Cara Menggunakan Instagram Shopping

Salah satu cara berbelanja paling sederhana di era modern seperti sekarang adalah menggunakan Instagram shopping. Apakah ini sejenis ecommerce yang dikeluarkan oleh Instagram tentu saja bukan.

Ini sebenarnya adalah sebuah fitur yang memungkinkan Anda langsung memasang katalog produk di profil akun Instagram. Jadi para viewers dapat langsung melakukan pembelian melalui platform tersebut.

Kita tidak perlu lagi harus membuat ecommerce sendiri di platform lain sehingga lebih sederhana. Para calon pembeli juga menjadi lebih bebas berinteraksi dan juga melihat review produk secara langsung.

Jadi pada dasarnya apa itu fitur Instagram shopping? Adalah sebuah fitur tambahan agar proses interaksi semakin mudah. Anda sebagai penjual akan lebih fleksibel dalam melakukan penjualan dan interaksi dengan user lainnya.

Pada kesempatan kali ini akan kami jelaskan berbagai macam detail terkait bagaimana cara menggunakan instagram shopping sehingga penjualan Anda bisa meningkat. Tentu saja di era seperti sekarang kita perlu beradaptasi terus agar bisa memperoleh potensi maksimal.

Mengapa Harus Menggunakan Instagram Shopping

Tentu banyak orang penasaran mengapa tidak menggunakan platform ecommerce biasanya saja. Bukankah menjadi lebih mudah dan banyak orang sudah menggunakannya secara umum, ini dia alasannya.

1. Lebih terpercaya

Ketika seorang konsumen dapat melihat langsung bagaimana interaksi antara penjual dan pembeli maka mereka bisa yakin. Apakah toko tersebut memang layak digunakan atau tidak.

Pengguna bisa langsung bandingkan sendiri platform ini dengan ecommerce biasanya. Tentu interaksi para user akan lebih terbuka dan membuat feedback dapat dirasakan oleh berbagai pihak.

Ini menjadi alasan para pembeli baru merasa lebih yakin untuk mencoba sebuah produk. Karena mereka tahu bagaimana tanggapan asli para pengguna lain ketika sudah membelinya.

2. Marketing lebih mudah

Bagi pihak penjual jelas proses marketing akan jauh lebih mudah karena hanya menggunakan satu platform saja. Artinya Anda nanti tidak perlu harus membagi fokus pada beberapa tempat pengelolaan.

Kita bisa menggunakan Instagram sebagai tempat posting baik promosi, katalog produk, sampai penjualannya. Jadi tidak terlalu banyak resource terbuang dan bisa langsung mengelola sendiri.

Semakin sedikit rantai dibutuhkan dalam proses perdagangan tentu saja keuntungannya akan menjadi besar. Oleh karena itu banyak orang menggunakan fitur ini sebagai solusi.

3. Mudah mengembangkan produk sesuai permintaan pasar

Jika Anda memang tipikal orang yang selalu ingin menjual inovasi baru maka ini adalah platform tepat. Menggunakan Instagram tentu interaksi kita dengan konsumen menjadi lebih mudah.

Tentu saja produsen dapat langsung mengetahui seperti apa keinginan konsumennya. Jadi dalam proses pengembangan produk dapat dilakukan tanpa harus survey lapangan langsung.

Jadi Instagram shopping adalah sebuah solusi paling tepat agar pengembangan produk berjalan mudah. Kita bahkan langsung bisa melihat seperti apa respon pasar terhadap prototype produknya.

Dengan menggunakan beberapa keuntungan tersebut tentu saja kita harus segera menggunakannya. Sebentar lagi mungkin orang akan lebih suka berbelanja menggunakan akun sosial media mereka.

List Fitur Instagram Shopping

Kami akan jelaskan semua fiturnya sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai acuan. Bahwa platform ini ternyata dapat menyaingi ecommerce biasa bahkan potensinya jauh lebih tinggi.

1. Shopping tag

Tag disini bentuknya hampir sama seperti foto tag yang ada di platform facebook. Karena masih dalam satu naungan tentu Instagram juga mengimplementasikan fitur tersebut.

Kita bisa langsung melihat beberapa barang dalam satu foto dan melihat tag di gambarnya. Ini akan memudahkan para pengguna Instagram shopping untuk melakukan identifikasi produk berdasarkan fotonya.

2. Katalog produk

Katalog produk lengkap juga dapat kita lihat secara lebih nyaman dalam satu platform saja. Sehingga para pengguna bisa langsung scroll dan melihat sendiri apa saja pilihannya.

