Cara Optimasi Akun Instagram

Cara Optimasi Akun Instagram sangatlah penting untuk anda ketahui. Karena jika ingin sukses melakukan pemasaran melalui sosial media, tentu harus dengan memahami bagaimana cara optimasi akun Instagram. Sebenarnya ada banyak jenis sosial media yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pemasaran barang atau jasa sampai benar – benar berhasil.

Salah satu jenis sosial media yang sering dianggap mampu memasarkan barang atau jasa dengan baik adalah Instagram. Sejauh ini pengguna Instagram atau sering disingkat dengan IG sangatlah banyak, sehingga sangat memungkinkan memasarkan barang dan jasa di sosmed ini. Oleh karena itu anda perlu mempelajari strategi instagram marketing untuk meningkatkan omset bisnis anda.

Tidak hanya 1 atau 2 orang saja yang melakukan pemasaran melalui jenis sosial media Instagram, namun banyak sekali. Hampir semua perusahaan besar memanfaatkannya untuk keperluan bisnis. Itu sebabnya memahami cara optimasi akun Instagram sangatlah penting.

Jika Anda sedang merintis bisnis dan ingin pemasarannya berhasil, cobalah memakai Instagram dengan mengoptimasi akunnya. Anda dapat memulai dengan mempelajari cara menambah followers instagram terlebih dahulu. Jika Anda belum tahu bagaimana cara melakukannya, perhatikan beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mengoptimasi akun intagram.

Untuk anda yang sedang mencari jasa penambah followers instagram atau ingin beli followers ig untuk meningkatkan atau memperbanyak jumlah followers, like, dan view ig maka anda dapat mengunjungi jasa followers Indonesia yang terpercaya, termurah, dan bergaransi. Dengan menggunakan jasa followers instagram maka jumlah followers anda dapat bertambah secara cepat menjadi ribuan followers. Dan ketika jumlah followers sudah mencapai angka puluhan bahkan ratusan ribu, maka akun instagram anda akan terlihat lebih terpercaya. Jasa Followers instagram.

8 Cara Optimasi Akun Instagram

Di dunia ini sudah banyak orang yang menggunakan Instagram. Tujuannya juga bermacam – macam, mulai dari mencari teman baru, mencari informasi terkait artis atau selebriti, dan lain sebagainya. Jika Anda juga memilikinya, sebaiknya manfaatkan sebaik mungkin untuk berbisnis.

Banyak orang mengatakan bisnis sangat susah dibangun dan dijalankan, terutama di bagian pemasaran. Hal ini karena pemasaran memerlukan banyak strategi, namun belum tentu juga semua strategi tersebut dapat berhasil dilakukan.

Mengoptimasi akun IG adalah salah satu strategi dalam pemasaran. Namun masih banyak yang belum memahami apa yang dimaksud dengan optimasi Instagram? Cara ini sering juga disebut dengan Instagram SEO atau search engine optimization.

Istilah ini digunakan untuk menyebut sebuah proses menaikkan peringkat profil IG dalam mesin pencarian di sosial media tersebut. Dengan begitu, ketika masyarakat mencari tahu tentang sebuah informasi yang terkait dengan konten Anda, maka konten tersebut akan berada di atas.

Tujuan melakukannya adalah agar konten Anda mendapat banyak viewers atau penonton. Hal ini yang akan menaikkan pendapatan sehingga membuat bisnis atau usaha berhasil. Namun bagaimana cara optimasi Instagram? Pahami terlebih dahulu beberapa langkah berikut.

1. Buat nama yang menarik

Saat membangun sebuah bisnis, tentu Anda akan memikirkan namanya terlebih dahulu. Nama untuk bisnis atau usaha bisa berdasarkan jenis produk atau jasanya atau berdasarkan pertimbangan lainnya. Namun nama yang bagus dan menarik sangat penting untuk dipikirkan.

Bahkan dalam cara optimasi akun Instagram ini, membuat nama yang menarik juga harus dilakukan. Namun jangan hanya menarik saja, nama akun Instagramnya juga harus mudah diingat dan dikenali agar masyarakat bisa langsung mengingatnya jika membutuhkan sesuatu.

