Instagram Tools

Instagram tools merupakan alat yang dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan pemasaran sosial media di IG. Bila membahas tentang tools IG, fungsinya beragam. Mulai dari membantu editing video, editing gambar hingga menganalisa data.

Dengan bantuan tools ini, memudahkan Anda dalam mengelola IG untuk kebutuhan bisnis. Mengenai pemilihan alat terbaik, menyesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu juga menyesuaikan dengan kenyamanan setiap individu.

Alat dengan fungsi sama akan memberikan tingkat kenyamanan berbeda untuk setiap individu. Bagi pemilik bisnis pemula yang masih bingung memilih tools IG bisa menyimak uraian berikut ini sebagai bahan referensi opsi.

Untuk anda yang sedang mencari jasa penambah followers instagram atau ingin beli followers ig untuk meningkatkan atau memperbanyak jumlah followers, like, dan view ig maka anda dapat mengunjungi jasa followers Indonesia yang terpercaya, termurah, dan bergaransi. Dengan menggunakan jasa followers instagram maka jumlah followers anda dapat bertambah secara cepat menjadi ribuan followers. Dan ketika jumlah followers sudah mencapai angka puluhan bahkan ratusan ribu, maka akun instagram anda akan terlihat lebih terpercaya. Beli Followers, Like, & View instagram.

Tentukan kebutuhan Anda terlebih dahulu, baru bisa memilih alat yang tepat. Inilah beberapa rekomendasi Instagram tools terbaik yang bisa dijadikan pilihan bagi pemilik bisnis:

1. Awario

Rekomendasi pertama adalah Awario, fungsinya memonitor media sosial. Beberapa fitur menarik alat ini yaitu memonitor performa pesaing, memunculkan notifikasi bila ada mention dan membantu memberikan analisis performa secara mendalam.

Pengguna hanya perlu mengatur hashtag atau kata kunci yang ingin dimonitor. Setelah itu, saat ada orang yang memakainya akan memperoleh pesan email. Bukan hanya IG, Awario juga mendukung sosial media jenis lain, seperti Twitter, YouTube dan Facebook.

Keunggulan dari Instagram tools satu ini yaitu adanya pemberitahuan mention, memiliki harga paket murah dan membantu memonitor kompetitor. Memahami performa kompetitor dalam dunia bisnis itu sangat penting sebagai bahan acuan evaluasi.

2. Canva

Bila ada yang bertanya, tools Instagram apa saja? Jawabannya adalah ada banyak dengan fungsi beragam. Salah satu yang membantu desain visual dan banyak digunakan adalah Canva.

Aplikasi ini cukup populer digunakan untuk editing gambar. Anda bisa memanfaatkannya untuk mendesain konten IG supaya tampak lebih menarik. Ketika konten yang dibuat menarik, berpeluang besar meningkatkan penjualan produk.

Instagram tools satu ini membantu pembuatan konten IG untuk feeds maupun stories. Keunggulan dari alat ini yaitu menyediakan berbagai macam template yang siap digunakan, termasuk untuk kebutuhan pembuatan konten IG.

Dengan keunggulan ini, Anda tidak perlu kesulitan mendesainnya dari awal. Jadi, hanya perlu memilih template sesuai keinginan, lalu menambahkan teks dan gambar sesuai kebutuhan.

Mengenai harga layanan Canva sebenarnya gratis, tapi fiturnya terbatas. Bila ingin memperoleh fitur lebih lengkap bisa berlangganan paket dengan membayar biaya sejumlah tertentu.

3. Hootsuite

Rekomendasi Instagram tools berikutnya adalah Hootsuite. Menggunakan alat ini, pemilik bisnis bisa mengatur jadwal posting konten dengan lebih mudah. Selain itu juga dapat digunakan untuk memonitor konten yang ingin diposting.

Selain Instagram, Hootsuite juga mampu terhubung dengan berbagai platform media sosial lainnya, seperti Facebook, Twitter dan lain-lain. Tapi sayangnya, ketika memakai alat ini Anda tidak bisa memposting gambar lebih dari satu dalam sekali posting.

4. Snapseed

Snapseed merupakan aplikasi editing foto buatan dari Google. Dengan aplikasi ini, Anda bisa memberikan efek pada gambar, memasang filter serta mengeditnya secara manual. Jadi, sangat cocok digunakan untuk mempercantik tampilan konten.

Beberapa fitur tersedia seperti HRD Scape, Tune Image, Transform dan masih banyak lainnya. Ada juga fitur Stacks yang memudahkan Anda untuk melakukan penyimpanan pengaturan editing, sehingga bisa diterapkan pada gambar lain tanpa harus mulai dari nol.