Bagi para penggemar window shopping tentu saja ini akan sangat membantu. Sehingga dengan satu sentuhan jari saja kita bisa beralih dari satu produk ke lainnya tanpa kesulitan.

3. Halaman detail produk

Apabila sebuah barang membutuhkan detail rinci tentu bisa membuat halaman sendiri. Bagi penjual ini akan semakin memudahkan dalam memberikan detail lengkap terkait penjualan.

Bagi calon pembeli ini juga mempermudah kita dalam melihat detail spesifikasi produknya. Jadi tidak harus membuka beberapa halaman yang tentu saja akan memakan waktu dan tidak intuitif.

4. Shopping ads

Bagi pihak penjualnya fitur shopping ads akan banyak membantu dalam kegiatan promosi. Kita bisa menggunakan campaign program langsung dari Instagram shopping API untuk mempromosikan produknya.

Jadi tidak perlu lagi harus bergantung pada influencer atau media lain untuk mempromosikannya. Ini tentu akan semakin memperpendek rantai penjualan barang ke konsumen.

5. Shopping tag akun lain

Jika Anda mengelola beberapa toko sekaligus tentu saja ini akan banyak memudahkan. Karena dalam satu gambar nantinya bisa ditaruh beberapa produk langsung dari lain toko.

Ini juga akan mempermudah kolaborasi produk antara beberapa brand atau produsen. Jadi dalam satu postingan saja Anda sudah bisa memperkenalkan semuanya pada followers.

6. Product launching

Proses launching barang langsung dapat dilakukan secara premiere bagi para viewers. Ini tentu saja dapat memberikan sebuah sentuhan profesional dan menambah kepercayaan calon pembeli.

Memang kita membutuhkan berbagai strategi Instagram shopping agar menarik hati para calon pembeli. Jadi jangan sampai lewatkan fitur tersebut apabila menginginkan potensi penjualannya naik.

7. Live shopping

Sekarang online shopping tidak hanya menggunakan interaksi berupa pesan. Antara penjual dan pembeli bisa langsung berinteraksi menggunakan fitur live jadi hampir seperti kegiatan belanja biasa.

Ini juga akan membuat para calon konsumen lebih mudah dalam melihat kualitas sebuah barang. Kita dapat memantaunya secara live baik spesifikasi atau detail lainnya sebelum membeli.

Itu semua adalah fitur yang disediakan oleh Instagram agar mampu mengalahkan platform ecommerce lainnya. Jadi memang persaingan dalam dunia digital sekarang berada dalam kurva peningkatan.

Cara Membuat Facebook Katalog

Jika penasaran apa sebenarnya hubungan antara membuat facebook katalog dengan platform Instagram shopping. Ketika kita ingin berjualan di Instagram harus membuat katalog facebook lebih dulu.

Jadi jika memang tertarik berjualan melalui Instagram kita harus tetap membuat katalog dari facebook. Berikut ini adalah bagaimana cara pembuatannya paling mudah untuk Anda implementasikan sendiri.

  1. Buka facebook
  2. Login atau buat akun jika belum punya
  3. Masuk facebook commerce
  4. Klik create catalogue
  5. Pilih kategori penjualan
  6. Integrasi ecommerce platform (bisa shopee, tokopedia, alibaba, amazon, dan lainnya)
  7. Unduh facebook pixel extension untuk mengintegrasi dengan platform ecommerce
  8. Tambahkan produk (disini Anda sudah mulai bisa menambahkan detail produk untuk dijual)

Kedelapan cara tersebut adalah tutorial bagaimana kita membuat facebook catalogue. Nantinya ini akan berfungsi sebagai fundamental Instagram shopping yang nantinya kita buat juga.

Sebenarnya dari platform facebook sendiri sudah cukup bagus digunakan untuk berjualan. Hanya saja sekarang jumlah pengguna platform ini sudah mulai berkurang sehingga membatasi pangsa pasar.

Sementara itu Instagram masih tetap laris digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Sehingga potensi pasarnya jauh lebih optimal ketika kita menggunakannya sebagai sarana integrasi.

Cara Membuat Instagram Shopping dengan Tepat

Sebenarnya untuk mengaktifkan fitur ini caranya sangat mudah jika sudah memiliki facebook catalogue. Jadi jika masih belum punya facebook catalogue ikuti tutorialnya pada segmen sebelumnya.

Jika sudah memilikinya Anda bisa langsung melakukan integrasi akun sosial media masing-masing. Berikut ini adalah cara agar nantinya Anda dapat melakukan integrasi paling mudah.