Anda bisa membuat sebuah nama gabungan dari jenis produknya dan nama yang diinginkan. Misalnya Anda membuat sebuah bisnis kue kering yang beroperasi di kota Surabaya, Anda bisa mencoba menggunakan nama kue kering Surabaya enak atau lainnya yang masih berkaitan.

Cara optimasi akun Instagram dengan menggunakan nama menarik, mudah diingat dan dikenali akan berpengaruh besar pada keberhasilan pemasaran melalui Instagram. Terutama jika dalam nama tersebut mengandung keyword atau kata kunci yang biasanya dicari.

Misalnya saja masyarakat ingin mencari informasi tentang kue kering di Surabaya, tentunya mereka akan mengetik kue kering Surabaya di kolom pencarian IG. Jika nama akun Instagram Anda adalah kue kering Surabaya, tentu akun tersebut yang akan muncul di bagian pertama.

Dari contoh tersebut tentu Anda akan memahami dengan mudah mengapa cara optimasi akun Instagram dengan menggunakan nama menarik dan mudah diingat sangat penting dilakukan. Lebih baik lagi jika Anda menggunakan nama mengandung keyword seperti contoh tersebut.

2. Lengkapi informasi

Selain membuat nama menarik dan mudah diingat, pastikan untuk melengkapi informasi profil. Misalnya dengan mengisi bio Instagram dengan informasi – informasi tentang bisnis Anda. Anda bisa memasukkan informasi cara pemesanan, link katalog, nama pemilik dan lain sebagainya.

Cara optimasi akun Instagram ini akan memudahkan orang mencari tahu tentang informasi sebuah bisnis. Sehingga mereka tidak perlu melakukan banyak hal untuk mendapatkan informasinya, hanya dengan melihat bio seharusnya sudah mendapat informasi secara umum.

Jadi pastikan memasukkan informasi secara umum namun jelas. Pastikan informasi yang biasanya banyak dicari orang sudah tersedia dalam bio. Meskipun Anda tidak bisa menulis banyak hal di bio, namun isilah dengan hal – hal penting saja seperti link dan sejenisnya.

Dengan melakukan cara optimasi akun Instagram ini, Anda akan mudah mendapat pelanggan tetap. Hal ini karena biasanya orang merasa malas menelusuri lebih banyak hanya untuk mendapat informasi. Mereka pasti lebih memilih akun yang sudah menyediakan info lengkap.

Jika perlu, lengkapi juga informasi di dalam konten atau caption kontennya. Anda harus benar – benar kreatif dalam mengelola Instagram untuk berbisnis. Pastikan juga akun yang digunakan sudah terdaftar sebagai akun bisnis, agar lebih mudah lagi melakukan pemasaran dan lainnya.

Cara mendaftar akun bisnis juga sangat mudah dilakukan, menunya sudah tersedia di bagian pengaturan. Selain melakukan cara optimasi akun Instagram, pastikan juga mengelola konten dengan cara yang kreatif agar orang – orang akan semakin tertarik.

3. Ubah pengaturan profil menjadi public

Anda juga harus mengubah pengaturan profil yang semula bukan public menjadi public. Terkadang orang – orang lebih menyukai jenis akun private agar tidak semua orang dari seluruh dunia dapat melihat isi Instagramnya, namun untuk bisnis pastikan mengaturnya jadi public.

Anda harus melakukan cara optimasi akun Instagram dengan mengubah pengaturan profil menjadi public ini, karena jika ingin sukses melakukan pemasaran tentunya semua orang harus bisa melihat konten dan berbagai informasi produk yang sudah disiapkan dalam Instagram.

Sehingga semua orang yang follow atau tidak follow bisa melihat produk Anda. Hindari pengaturan private untuk akun Instagram. Pengaturan private ini justru hanya akan menghambat bisnis karena dapat menghalangi orang lain memahami produk Anda.

Cara optimasi akun Instagram dengan mengubah pengaturan menjadi public juga sangat mudah. Jika Anda masih baru dalam dunia sosial media, pastikan memahami caranya. Bukalah pengaturan di bagian profil. Letak pengaturan adalah di sebelah kanan atas.

Kemudian pilihlah menu privacy untuk mulai mengubahnya. Terdapat tombol on dan off pada menu private. Jika masih private, pasti tombol tersebut dalam mode on atau berwarna hijau. Tekan tombol tersebut menjadi off agar akun Anda tidak lagi private.

