihat tipe-tipe foto atau video apa saja yang saat ini banyak diposting orang. Selanjutnya, Anda cukup menerapkan prinsip ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) untuk membuat konten baru.
12. Buat Instagram Guide
Meskipun fitur ini terbilang baru, namun Anda dapat memanfaatkannya untuk membangun citra lebih profesional. Dengan ini, Anda dapat mengemas isi konten maupun foto cover brand layaknya sebuah artikel atau majalah.
13. Giveaway
Salah ide konten Instagram paling ampuh untuk meningkatkan engagement adalah melalui giveaway alias membagikan produk secara gratis. Sebab salah satu syarat mengikuti giveaway adalah dengan mengikuti akun serta meninggalkan like atau komentar pada suatu postingan.
Anda juga dapat berkolaborasi bersama tokoh publik tertentu untuk mempromosikan giveaway tersebut. Semakin besar engagement serta insight yang diperoleh, semakin efektif juga promosinya.
14. Konten Perbandingan
Ide konten Instagram lainnya yaitu dengan membuat perbandingan antara suatu produk dengan produk lainnya, misalnya antara iPhone 13 dan iPhone 14. Hal ini juga dapat membantu pelanggan mengenali apa saja kelebihan maupun kekurangan dari sesuatu.
Namun, Anda harus selalu memperhatikan etika bisnis dalam membuat sebuah perbandingan antar produknya. Jangan sampai kontennya malah mengarah pada black campaign yang justru menjelek-jelekkan usaha kompetitor secara tidak sehat.
15. Kolaborasi
Ide konten Instagram berikutnya adalah dengan berkolaborasi bersama influencer, baik itu mikro, makro, maupun selebriti. Sebaiknya, lakukan kolaborasi bersama influencer yang relevan dengan produk agar postingan lebih ramai dan menarik.
Perlu diperhatikan bahwa semakin tinggi jumlah followers maupun insight dan engagement suatu akun influencer, maka semakin besar juga rate card akun tersebut. Jadi, pilihlah influencer sebijak mungkin, jangan mudah tergoda dari jumlah followers saja.
16. Behind the Scene
Untuk mendekatkan diri dengan pengikut, cobalah membagikan ide konten Instagram berupa foto-foto ataupun video behind the scene dari suatu proses atau aktivitas. Hal ini juga dapat mejadi cara berinteraksi yang efektif dan positif bagi suatu brand.
Sebagai contoh, Anda bisa membagikan behind the scene dari proses pembuatan kontennya sebagaisalah satu ide postingan. Apalagi, biasanya ada banyak momen lucu yang bisa jadi tertangkap kamera saat membuat suatu konten.
17. Bagikan Polling
Berikutnya, ada ide konten Instagram story dengan memanfaatkan salah satu fitur baru bernama polling. Misalnya, Anda dapat bertanya tentang sesuatu pada audiens atau followers lalu meminta mereka menentukan pilihan mana yang terbaik.
Sebagai contoh, Anda dapat membuat battle antara produk A dan produk B dari bisnis Anda untuk melihat jenis produk mana yang paling populer dan disukai konsumen. Selain itu, polling juga dapat menjadi ide konten interaktif untuk membangun interaksi.
18. Tips dan Trik
Tips dan trik merupakan ide konten Instagram lainnya yang juga banyak diminati oleh audiens. Anda bisa membuat tips dan trik tentang apapun sesuai niche produk untuk mengisi video reels, unggahan feed, atau stories akun Instagram.
Syaratnya, Anda harus benar-benar memahami permasalahan apa yang saat ini sedang marak atau sangat banyak dialami oleh audiens. Sehingga, Anda dapat menawarkan tips dan trik tersebut sebagai pemecah masalah atau pemberi solusi atas masalah yang mereka hadapi.
19. Edukasi
Konten edukasi merupakan salah satu ide konten Instagram 2022 yang tidak kalah kekinian sekaligus bermanfaat. Apalagi bagi Anda yang memiliki keahlian khusus tetapi belum percaya diri untuk tampil depan kamera, foto atau video edukasi ini bisa menjadi alternatifnya.
Jangan lupa menggunakan bahasa komunikatif dan sederhana agar kontennya mudah dimengerti audiens. Selain itu, jangan terlalu kaku dan formal agar audiens tertarik dan tidak bosan melihatnya.
20. Bagikan Infografik
Sebagai salah satu contoh dari ide konten Instagram berupa edukasi, Anda dapat membuat infografik. Sederhananya, infografik merupakan bentuk atau wujud dari informasi, data, atau suatu ilmu pengetahuan melalui pemetaan atau grafis.
Grafik ini memperjelas informasi yang rumit menjadi lebih ringkas dan mudah dimengerti oleh audiens. Tidak hanya tema edukasi saja, namun tema konten lainnya juga dapat dibuat dalam bentuk pemetaan yang ringkas, jelas, dan juga menarik.
21. Bagikan Kuis
Ide konten Instagram lain yang dapat menjadi strategi marketing untuk meningkatkan banyak engagements dari para followers adalah melalui konten kuis. Cobalah membuat event berupa kuis berhadiah sebagai salah satu cara berinteraksi dengan para followers baru.
Jangan lupa mengaitkan kuis tersebut dengan produk atau bisnis Anda. Kemudian, berikan juga hadiah yang relevan dan menarik, misalnya berupa sampel produk, buku, voucher belanja, hingga uang tunai jika memang memungkinkan.
22. Lakukan Challenge
Dengan adanya fitur Reels, saat ini ada banyak sekali ide fitur berupa challenge yang dapat dibagikan oleh para user. Ide konten Instagram ini juga beragam bentuknya, mulai dari challenge dalam bentuk dance, tantangan memasak, dan masih banyak lagi.
Sebaiknya, cari challenge yang sudah populer di kalangan pengguna, atau buatlah challenge baru khas brand Anda. Intinya, jangan lupa untuk memilih challenge yang dapat mendorong audiens untuk berpartisipasi secara luas dan masif.
23. Buat QNA
QNA (Question and Answer) alias tanya jawab merupakan ide konten menarik sekaligus interaktif lainnya. Anda juga dapat memanfaatkan fitur tanya jawab dari Instagram Story sebagai salah satu media promosinya.
24. Ucapan Hari Penting
Dalam kalender, Anda bisa dengan mudah menemukan peringatan hari-hari besar nasional maupun internasional. Cobalah untuk mencatatnya dan memasukannya ke dalam agenda atau perencanaan postingan.
Misalnya, Anda dapat membagikan postingan berisi ucapan tentang hari-hari penting tersebut. Seperti ucapan Hari Pahlawan, Hari Ibu, Hari Lingkungan, Hari Kemerdekaan, hingga Hari Raya Keagamaan, lalu menyertainya bersama informasi promo khusus hari tersebut.
25. Rekomendasi
Ide konten Instagram terakhir adalah membagikan rekomendasi dalam bentuk apapun sesuai bidang bisnis Anda. Bisa berupa rekomendasi lagu, film, drama, buku, kelas pelatihan, hingga tempat untuk dikunjungi.
Sebagai contoh, jika Anda memiliki usaha travel, cobalah membagikan konten rekomendasi tempat wisata untuk healing bagi audiens. Contoh lain, jika Anda memiliki usaha katering, Ada dapat memberi rekomendasi ide menu makanan.
Selain berfungsi sebagai cara memasarkan dan mempromosikan produk atau bisnis Anda, Instagram juga dapat menjadi media bersosialisasi bersama audiens. Oleh karena itu, 25 ide konten Instagram ini layak dicoba untuk para pebisnis.