Instagram tools satu ini bisa di akses secara gratis dan tidak ada iklan di dalamnya. Kelemahannya, untuk fitur editing manual, Anda memerlukan waktu untuk mempelajarinya.

5. Photoshop Express

Photoshop Express cocok dijadikan opsi bagi pemilik bisnis yang gemar melakukan editing menggunakan Adobe Photoshop. Sebab, fitur yang dimiliki kurang lebih keduanya sama.

Bisa digunakan untuk mengubah background foto, mengubah layout, menambahkan efek serta memberi stiker. Tools satu ini bisa dimanfaatkan secara gratis, tapi juga dapat di upgrade ke versi premium dengan membayar sejumlah tertentu.

Instagram tools Photoshop Express tersedia di berbagai macam platform, mulai dari iOS, Android hingga Windows. Tapi sayangnya aplikasi ini kurang ramah untuk pemula. Jadi, perlu waktu bagi pengguna pemula untuk mempelajarinya.

6. VSCO

Rekomendasi terbaik lainnya adalah VSCO, cocok dijadikan opsi bagi Anda yang ingin membuat konten IG tampak lebih estetik dan cantik. Ada banyak preset, mencapai hingga ratusan bisa dimanfaatkan supaya konten yang dibuat lebih nyaman dilihat.

Menariknya, VSCO menyediakan banyak fitur editing yang akan membantu Anda menyesuaikan visual konten secara manual. Tapi, tidak seluruh filter tersedia bisa di akses secara gratis alias memerlukan tambahan biaya untuk berlangganan.

7. Buffer

Rekomendasi Instagram tools yang berhubungan dengan fitur pengelolaan konten bisa dijadikan opsi bagi pemilik bisnis yaitu Buffer. Melalui tools ini, Anda bisa mengetahui waktu terbaik untuk memposting konten.

Seperti kita tahu bahwa memposting konten IG tidak dilakukan secara sembarangan bila menginginkan hasil optimal. Selain kontennya harus dibuat semenarik mungkin, waktu mempostingnya juga berdampak signifikan terhadap feedback yang nantinya diperoleh.

Fitur lainnya yang tidak kalah menarik bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan performa bisnis yaitu analytics. Melalui fitur ini, tampilan data mengenai postingan IG Anda bisa diketahui. Dari segi kekurangan, paket Analyze dan Publish dibuat secara terpisah.

Hal ini membuat pengguna perlu berlangganan paket berbeda untuk memperoleh fitur analytics pada Instagram tools Buffer. Bila ingin memperoleh fitur team management, perlu langganan paket dengan tarif lebih mahal.

8. All Hashtag

Bagi pemilik bisnis yang membutuhkan tools pencari hashtag sangat lengkap, bisa menggunakan All Hashtag. Sangat cocok dijadikan opsi bagi Anda yang sedang memerlukan banyak ide hashtag untuk konten terbaru.

Tools Instagram marketing satu ini menyediakan tiga pilihan dalam upaya pencarian ide hashtag. Meliputi random (hashtag relevan dengan pengambilan acak), top (hashtag populer) serta live (hashtag yang banyak diperbincangkan sekarang ini).

Selain menyediakan banyak opsi untuk pencarian ide hashtag, Anda dapat dengan mudah menyalinnya. Tapi sayangnya, tidak seluruh hashtag yang dihasilkan termasuk relevan dengan pencarian.

Bila ada yang bertanya, apakah Instagram tools untuk pencarian hashtag itu perlu? Seberapa penting penyematan hashtag ini di postingan? Jawabannya perlu dan sangat penting.

Dengan adanya hashtag, akan memudahkan para calon konsumen menemukan konten yang Anda buat. Dalam bisnis tentu hal seperti ini tidak boleh dilewatkan. Supaya mempermudah dalam penentuan hashtag, Anda bisa memanfaatkan tools satu ini.

9. AutoHash

Selain All Hashtag, pemilik bisnis bisa menggunakan AutoHash. Tools satu ini juga memudahkan pengguna untuk menemukan hashtag paling tepat untuk postingan gambar yang dibuat.

Cara menggunakan Instagram tools AutoHash supaya mendapatkan hashtag paling relevan yaitu dengan mengupload gambar yang ingin diposting. Mengenai jumlah hashtag yang akan dihasilkan mencapai jumlah 30, sesuai batasan IG.