Setelah itu semua orang dapat melihat akun Anda dengan mudah tanpa harus follow. Mendapatkan banyak followers dalam berbisnis memang sangat penting, namun mendapatkan pelanggan selain followers juga perlu dilakukan sebagai cara optimasi akun Instagram.

4. Gunakan alt text

Mungkin Anda yang masih baru dalam dunia Instagram tidak begitu mengenali alt text. Alt text merupakan salah satu fitur dari jenis sosial media ini. Alt text memungkinkan pengguna dapat memahami sebuah gambar meskipun gambar tersebut sedang dalam keadaan loading.

Menggunakan fitur ini juga menjadi salah satu cara optimasi akun Instagram karena dapat membantu orang – orang memahami produk Anda dalam bentuk gambar. Fitur ini juga berguna bagi orang – orang lansia yang sudah kesulitan memahami maksud dari sebuah gambar.

Dengan demikian, Anda bisa menjangkau semua lapisan konsumen. Tidak hanya pengguna aktif seperti anak muda saja namun juga orang yang sudah tua. Kemudian alt text juga memiliki manfaat untuk memunculkan foto di akun orang lain jika mereka menyukai konten sejenis.

Jika ingin mencoba melakukan cara optimasi akun Instagram dengan menyalakan alt text, Anda harus melakukan beberapa langkah. Pertama adalah pilih pengaturan lanjutan ketika akan membagikan atau posting foto di sosial media.

Lalu langkah kedua adalah dengan memilih menu alt text. Langkah terakhir adalah dengan memasukkan deskripsi gambar atau penjelasan singkat tentang gambar tersebut. Berikan penjelasan yang baik dan mudah dipahami agar orang tidak merasa malas saat membacanya.

Melakukan cara optimasi akun Instagram ini juga cukup ampuh untuk membuat konten masuk dalam peringkat teratas pencarian. Terutama jika konten yang dirancang merupakan sebuah konten yang paling banyak dicari oleh orang – orang.

5. Masukkan keyword dalam bio

Salah satu cara memanfaatkan SEO atau search engine optimization adalah dengan menggunakan keyword atau kata kunci. Hal ini berlaku untuk semua strategi marketing menggunakan cara digital, termasuk saat merancang website dan lain sebagainya.

Saat Anda menggunakan sosial media sebagai salah satu cara pemasaran digital, pastikan melakukan optimasi akun agar dapat menjangkau pasar lebih luas. Banyak orang menanyakan bagaimana cara untuk mengoptimasi bio atau deskripsi pada Instagram?

Caranya adalah dengan menuliskan informasi umum di dalam bio. Agar dapat mengoptimasinya dengan baik, Anda harus menyisipkan keyword atau kata kunci di dalam bio tersebut. Cara ini harus dilakukan terutama jika nama akun Anda tidak mengandung keyword atau kata kunci.

Misalnya Anda ingin memasarkan jasa ojek online di kota Jakarta. Jika username atau nama akun tidak mengandung keyword, masukkan keyword ojek online Jakarta di bagian bio. Sehingga orang – orang akan mudah menemukan akun Anda dan memanfaatkan jasanya.

Sehingga apa saja yang harus ada di bio IG? Setidaknya dalam bio tersebut harus mengandung nama produk atau jasa yang akan dipasarkan. Kemudian sisipkan kalimat yang mengandung keyword. Jika perlu tambahkan link tentang cara memesan atau katalog produknya.

Anda harus pandai memprediksikan kira – kira keyword seperti apa yang akan dicari oleh orang – orang di mesin pencarian IG. Jika diselaraskan dengan cara mengoptimasi lainnya tentu akan lebih mudah lagi menaikkan peringkat pencarian akun Anda.

6. Gunakan keyword dalam hastag

Saat sedang memposting konten gambar atau video, hastag adalah salah satu hal yang tidak boleh dilupakan. Itulah mengapa memperhatikan hastag termasuk dalam salah satu cara optimasi akun Instagram. Jangan sampai tidak ada hastag dalam postingan Anda.

