Strategi Instagram Marketing

Sebenarnya ada banyak strategi Instagram marketing yang bisa dicoba bagi pebisnis. Strategi ini diperlukan supaya kegiatan pemasaran melalui IG memberikan hasil memuaskan. Hasil memuaskan ditandai dengan peningkatan penjualan produk.

Membuat konten IG menarik memang penting. Dampaknya akan meningkatkan daya tarik calon konsumen untuk membeli produk bisnis yang ditawarkan. Tapi, konten menarik saja tidak cukup.

Untuk anda yang sedang mencari jasa penambah followers instagram atau ingin beli followers ig untuk meningkatkan atau memperbanyak jumlah followers, like, dan view ig maka anda dapat mengunjungi jasa followers Indonesia yang terpercaya, termurah, dan bergaransi. Dengan menggunakan jasa followers instagram maka jumlah followers anda dapat bertambah secara cepat menjadi ribuan followers. Dan ketika jumlah followers sudah mencapai angka puluhan bahkan ratusan ribu, maka akun instagram anda akan terlihat lebih terpercaya. Beli Followers, Like, & View instagram.

Ada banyak hal yang penting diperhatikan. Banyak hal inilah yang nantinya menjadi strategi pemasaran. Mengenai beberapa strategi pemasaran IG, akan dibahas pada uraian berikut dan bisa dijadikan referensi untuk diterapkan.

Inilah Berbagai Strategi Instagram Marketing yang Wajib Anda Coba

Ketika memutuskan ingin melakukan pemasaran produk bisnis lewat IG, berarti harus siap dengan penerapan strateginya. Inilah berbagai strategi pemasaran di Instagram yang wajib Anda coba:

1. Memakai Akun IG Bisnis

Strategi Instagram marketing pertama, gunakan akun Instagram bisnis. Melalui akun bisnis ini, akan memudahkan para calon pelanggan menghubungi Anda. Selain itu juga memberikan kesan lebih profesional terhadap bisnis.

Varian akun IG biasa dengan bisnis itu berbeda, terutama dari segi fitur. Berbagi fitur tersedia dapat dimanfaatkan untuk membantu upaya pengembangan bisnis, salah satunya insight.

Melalui fitur insight, pengguna bisa menganalisis serta memberikan statistik mengenai akunnya. Disarankan ketika menggunakan varian bisnis, gunakan pengaturan publik supaya audience lebih mudah untuk mengakses akun Anda.

2. Melakukan Optimasi Profil Bisnis

Strategi Instagram marketing selanjutnya yaitu melakukan optimasi profil bisnis. Buat profil profesional dan bagus untuk menarik perhatian calon konsumen. Selain menarik perhatian, juga akan membuat mereka menjadi pelanggan tetap.

Mengenai caranya, Anda bisa memilih username yang mudah dikenali dan simple. Secara ideal, gunakan username dengan nama bisnis supaya mudah ditemukan oleh para pengguna Instagram.

Selain mempermudah untuk ditemukan, juga akan meminimalisir orang-orang salah tag saat memberikan komentar atau memposting konten tertentu. Bila nama bisnis yang Anda inginkan sudah ada penggunanya, berikan kata tambahan pada bagian belakangnya.

Cara lainnya untuk menerapkan strategi Instagram marketing satu ini yaitu pakai foto profil brand, tuliskan bio yang sifatnya informatif dan menarik, masukkan CTA atau call to action serta link di bawah CTA.

CTA dapat diposisikan pada bagian akhir bio, tujuannya supaya konsumen tertarik membeli produk yang Anda tawarkan. Setelah CTA disematkan sebagai bagian akhir dari bio, tambahkan link relevan, misalnya berhubungan dengan event promo.

Manfaatkan juga tools instagram analytics untuk optimasi bisnis anda. Pelajari tools instagram analytics yang wajib anda coba. Silahkan baca juga bagaimana cara optimasi instagram bisnis untuk meningkatkan omset penjualan.

3. Melakukan Optimasi Feed IG

Ketika memposting konten pada feed IG, pastikan memang cocok dengan brand. Pastikan juga konten tersebut mampu diterima baik oleh pengikut akun bisnis Anda. Hal inilah penyebab memahami jenis konten yang akan diposting itu sangat penting.

Terdapat dua jenis konten feed IG, yaitu video dan gambar. Penerapan strategi Instagram marketing satu ini, terkait gambar tidak mempunyai ketentuan khusus. Sedangkan untuk konten video, ada maksimal durasinya.

Beberapa ide konten bisa dijadikan referensi diantaranya behind the scene di balik proses pembuatan produk, edukasi seperti tips, hiburan, cerita dan lain-lain. Pemilihan tema konten menyesuaikan dengan kondisi alias momen.

