Algoritma TikTok

Berkat fitur serta algoritma TikTok yang terbilang menarik dan baru, TikTok menjadi aplikasi paling digandrungi beberapa tahun belakangan. Dengan berjuta pengguna dari seluruh dunia, app satu ini kini menjelma menjadi pilihan media promosi terbaik.

Melihat pertumbuhan yang pesat dari aplikasi berbagi video ini, berbagai brand pun ikut masuk ke dalam platform ini untuk mempromosikan produk ataupun jasanya. Hal ini didukung juga dengan luasnya jangkauan audiens per hari di platform ini.

Walaupun relatif baru, TikTok kini menjadi media sosial dengan pertumbuhan paling pesat. Tidak sedikit tren maupun konten viral saat ini adalah yang berasal dari TikTok. Bahkan, Indonesia tercatat sebagai negara paling banyak mengunduh aplikasi ini.

Namun, untuk bisa memanfaatkannya secara optimal, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu cara kerja algoritmanya, sehingga engagement konten bisa meningkat. Dengan demikian, Anda dapat memahami apa saja faktor yang mempengaruhi jangkauan audiens.

Faktor yang Mempengaruhi Algoritma TikTok Terbaru

Sebelum mengulik lebih dalam terkait cara kerja algoritma TikTok 2022, Anda perlu tahu bahwa platform ini cenderung menyembunyikan sistem penentuan algoritma mereka. Dibanding media sosial atau aplikasi pesaingnya, TikTok cenderung lebih tertutup.

Sebagai contoh di Instagram, pihak Instagram pernah menjelaskan secara terbuka bagaimana postingan pengguna bisa mendapatkan peringkat terbaik di feed meskipun secara acak. Sedangkan TikTok tidak pernah memberi penjelasan resmi terkait algoritmanya.

Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menganalisa faktor apa saja yang dapat mempengaruhi algoritma FYP TikTok. Untuk mempermudah, berikut ini adalah beberapa algoritma terbaru dari platform ini yang dapat Anda manfaatkan untuk bisnis.

1. Interaksi User

Sebagaimana algoritma Instagram, TikTok juga bekerja berdasarkan interaksi dari penggunanya. Semakin sering berinteraksi dengan akun-akun tertentu, maka kecenderungan untuk melihat konten dari akun-akun tersebut juga akan semakin tinggi.

Cara kerja utama dari platform ini adalah pertama setelah video diunggah, algoritmanya akan membagikan video ke sekelompok kecil pengguna. Beberapa di antaranya bisa berasal dari pengguna yang mengikuti akun kreator video tersebut.

Jenis pengguna ini merupakan golongan yang dinilai TikTok lebih mungkin untuk berinteraksi dengan konten tersebut berdasarkan perilakunya. Jika pengguna tersebut menyukainya, maka TikTok akan kemudian mendistribusikannya ke pengguna lain dengan minat serupa.

Hal ini dapat dilihat dari cara user tersebut menonton konten. Misalnya, apakah mereka menonton video tersebut sampai habis, apakah mereka menekan tombol like, atau apakah mereka membagikannya ke pengguna lain.

Nah, proses ini akan terjadi secara berulang dan jika respons yang didapat positif, video tersebut bisa viral. Indikator yang paling kuat dalam interaksi pada algoritma TikTok adalah durasi menonton, jumlah share, dan apakah pengguna mengikuti pembuat kontennya.

Oleh karena itu, Anda perlu membuat konten yang tidak hanya bisa menarik perhatian di awal kontennya saja. Namun, usahakan video tersebut isinya bisa tetap menjaga ketertarikan pengguna lain untuk menontonnya sampai habis.

2. Pengaturan Akun dan Perangkat User

Faktor ketiga yang mempengaruhi penyebaran konten pada platform berbagi video ini ialah setting perangkat serta akun user. Contohnya yaitu seperti jenis perangkat yang digunakan, lokasi, dan apakah pengguna berada di negara yang sama dengan kreatornya.

Inilah mengapa video pada FYP seseorang umumnya merupakan gabungan antara konten populer serta konten baru. Ini artinya, tidak menutup kemungkinan video pengguna baru dengan jumlah followers sedikit juga dapat berhasil masuk ke ‘For You Page’ TikTok.

Dengan demikian, algoritma TikTok tidak selalu dipengaruhi oleh jumlah followers saja. Selain itu, video dengan performa yang bagus sebelumnya juga bukan menjadi faktor penentu langsung sistem rekomendasi pada FYP platform ini.