Tools ini bisa di akses secara gratis, sehingga menghemat budget. Kekurangannya, setiap menggunakan AutoHash, Anda akan menemukan hashtag AutoHash di dalamnya, tapi bisa dihapus, sehingga tidak perlu khawatir.

10. Repost for Instagram

Ketika mengoperasikan IG, terkadang ada momen tertentu pengguna ingin merepost konten dari akun lain. Untuk kebutuhan bisnis, ada kemungkinan pebisnis ingin merepost postingan pelanggannya.

Supaya memudahkan aktivitas ini, Anda bisa memanfaatkan tools Repost for Instagram. Cara mengoperasikan Instagram tools satu ini yaitu dengan memasukkan link konten yang ingin direpost ke aplikasi.

Ketika menggunakan aplikasi ini, Anda harus bersiap-siap terhadap iklan yang nantinya ditemukan. Mengenai tarifnya sendiri gratis. Tapi, jangan lupa menambahkan kredit akun postingan asli untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan terjadi di kemudian hari.

11. Shortstack

Ada banyak cara bisa dilakukan untuk menarik perhatian pengguna IG untuk mengunjungi akun bisnis Anda. Salah satunya dengan mengadakan sebuah event berhadiah atau dikenal juga dengan istilah give away.

Sebagai syarat mengikuti event tersebut bisa melampirkan komentar atau hashtag. Melalui Shortstack, akan memudahkan Anda mengumpulkan caption, video atau gambar yang terhubung dengan hashtag event berhadiah tersebut.

Jadi, bisa dikatakan Instagram tools satu ini akan memudahkan pengguna untuk mencari siapa saja akun yang ikut berkontribusi terhadap event tersebut. Pada Shortstack terdapat fitur sharing serta voting untuk menentukan siapa pemenang event.

12. Shorby

Seperti kita tahu bahwa di Instagram, pengguna hanya dapat menyimpan satu link saja pada bagian bio. Pertanyaannya, bagaimana bila ingin mengarahkan audience menuju lebih dari satu link? Anda bisa memanfaatkan tools Shorby.

Melalui Instagram tools Shorby, pengguna dapat menyimpan link menuju berbagai halaman media sosial yang dimiliki lainnya. Untuk mengedit halaman link tersebut caranya sangat mudah. Sayangnya link sifatnya white label, sehingga akan tampak logo Shorby.

13. Iconosquare

Tidak sedikit yang bertanya, apa itu iconosquare? Iconosquare merupakan tools yang cukup populer dan memberikan fitur 3 in 1. Melalui tools ini Anda bisa mengukur kinerja akun, mengatur jadwal konten serta mengidentifikasi trend.

Iconosquare akan membantu pemilik bisnis untuk memonitor hashtag serta kompetitor. Jadi, bisa memperoleh informasi update dan membantu mengubah strategi promosi paling tepat menyesuaikan trend.

Kekurangan dari tools ini yaitu hanya dapat terintegrasi dengan IG dan Facebook saja. Mengenai biaya, gratis trial selama kurun waktu 14 hari. Setelah masa trial selesai, pengguna perlu berlangganan dengan tarif sejumlah tertentu.

14. Social Insider

Rekomendasi Instagram tools terbaik untuk pemilik bisnis lainnya adalah Social Insider. Tools ini fokus menyediakan data analytics. Jadi, Anda dapat melakukan analisis terhadap efektivitas konten serta perkembangan akun IG bisnis yang dimiliki.

Bukan hanya itu, pengguna juga bisa membandingkan performa akunnya dengan milik kompetitor. Dengan manfaat seperti ini, cukup efektif digunakan bagi Anda yang sedang merancang strategi pembuatan konten ke depannya.

15. Instagram Insights

Instagram Insights merupakan tools yang dapat memberikan beragam wawasan atau insight terkait akun IG pemiliknya. Untuk fitur ini, Anda tidak perlu mengakses aplikasi atau website tertentu.

Sebab, fitur ini adalah bawaan dari IG. Melalui Instagram tools satu ini, pengguna bisa mengetahui karakteristik dari pengunjung yang melihat postingan atau akun bisnisnya. Karakteristik dimaksud seperti umur, gender, lokasi serta rata-rata jam aktif mereka.

Untuk memanfaatkan layanan ini sangat mudah, tidak perlu pengaturan khusus. Selain itu, juga bisa di akses secara gratis tanpa perlu berlangganan. Tapi, fitur ini hanya bisa dirasakan oleh pemilik akun Instagram bisnis saja.