4. Memanfaatkan IG Stories

Salah satu cara memasarkan produk di Instagram yaitu dengan memanfaatkan fitur stories tersedia. Berbeda dengan fees, stories hanya akan bertahan selama waktu 24 jam saja. Setelah itu akan secara otomatis menghilang masuk ke bagian arsip.

Dibandingkan postingan biasa, stories memiliki berbagai kelebihan. Ada banyak stiker dan filter yang bisa digunakan untuk mempercantik tampilan konten. Pembuatan konten stories bisa kapan saja dengan jumlah tidak terbatas.

Letak stories ada di bagian atas sendiri, sehingga berpeluang lebih besar dilihat follower dari pada feed. Jenis konten stories yang dapat dijadikan opsi untuk membantu strategi Instagram marketing bermacam-macam.

Mulai dari polling, pengumuman, swipe up, memberikan pertanyaan kepada follower hingga mengadakan event tertentu seperti lomba atau give away. Bila ingin menampilkan stories pada akun IG Anda, manfaatkan fitur highlights.

Jadi, walaupun konten sudah melewati batas waktu 24 jam, pemilik bisnis bisa mempostingnya secara permanen pada halaman profil. Highlights bentuknya berupa lingkaran kecil, tepatnya ada di bagian bawah bio.

5. Memanfaatkan Reels

Strategi Instagram marketing lainnya adalah memanfaatkan fitur reels. Reels merupakan konten IG berupa video. Supaya tampak lebih menarik, Anda bisa melakukan proses editing terlebih dahulu video yang akan diposting.

Reels dapat dimanfaatkan untuk berbagi informasi maupun promosi terkait bisnis yang Anda jalankan, menyajikan video tutorial serta aktivitas di belakang layar. Karena reels akan tampil secara permanen pada feed, perlu dibuat dengan semenarik mungkin.

Perhatikan pengambilan gambar, proses editing video dan jangan lupa untuk menuliskan skripnya. Mengenai durasi, jauh lebih panjang dibandingkan konten video yang diposting melalui stories. Manfaatkan juga IGTV dan pelajari apa itu IGTV.

6. Memanfaatkan IG Live

Memanfaatkan fitur IG live juga merupakan salah satu strategi Instagram marketing yang patut dicoba sebagai upaya meningkatkan engagement. Dari pada membaca tulisan artikel blog, banyak orang lebih tertarik untuk menonton siaran langsung promosi brand.

Supaya memiliki banyak penonton saat Anda live, jangan lupa sebelumnya menginformasikan kepada para follower. Akan semakin tinggi peluang untuk ditampilkan pada bagian top live explore seiring dengan semakin banyaknya penonton.

Banyak fungsi dari live IG ini, antara lain mengumumkan produk varian baru, mengadakan sesi tanya jawab dengan para follower secara langsung dan merekam event tertentu yang sedang berlangsung.

7. Membuat Caption Konten Menarik

Terdapat banyak cara menarik konsumen di Instagram. Salah satunya yaitu dengan membuat caption pada konten yang menarik. Ketika caption menarik perhatian, akan membuat pengunjung lebih betah berlama-lama berada pada postingan akun Anda.

Hal ini berdampak terhadap peningkatan engagement. Untuk menerapkan strategi Instagram marketing satu ini, ada berbagai tips bisa Anda terapkan, antara lain:

Membuat Beberapa Draft

Tidak perlu terburu-buru saat membuat tulisan untuk caption. Anda bisa menuliskan beberapa ide yang dimiliki, lalu meminta pendapat orang lain. Setelah itu pilih manakah opsi terbaik menurut Anda.

Mungkin metode membuat beberapa draft cenderung terasa merepotkan. Tapi, jauh lebih baik dari pada pembuatan caption buruk karena terlalu terburu-buru. Ketika kondisi ini terjadi, kemungkinan besarnya menurunkan jumlah engagement.

Meletakkan Hal-hal Penting pada Bagian Awal

Tips berikutnya, letakkan hal-hal penting pada bagian awal. Anda bisa menuliskan tiga atau empat kata penting pertama pada postingan. Hal ini karena tiga atau empat kata saja yang akan muncul pada postingan tanpa harus menekan tombol “lainnya”.

Memasukkan CTA

Tips lainnya dalam pembuatan konten menarik supaya strategi Instagram marketing memberikan hasil memuaskan yaitu memasukkan CTA atau call to action. CTA yaitu sebuah instruksi berupa ajakan atau mengarahkan pembaca melakukan sesuatu hal.