Nah, hal inilah yang dapat menjadi peluang potensial bagi para pemilik bisnis kecil ataupun yang baru memulai usaha. Sebab algoritma ini memungkinkan FYP lebih banyak menampilkan konten dari lokasi atau area serupa.

Namun, meskipun lokasi adalah variabel kecil dalam algoritma TikTok, tidak dapat dipungkiri bahwa ini juga dipengaruhi oleh konten yang dilihat dan terlibat langsung dengan pengguna. Jadi, pastikan untuk memperhatikan aspek-aspek tersebut sebelum membuat konten.

Selain itu, algoritmanya juga mempertimbangkan feedback negatif pada sebuah video. Misalnya, apakah pengguna tersebut menandakan suatu konten ‘Not interested’ (‘Tidak tertarik’) atau apabila mereka memilih ‘Hide’ (menyembunyikan) konten tertentu.

3. Informasi Video

Informasi video yang dimaksud yaitu termasuk pada caption, hashtag, maupun audio yang digunakan. Dalam membuat caption sesuai dengan algoritma TikTok, teks yang ideal sebaiknya harus pendek serta menampilkan hashtag yang relevan.

Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati dalam memilih dan menggunakan hashtag. Meski hashtag tersebut mungkin sedang trending, usahakan bahwa konten video yang Anda buat memang berhubungan dengan hashtag tersebut.

Sementara untuk audio, Anda bisa menggunakan lagu atau musik yang sedang populer dan menjadi tren untuk meningkatkan peluang likes dan views. Untuk menemukan suara atau audio baru yang trending, dan populer di TikTok, Anda dapat melihatnya di menu editor.

Cukup tekan ikon plus di bagian bawah layar, lalu klik “Suara”, kemudian Anda dapat menelusuri audio apa saja yang sedang tren. Hal ini karena algoritma TikTok lebih cenderung untuk mendorong konten yang sedang dicari atau dieksplor user.

Misalnya jika pengguna sering mencari hashtag tertentu atau konten video dengan jenis audio tertentu. Maka, mereka akan lebih cenderung mendapatkan konten dengan hashtag atau audio serupa di dalam halaman FYP-nya.

Sehingga, tidak heran jika Anda sering melihat hashtag dengan tulisan #fyp atau #foryoupage pada caption sebuah konten. Jadi, apa arti hashtag fyp di TikTok? Pada dasarnya, hashtag ini meningkatkan kemungkinan konten tersebut muncul di halaman ‘For You’ user lain.

4. Konten dan Pengeditan Video

Hal lainnya yang memengaruhi cara kerja algoritma platform berbagi video ini tentu saja adalah hasil konten dan pengeditan videonya. Pengeditan video sekreatif mungkin tentunya akan menghasilkan konten berkualitas.

Dengan demikian, akun bisnis Anda dapat menjangkau banyak pengguna. Oleh karena itu, buatlah strategi pembuatan konten video sebaik dan semenarik mungkin sehingga para user lain tertarik menyaksikannya hingga habis.

Sebagai ide konten sesuai algoritma TikTok, Anda bisa mencari referensi dari video lainnya yang sedang viral. Lalu, sesuaikan tren tersebut dengan niche dari konten bisnis Anda. Atau, cobalah untuk berkolaborasi bersama pengguna lain dengan fitur duet maupun stitch.

Anda bahkan dapat mengajak pengguna lain untuk turut membuat video duet bersama-sama Misalnya, dengan membuat video challenge untuk berduet, baik itu bernyanyi, voice over (VO), memasak, kuis, maupun tantangan lainnya.

Fitur duet maupun stitch ini merupakan cara yang baik untuk melibatkan pengguna serta menciptakan interaksi. Membuat tantangan atau challenge duet sesuai algoritma TikTok juga merupakan cara cerdas untuk meningkatkan brand awareness bisnis.

Jadi, selain memperoleh engagement serta perhatian pengguna melalui konten video TikTok, Anda juga bisa membangun hubungan yang baik dengan audiens. Sebab peluang untuk mereka berpotensi menjadi pelanggan Anda pun akan semakin besar.

Selain itu, sebaiknya maksimalkan juga fitur pengeditan video yang telah disediakan oleh aplikasi. Selalu pastikan untuk melihat dan menggunakan fitur-fitur yang ada agar konten Anda semakin keren dan menarik bagi audiens.