1. Buka Instagram bisnis

Masuk akun Instagram Anda kemudian tekan setting dan masuk dalam pilihan bisnis. Ini akan mengaktifkan opsi bisnis yang nantinya dapat membantu kita dalam melakukan integrasi.

2. Pilih opsi set up Instagram shop

Sekarang kita bisa langsung melakukan aktivasi bahwa akun Instagram shopping tersebut akan digunakan untuk komersial. Tidak ada proses verifikasi jadi sangat cepat dan sederhana dilakukan pengguna.

3. Integrasi dengan facebook catalogue

Setelah aktivasi komersial tadi selesai maka kita langsung bisa melakukan sinkronisasi dengan facebook catalogue. Jika berhasil pada bagian profil akan muncul tab baru yaitu view shop.

Tiga langkah tersebut memang sangat mudah dan sederhana apabila kita sudah memiliki facebook catalogue. Jadi memang secara eksplisit Instagram masih butuh facebook agar bisa beroperasi optimal.

Cara Menambahkan Instagram Shopping Tag pada Produk

Pada saat Anda hendak melakukan posting foto akan ada beberapa detail berbeda pada saat melakukannya. Kita bisa menambahkan tag sehingga calon pembeli bisa mengetahui seperti apa bentuk aslinya.

Apabila Anda tertarik untuk memasang tag pada produk terkait caranya sangat mudah. Berikut ini akan kami jelaskan cara paling simpel memberikan tag dalam postingan foto akun Instagram.

  1. Gunakan tanda + seperti hendak memposting foto
  2. Pilih filter jika dibutuhkan
  3. Pada bagian bawah tag people sekarang akan terlihat tag product
  4. Jadi Anda bisa menambahkan sendiri nama produknya sesuai detail penjualan
  5. Kita bisa memberikan lebih dari satu tag pada setiap foto
  6. Masukkan detailnya dan tekan post seperti biasanya

Dengan menggunakan langkah sederhana tersebut tentu saja kita dapat langsung mempromosikan barang. Tidak perlu terlalu repot cukup dari sebuah foto saja konsumen akan langsung mengerti apa nama barangnya.

Bayangkan saja bagaimana fleksibilitas ketika hanya menggunakan satu post bisa untuk berbagai produk. Jadi konsumen sendiri juga semakin dimudahkan ketika ingin berbelanja di toko online Anda.

Potensi Instagram Shopping untuk Toko Skala Kecil

Fitur seperti ini sebenarnya tidak hanya menguntungkan apabila digunakan brand besar saja. Justru pengusaha kecil dapat menjadikannya platform gratis untuk memperluas pangsa pasar mereka.

Ketika kita tinjau dari segi keuntungan penggunaan bagi pengusaha kecil tentu manfaatnya cukup banyak. Namun akan kami jelaskan tiga aspek paling penting yang memiliki dampak besar.

1. Perluasan pangsa pasar

Ini jelas menjadi salah satu opsi terbaik dalam melakukan perluasan pangsa pasar. Melihat demografi pengguna Instagram yang beraneka ragam tentu akan semakin mudah menemukan konsumen baru.

Apalagi dengan adanya teknologi seperti sekarang jarak bukan lagi menjadi halangan. Sehingga Anda bisa bebas memperdagangkan semua jenis produk mulai dari Sabang sampai Merauke.

2. Targeting ads

Jika Anda memang menginginkan hasil konversi engagement ke penjualan besar tentu perlu targeting ads. Instagram sendiri merupakan salah satu sosial media dengan fitur Instagram shopping ads.

Jadi bagi para penjual akan lebih sederhana dalam mengimplementasikan berbagai macam strategi marketing. Ini adalah sebuah bentuk paling sederhana agar nantinya kita mudah mempromosikan produk,

Memang jika tidak menggunakan targeting ads akan menjadi lebih sulit dioptimalkan. Oleh karena itu dibandingkan dengan sosial media lainnya Instagram mampu memberikan hasil lebih optimal.

3. Pengelolaan sederhana

Bagi para pemula atau pemilik usaha kecil tentu menginginkan pengelolaan paling sederhana. Tentu saja menggunakan Instagram dapat menjadi opsi karena memang paling sederhana.

Kita dapat menjual langsung berbagai produk menggunakan post dan interaksi konsumen juga bagus. Ini tentu mampu menghemat rantai penjualannya sehingga kita memperoleh profit optimal.

Ketiga keuntungan tersebut tentu saja menjadi nilai tambah terbesar bagi para pemilik usaha kecil menengah. Jadi jangan sampai pandang sebelah mata karena memang memiliki potensi tinggi.