Mengena tulisan CTA menyesuaikan dengan topik yang disampaikan. Misalnya “Berikan komentar di bawah ini bila ingin memperoleh kode promonya”. Atau yang kerap ditemui adalah “Untuk link pembelian, cek di bio ya.”

Menginputkan Hashtag Maksimal Empat

Ketika membuat konten IG, menyisipkan hashtag memang perlu. Melalui hashtag, pengguna IG akan lebih mudah menemukan keberadaan produk bisnis Anda. Tapi, disarankan untuk tidak menyisipkannya dalam jumlah terlalu banyak.

Sebab, hashtag yang terlalu banyak malah tampak seperti spam dan hal ini kurang menarik untuk follower. Strategi Instagram marketing bisa Anda coba, yaitu inputkan hashtag dengan jumlah maksimal empat saja dalam satu postingan.

Memberikan Pertanyaan kepada Follower atau Sebaliknya

Tips lainnya yaitu memberikan pertanyaan kepada follower atau sebaliknya. Opini yang diberikan oleh para follower bisa dijadikan referensi ide dalam pembuatan konten baru.

Melalui kalimat pertanyaan pada caption, akan lebih mendorong para pembaca postingan IG Anda untuk menuliskan komentarnya. Jangan lupa sesekali balas komentar mereka seperti melakukan obrolan ringan.

Menggunakan Gaya Tulisan Sendiri

Ketika membuat caption, gunakan gaya tulisan Anda sendiri. Akan lebih tampak menarik bila ditulis dengan sajian apa adanya serta fun. Selipkan candaan singkat, gunakan emoji dan pakai permainan kata supaya caption lebih menarik.

8. Merepost Konten Follower

Strategi Instagram marketing berikutnya, merepost konten yang dibuat oleh follower. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengumumkan kepada follower bahwa konten terpilih akan diposting ulang dan melakukan tag terhadap akun mereka.

Mengenai aktivitas repost konten bukan hanya berlaku untuk posting feed saja, tapi juga stories. Konten dari konsumen menunjukkan bisnis Anda lebih tampak apa adanya. Selain itu juga lebih dipercaya oleh para calon pelanggan.

Apalagi bila konten follower tersebut berkaitan dengan ulasan terhadap produk yang sudah dibelinya dari Anda. Walaupun demikian, bukan berarti seluruh konten follower harus direpost.

Supaya strategi Instagram marketing tepat, pastikan bahwa konten tersebut relevan dan cocok dengan image brand Anda. Pastikan juga konten tersebut cocok dengan target audience bisnis Anda.

9. Membuat Hashtag Kreatif dan Unik

Sebelumnya sudah dibahas sedikit mengenai hashtag. Ketika ingin menggunakan hashtag pada postingan, buatlah yang kreatif dan unik. Jutaan postingan dibuat oleh pengguna Instagram setiap harinya. Hashtag adalah.

Hal ini tentu berpengaruh terhadap postingan yang akhirnya tenggelam, di mana tidak banyak orang mengetahui keberadaan bisnis Anda. Untuk itulah sangat penting memilih hashtag yang tepat supaya postingan lebih mudah ditemukan.

Untuk menerapkan strategi Instagram marketing satu ini bisa dengan menyisipkan hashtag umum, relevan serta sedang populer. Bila ingin mengetahui hashtag yang sedang populer, perlu dilakukan riset terlebih dahulu melalui pencarian tagar pada menu explore.

Disarankan untuk tidak terus menerus memakai hashtag umum. Anda juga perlu mengusahakan untuk membuat hashtag sendiri yang unik mengenai brand terkait. Terutama saat mengadakan event tertentu atau mengeluarkan produk varian baru.

10. Meningkatkan Engagement

Strategi lainnya adalah meningkatkan engagement. Ada banyak upaya bisa dilakukan untuk meningkatkan engagement ini, salah satunya membuat konten yang dapat disimpan.

Melalui strategi Instagram marketing upaya meningkatkan engagement ini, akan memudahkan follower untuk membaca konten yang Anda buat tersebut di masa mendatang. Jadi, buat konten yang memiliki daya tarik untuk disimpan oleh follower.

Upaya lainnya, terbuka terkait bisnis yang Anda jalankan kepada follower. Hal ini menunjukkan bahwa Anda sebagai pemilik usaha percaya kepada mereka, sehingga terjalin hubungan kuat.

Jenis konten dimaksud seperti berhubungan dengan jatuh bangunnya membangun bisnis, lowongan pekerjaan yang sedang dibuka serta latar belakang memulai bisnis. Pada intinya, buat konten sejujurnya, jangan dibuat-buat.