Namun, meskipun batasan durasinya telah semakin panjang, usahakan untuk tidak membuat video dengan waktu terlalu panjang karena dapat membuat penonton bosan. Oleh karena itu, secara ideal Anda bisa memilih video dengan panjang maksimal 3 menitan saja.

Dengan video lebih pendek, lebih besar kemungkinan untuk audiens menonton videonya sampai akhir. Bahkan, kemungkinan untuk mereka mengulangnya hingga beberapa kali juga semakin tinggi, sehingga dapat mendukung algoritma TikTok bagi akun Anda.

5. Konsisten Mengunggah Konten

Dalam membangun hubungan dengan target audiens sebagai pelanggan potensial, tentu saja diperlukan beberapa proses. Salah satunya yaitu dengan mengunggah konten secara konsisten agar dapat diketahui lebih banyak orang sesuai algoritma.

Jadi, kembangkan akun bisnis Anda di TikTok dengan membuat berbagai konten menarik dan mengunggahnya secara berkala demi mendukung algoritma TikTok. Dengan demikian, akan semakin besar juga kesempatan Anda untuk menjangkau lebih banyak pengguna.

Kemudian, bentuklah ritme atau jadwal posting pada waktu-waktu tertentu, terutama di jam aktif pengguna, misalnya malam hari saat istirahat. Sehingga, Anda perlu membuat jadwal posting dan perencanaan konten yang matang agar alurnya jelas.

Penjelasan algoritma TikTok ini menunjukkan bahwa agar konten Anda bisa menjangkau banyak orang dan memperoleh engagement yang bagus, diperlukan konsistensi. Jadi, Anda harus membuat konten menarik secara teratur dan terjadwal.

Selain itu, pastikan untuk memperhatikan seluruh aspek terkait konten Anda. Mulai dari keterangan video alias caption, hashtag #fyp atau hashtag trending, maupun audio yang digunakan sehingga konten Anda semakin banyak dilihat.

Kelima faktor di atas merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan agar konten akun bisnis Anda bisa menjangkau banyak audiens. Jadi, pastikan seluruh aspek tersebut telah terpenuhi setiap kali Anda mengupload sebuah video baru.

Berbagai Manfaat Algoritma TikTok untuk Promosi Bisnis Anda

Setelah mengetahui bagaimana cara fyp di TikTok melalui cara kerja algoritmanya, Anda juga perlu mengetahui apa saja manfaatnya bagi bisnis Anda. Sebab selain sebagai sarana berbagi informasi atau hiburan, platform ini adalah media bisnis yang sangat potensial.

Apalagi jika target pelanggan Anda adalah generasi milenial, jangan sampai Anda melewatkan platform ini untuk promosi. Nah, berikut adalah beberapa manfaat TikTok untuk bisnis yang bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum menggunakannya.

1. Dapat Menjangkau Lebih Banyak Audiens atau Pengguna

Sejak aplikasinya diluncurkan pada 2016 kemarin, media sosial berbasis konten video ini telah diunduh lebih dari 2 miliar kali, baik itu di App Store maupun Google Play Store. Hal ini merupakan bukti banyaknya pengguna TikTok dari berbagai negara di dunia.

Dengan dukungan algoritma TikTok, platform ini memiliki berbagai kelompok usia, jenis kelamin, hingga profesi. Ini tentu saja merupakan potensi yang sangat menguntungkan bagi brand maupun bisnis Anda, sebab Anda bisa menjangkau lebih banyak audiens.

2. Engagement Audiens Lebih Besar dan Masif

Manfaat selanjutnya adalah dari segi engagement yang cenderung lebih besar dibanding platform lain. Berkat cara kerja algoritma TikTok,engagement atau tingkat keterlibatan pengguna platform ini sangat tinggi, sehingga bisa membantu meningkatkan penjualan.

Bahkan menurut survei, rata-rata pengguna TikTok umumnya menghabiskan waktu selama 52 menit per harinya hanya untuk mengakses aplikasi ini. Artinya, screentime para pengguna yang lama ini membuat mereka berpotensi terekspos berbagai macam iklan.

Oleh karena itu, hal ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai bisnis meningkatkan visibilitas produk maupun layanan mereka. Jadi, jangan lupa untuk memanfaatkan algoritma TikTok semaksimal mungkin demi memperoleh engagement yang besar.