Tips Meningkatkan Penjualan Menggunakan Instagram Shopping

Ketika Anda sudah mengaktifkan fitur ini tentu ingin lebih mengoptimalkan lagi penjualannya. Jangan khawatir karena kami akan jelaskan bagaimana caranya meningkatkan sampai titik optimal.

1. Ikuti trend

Berbagai macam trend perlu kita ikuti agar brand masih tetap relevan bagi semua pangsa pasar. Terutama ketika barang dagangan memang memiliki niche dan pangsa pasar cukup luas.

Mulai dari hashtag, trending, sampai pembuatan konten memang harus relevan demi mendorong promosi. Ini merupakan sebuah langkah krusial agar nantinya kita bisa mengoptimalkan potensi.

Jangan sampai tidak mengikuti trend karena tipikal konsumen sekarang selalu melihat relevansi produknya. Apabila barang atau penjualnya sudah tidak relevan tentu nantinya akan dijauhi.

2. Pakai data analisis

Di era serba modern seperti sekarang pengetahuan terkait data analisis adalah sebuah keharusan. Tidak peduli apakah Anda tidak tamat sekolah harus bisa memahami data analisis Instagram shopping setidaknya kulitnya saja.

Ini penting untuk menilai bagaimana growth rate, impression, sampai pemantauan detail terkait akunnya. Kita bisa melihat bagaimana penerimaan klien menggunakan pendekatan ini.

Tanpa adanya data analisis mustahil sebuah akun dapat tetap relevan dan trending. Oleh karena itu jangan sampai kalah dan tetap belajar agar bisa mengelola secara optimal.

3. Manfaatkan Instagram campaign

Sebagai pebisnis tentu kita harus mengalokasikan anggaran untuk kegiatan campaign. Di Instagram sendiri sudah ada fitur campaign yang relatif mudah kita atur berapa budgetnya.

Tergantung pada kebutuhan dan juga target yang nantinya perlu dipenuhi oleh sebuah entitas. Oleh karena itu akan menjadi kurang optimal apabila kita tidak memanfaatkannya.

Dengan menggunakan ketiga langkah sederhana tersebut tentu potensi dari sebuah brand akan semakin optimal. Memang dalam menggunakan strategi marketing harus sesuai dengan tujuan spesifiknya.

Mengapa Integrasi Cross Platform Penting untuk Instagram Shopping

Ini adalah sebuah pembahasan bonus yang masih erat dengan peningkatan penjualan. Dalam dunia digital cross platform marketing adalah sebuah kewajiban yang tidak boleh kita tinggalkan.

Melihat banyaknya tempat untuk promosi dan melakukan posting tentu akan kurang optimal jika tidak memakai semuanya. Pernahkah Anda memperhatikan bahwa hampir semua brand besar pasti memiliki akun sosial media.

Selain digunakan untuk melakukan promosi dan interaksi terhadap pengguna langkah tersebut memiliki manfaat spesifik. Salah satunya adalah mengoptimalkan telemetri matriks data para pengguna.

Jadi sebuah entitas dapat mengetahui seperti apa pangsa pasar yang sebenarnya mereka gunakan. Misalnya para pengguna facebook, Instagram, twitter, dan lainnya pasti memiliki karakteristik pengguna berbeda. Silahkan baca panduan praktis social media marketing terbaru untuk mengoptimalkan penjualan anda.

Kita dapat mengelompokkan dan menggunakannya sebagai data mentah guna melakukan analisis potensi konsumen. Cross platform ini akan sangat berguna untuk jangka panjang terutama peningkatan kualitas produk.

Bahkan sebuah entitas dapat menentukan targeting ads sesuai dengan niche terkait produknya. Jadi sudah bukan zamannya lagi hanya menggunakan satu tempat untuk mengenalkan sebuah produk.

Kita harus menggunakan hampir semua, minimal yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Tujuannya sekali lagi adalah analisis terkait pola konsumerisme dari pangsa pasar pilihan.

Nantinya kita bisa menentukan berbagai macam niche dan gimmick marketing agar lebih sukses lagi. Tentu hal seperti itu akan memberikan berbagai macam potensi jangka panjang bagi sebuah entitas.

Dengan memahami berbagai ulasan tadi tentu sekarang Anda bisa mengimplementasikan sendiri. Bagaimana cara menggunakan Instagram shopping sehingga potensi keuntungannya dapat meningkat secara signifikan.

Kategori: blog

error: Content is protected !!
Kirim Pesan
Hallo kak👋
Ada yang dapat kami bantu?
WA 0852-2228-2664