Jadi, bila akun IG yang dimiliki masih varian biasa, bisa di upgrade terlebih dahulu menjadi bisnis. Melalui layanan ini, akan memudahkan Anda dalam membandingkan performa postingan biasa dengan Instagram Ads.

Tujuan dari aktivitas membandingkan ini yaitu untuk memastikan bahwa budget yang sudah dikeluarkan untuk Instagram Ads tidak sia-sia. Jadi, dengan Instagram tools insight, beragam kebutuhan mampu terpenuhi. Silahkan baca bagaimana cara beriklan di instagram ads untuk pemula.

Bagaimanapun juga melakukan monitoring pengunjung itu perlu sebagai bahan evaluasi. Setiap langkah yang diambil, akan berpengaruh besar terhadap perkembangan bisnis nantinya.

16. SocialRank

Bila Anda ingin mencari informasi mengenai pengunjung akun IG, bisa memanfaatkan tools SocialRank. Sebab, alat ini akan membantu para pengguna untuk mengetahui karakteristik dari pengunjung akunnya.

Seperti domisili, umur atau jumlah follower mereka. Melalui Instagram tools satu ini, pengguna bisa mengetahui hashtag serta kata-kata yang paling sering digunakan oleh pengunjung akun.

Hanya saja, SocialRank hanya terhubung pada Twitter serta IG saja, belum mendukung sosial media jenis lain. Terkait tarif sebenarnya gratis, tapi pengguna bisa berlangganan dengan membayar sejumlah tertentu bila menginginkan fitur lebih lengkap.

17. Hashtag Expert

Tools IG lainnya yang bisa digunakan untuk menemukan hashtag paling tepat yaitu Hashtag Expert. Cara menggunakannya dengan menginputkan satu hashtag pada aplikasi tersebut, lalu hashtag relevan akan muncul.

18. Schedugram

Instagram tools yang tidak kalah menarik untuk dicoba oleh pemilik bisnis yaitu Schedugram. Fitur menarik dari alat ini yaitu memudahkan pengguna dalam memposting konten secara terencana.

Metode seperti ini cocok bagi pebisnis yang kategorinya masih baru merintis tapi tidak mempunyai admin untuk mempromosikan produk. Jadi, pemilik bisnis bisa lebih fokus melayani pesanan pelanggan tanpa lupa memposting konten untuk akunnya.

19. Socialblade

Socialblade akan membantu pemilik bisnis untuk melihat perkembangan pesaing. Tools ini dapat digunakan untuk menganalisa konten serta data statistik akun Instagram bisnis yang dimiliki.

Instagram tools ini bisa di akses secara gratis. Cara memakainya, Anda hanya perlu menginputkan username IG atau akun tertentu yang ingin dilihat datanya. Mulai dari jumlah pengikut, rata-rata jumlah likes, komentar, konten serta engagement rate.

Selain itu, pengguna dapat melihat trend IG yang sedang berlangsung pada waktu tertentu. Dengan memanfaatkan Socialblade, akan memudahkan pemilik bisnis dalam upaya pembuatan rencana pemasaran.

20. Sprout Social

Rekomendasi alat terakhir yaitu Sprout Social. Ada banyak fitur tersedia yang bisa dimanfaatkan oleh pemilik bisnis, meliputi publishing dan scheduling, engagement, listening serta analytics.

Fitur Instagram tools publishing dan scheduling akan membantu mengatur penjadwalan konten. Dan fitur engagement bermanfaat untuk membantu mengecek tingkat engagement sebuah konten.

Fitur listening berfungsi menemukan trend paling baru yang sedang berlangsung di industri. Terakhir, fitur analytics membantu mengolah data akun pemilik bisnis menjadi informasi penting.

Melalui fitur analytics, pengguna bisa memonitor kinerja konten serta perkembangan jumlah pengikut dari waktu ke waktu. Terlepas dari kelebihan, alat ini juga memiliki beberapa kekurangan.

Salah satunya, pengguna bisa menikmati fitur listening dengan harga paket lebih mahal. Kekurangan lainya, hasil report tidak dapat dibuat berdasarkan negara atau wilayah. Untuk tarif, free trial selama 30 hari, lalu pengguna perlu berlangganan setelahnya. Dari tools IG yang sudah disebutkan, Anda bisa memilihnya menyesuaikan dengan kebutuhan. Apakah ingin memonitor performa akun, mencari ide hashtag, merepost konten akun lain atau kebutuhan lainnya. Tidak ada salahnya bila memanfaatkan tidak hanya satu Instagram tools.

Kategori: blog

error: Content is protected !!
Kirim Pesan
Hallo kak👋
Ada yang dapat kami bantu?