3. Variasi Pembuatan Konten Lebih Menarik dan Kreatif

Video dengan isi konten yang kreatif biasanya akan lebih mudah menarik perhatian user lain. Nah, hal ini merupakan salah satu manfaat lainnya dari platform ini untuk brand atau bisnis Anda.

Dengan fitur pembuatan video yang didukung oleh fitur lain seperti efek kamera hingga suara, Anda bisa menghasilkan berbagai konten menarik hanya dengan TikTok. Bahkan, Anda dapat membuat variasi lain melalui fitur duet, stitch, dan lain-lain.

Anda juga dapat membuat video reaksi dari konten kreator lain untuk meningkatkan engagement pengguna. Cara atau strategi pemasaran melalui video ini dianggap ampuh, terbukti dengan munculnya fitur TikTok Shop terbaru.

Sebab melalui konten berbasis video, audiens menjadi lebih tertarik dengan campaign dari brand atau produk tersebut. Oleh sebab itu, TikTok merupakan pilihan platform tepat untuk membantu brand Anda melakukan promosi semenarik mungkin.

4. Memungkinkan Promosi Bisnis Tetap Relevan dengan Tren

TikTok menjadi media sosial yang memiliki banyak tren, bahkan tren ini cenderung berubah setiap harinya sehingga user bisa menjelajah berbagai konten berbeda. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk membuat bisnis Anda relevan dengan tren tersebut.

Selama tren terbaru masih terus ada dan bermunculan, Anda pun tidak akan kehabisan ide konten tiktok untuk promosi dan pemasaran. Oleh karena itu, sebaiknya jangan lupa untuk selalu up to date dengan tren terkini maupun konten-konten viral.

Pastikan untuk memanfaatkan momen atau tren tersebut untuk membuat konten sekreatif mungkin sehingga pemirsa video menjadi tertarik. Apalagi, algoritma TikTok memungkinkan tampilnya video yang sedang tren kepada pengguna sesuai relevansi minat mereka.

Dengan demikian, video bisnis Anda bisa lebih mudah menjangkau target audiens yang sesuai target pelanggan. Bahkan, tidak menutup kemungkinan pengguna dari minat konten yang lain juga dapat ikut melihatnya.

5. Menyediakan Banyak Pilihan Format Iklan

Karena algoritma TikTok berbasis pada konten video, platform ini menyediakan berbagai pilihan format untuk beriklan dalam bentuk video. Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis iklan yang perlu Anda ketahui untuk dimanfaatkan bagi bisnis:

  • TopView Ads, muncul selama 5 detik setelah pengguna membuka aplikasi dalam bentuk video berdurasi hingga 60 detik, dimana layar tampil secara penuh dengan suara dan fitur putar otomatis.
  • In-Feed Ads, mirip dengan iklan pada feeds Instagram, yaitu muncul pada laman “For You Page” dengan durasi 9-15 detik beserta tambahan CTA (Call to Action).
  • Brand Takeover Ads, mirip TopView Ads, tetapi memiliki tampilan statis atau dinamis dengan layar penuh sehingga dampak visualnya lebih kuat dan tidak dapat diskip pengguna.
  • Branded Hashtag Challenge, memanfaatkan hashtag untuk promosi brand pada fitur pencarian dengan challenge tertentu seputar campaign brand.

6. Dapat Menggunakan Bantuan Influencer TikTok

Manfaat selanjutnya adalah platform ini memiliki berbagai influencer yang dapat diajak kerja sama dalam mempromosikan usaha. Tidak hanya influencer makro saja, bahkan influencer kategori mikro pun tetap berpotensi besar untuk mempromosikan produk.

Namun untuk menyesuaikan algoritma TikTok, pastikan untuk memilih influencer sesuai target audiens Anda. Pastikan juga jumlah followersnya telah sesuai dengan ketentuan minimal sesuai target dari brand.

7. Hemat Biaya Iklan

TikTok menjadi platform media sosial yang memiliki biaya iklan rendah, bahkan cenderung gratis apabila video Anda berhasil FYP. Dengan demikian, Anda bisa lebih menghemat biaya pengeluaran untuk melakukan promosi.

Oleh karena itu, platform ini dapat membantu brand atau bisnis baru yang masih kurang dikenal untuk memperoleh eksposur organik tanpa biaya besar. Jadi, pastikan untuk memanfaatkan algoritma TikTok sebaik mungkin bagi bisnis Anda.

Kategori: blog

error: Content is protected !!
Kirim Pesan
Hallo kak👋
Ada yang dapat kami bantu?
WA 0852-2228-2664