11. Memposting Konten pada Waktu yang Tepat

Strategi Instagram marketing membuat konten menarik, bisa menjadi sia-sia bila diposting pada waktu tidak tepat. Akan berbeda-beda waktu paling tepat untuk memposting konten pada setiap akun IG.

Menyesuaikan dengan jenis bisnis dan target audience. Untuk memastikannya, Anda dapat mengecek pada fitur insights. Melalui data tersebut, akan membantu proses analisis waktu terbaik memposting konten.

Selain waktu, jumlah postingan juga sangat penting diperhatikan. Disarankan untuk memposting satu atau dua konten dalam satu hari. Jangan sama sekali tidak posting atau malah terlalu banyak memposting konten.

Ketika jumlah konten yang diposting berlebihan, bukan tidak mungkin membuat follower akhirnya merasa muak. Akibat buruk dari penerapan strategi Instagram marketing yang tidak tepat bisa membuat mereka melakukan unfollow terhadap akun bisnis Anda.

12. Menjalin Kerja Sama dengan Influencer

Bagaimana cara meningkatkan penjualan di Instagram? Dari sekian banyak cara, satu yang cukup efektif yaitu menjalin kerja sama dengan influencer atau selebgram. Jangkauan audience menjadi lebih luas dengan bantuan influencer ini.

Mencapai persentase lima puluh masyarakat Indonesia, lebih mempercayai ulasan para influencer dibandingkan jenis iklan biasa. Banyak juga pengguna sosial media yang akhirnya membeli produk tersebut karena pengaruh review influencer.

Strategi Instagram marketing satu ini akan benar-benar efektif meningkatkan penjualan bila influencer yang Anda pilih tepat. Ketika memutuskan untuk bekerja sama dengan influencer, Anda harus siap-siap mengeluarkan budget lebih.

Mengenai tarif setiap influencer atau selebgram memberikan patokan harga berbeda-beda. Sesuaikan pemilihan influencer dengan budget supaya tidak terasa terlalu membebani. Pelajari bagaimana cara menjadi selebgram terlengkap untuk pemula.

13. Membuat IG Ads

IG Ads merupakan layanan iklan dari Instagram yang berfungsi untuk membantu mempromosikan postingan akun bisnis tertentu. Pembuatan IG Ads mencakup dua cara, yakni lewat FB Ads Manager serta langsung lewat Instagram tersebut.

Kedua metode ini memerlukan persyaratan memiliki Facebook Page. Bila belum memilikinya, Anda bisa membuatnya terlebih dahulu sebelum menerapkan strategi Instagram marketing satu ini. Silahkan pelajari bagaimana cara beriklan di instagram ads untuk pemula.

14. Memanfaatkan Fitur IG Bisnis Tersedia

Strategi terakhir yang wajib Anda coba yaitu memanfaatkan fitur Instagram bisnis tersedia. Bagi pengguna pemula biasanya belum terlalu tahu mengenai apa saja fitur yang tersedia, beberapa diantaranya:

Insights

Sebelumnya sudah dibahas mengenai fitur insights untuk sebuah bisnis. Strategi konten Instagram akan memberikan hasil terbaik bila pemilik bisnis bisa mengolah data insight dengan tepat.

Mulai dari data siapa pengikut terbaru, jumlah impressions, jumlah postingan, seberapa sering profil dikunjungi, jumlah klik email dan jumlah klik situs. Selain itu ada juga data demografi follower, meliputi umur, lokasi dan jenis kelamin.

Tombol Kontak

Strategi Instagram marketing dengan memanfaatkan fitur tombol kontak pada bagian bawah profil akan memudahkan calon pelanggan untuk menghubungi bisnis Anda. Pengguna hanya perlu memasukkan alamat email dan atau nomor telepon.

Quick Reply

Fitur ini memudahkan pengguna untuk membalas cepat berbagai DM IG yang masuk, sehingga lebih menghemat tenaga serta waktu. Hal ini karena melalui fitur quick reply pengguna dapat menyimpan pesan jawaban dari pertanyaan yang kerap ditanyakan.

Swipe Up pada Stories

Fitur menarik lainnya ada swipe up atau geser ke atas pada stories. Melalui fitur ini, pengguna dapat mengarahkan audience supaya menuju website atau landing page bisnis Anda, sehingga mempercepat proses akses.

Dalam menerapkan beberapa strategi di atas diperlukan konsistensi. Apalagi bila membahas tentang strategi Instagram marketing atau pemasaran berhubungan erat dengan aktivitas yang perlu rutin dilakukan.

Kategori: blog

error: Content is protected !!
Kirim Pesan
Hallo kak👋
Ada yang dapat kami bantu?