Agar dapat teroptimasi dengan baik, pastikan menggunakan hastag yang sesuai dengan keyword atau kata kunci yang kira – kira akan dicari oleh orang lain. Memasukkan kata kunci atau keyword dalam hastag saat membuat postingan sangat berpengaruh pada pemasaran.

Jika hastag mengandung keyword atau kata kunci, orang – orang bisa menemukan akun atau postingan Anda dengan mudah. Hal ini karena terkadang pengguna IG juga mencari informasi melalui hastag. Jadi pastikan Anda memperhatikan hastag sebaik mungkin.

Sama halnya dengan memikirkan keyword paling cocok untuk diletakkan di bio, Anda juga harus kreatif dalam memikirkan keyword untuk dijadikan hastag. Membuat hastag juga bisa dalam jumlah banyak, namun perhatikan jangan sampai hastag tersebut tertimbun dengan lainnya.

Dalam melakukan cara optimasi akun Instagram, Anda bisa membuat hastag sebanyak 30 karena jumlah tersebut merupakan batasan dari Instagram. Namun meskipun bisa membuat banyak hastag, bukan berarti harus membuat hastag sebanyak 30.

Hal ini karena membuat hastag dalam jumlah sangat banyak justru tidak membuat optimasi berhasil. Hastag dengan jumlah terlalu banyak akan mudah tertimbun dengan konten lainnya. Sebaiknya gunakan hastag sekitar 10 sampai 15 dengan keyword paling berkualitas.

7. Masukkan keyword dalam caption

Cara optimasi akun Instagram lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan memasukkan keyword ke dalam caption saat membuat postingan. Caption dapat menjadi penjelasan yang baik untuk pembacanya sekaligus menjadi salah satu hal yang dapat menarik minat.

Itu sebabnya membuat caption dengan baik harus dilakukan. Jangan sampai asal dalam membuatnya, karena para pembaca atau penonton pasti akan memperhatikan hal tersebut. Selain menarik minat dengan caption, Anda juga bisa mengoptimasi IG melalui hal ini.

Cara mengoptimasinya adalah dengan memasukkan keyword ke dalam caption. Inti utama dari mengoptimasi IG adalah dengan menyisipkan keyword di berbagai tempat. Termasuk dalam hastag, bio, nama akun dan caption saat memposting konten.

Sehingga orang – orang akan mudah menemukan konten Anda melalui mesin pencarian. Mesin pencarian akan bekerja menemukan konten paling sesuai dengan keinginan pengguna IG, caranya dengan memunculkan konten yang mengandung keyword sesuai pencarian pengguna.

Dari cara kerja SEO atau search engine optimization pada Instagram, tentu Anda akan merasa bahwa semua cara optimasi akun Instagram sangat penting dilakukan. Dengan bermodal pengetahuan ini, Anda sudah bisa menyukseskan bisnis atau usaha melalui sosial media.

Untuk menyisipkan keyword dalam caption, pastikan Anda berpikir kreatif tentang keywordnya. Jika perlu lakukanlah riset terlebih dahulu terhadap keyword yang sangat sering dicari oleh para pengguna IG dalam beberapa waktu terakhir ini.

8. Aktif bekerja sama untuk mendapat tag dan mention

Cara optimasi akun Instagram terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan aktif bekerja sama. Anda bisa menggandeng pebisnis lain atau para selebgram terkenal sebagai salah satu cara memasarkan produk barang atau jasa.

Dengan aktif bekerja sama, Anda akan mendapatkan relasi secara online di sosial media. Relasi ini jangan sampai disia – siakan begitu saja. Manfaatkan sebaik mungkin untuk mendapatkan tag dan mention. Pada cara ini, Anda tidak lagi berpikir kreatif untuk mendapatkan keyword.

Sudah menjadi kebiasaan pengguna sosial media, mereka dapat terpikat dengan mudah jika melihat orang terkenal mempromosikan sesuatu. Meskipun tidak berurusan dengan keyword, namun cara ini juga turut menjadi salah satu cara untuk mengoptimasi sosial media Instagram.

Tag dan mention akan membantu Anda mendapatkan perhatian dari para followers akun yang tag dan mention Anda. Sehingga mereka akan menyempatkan diri melihat konten dan membeli produk barang atau jasa. Mudah sekali melakukan cara optimasi akun Instagram.

Kategori: blog

error: Content is protected !!