Social Media Populer

Social media populer di masa sekarang begitu membantu dalam promosi barang maupun jasa. Sehingga promosi bisnis tidak lagi terfokus pada media cetak, radio maupun televisi.

Sudahkah Anda tahu bahwa era digital di masa sekarang menjadikan media online sebagai wadah yang cukup efektif dalam mempromosikan bisnis? Hal ini juga didukung dengan akses internet yang luas dan kuat di berbagai daerah.

Melalui perpaduan teknologi dan jaringan internet, promosi bisnis dapat dijalankan dengan lebih mudah, cepat serta murah. Selain itu jangkauan promosinya juga lebih luas bahkan mampu melewati batasan negara dan dunia.

Sejak berkembangnya teknologi internet, mulai banyak perusahaan beralih ke bisnis online. Tujuannya tentu untuk membuat perusahaan semakin besar dengan menyediakan layanan online bagi pelanggan. Silahkan pelajari bagaimana cara memaksimalkan media sosial untuk bisnis online anda.

Misalnya saja dengan membuat website toko online dan promosi menggunakan social media populer. Platform semacam itu memang sangat cocok dijadikan tools marketing. Jadi, mari menyimak media sosial apa saja yang mampu menjadi media promosi handal untuk bisnis.

1. Facebook

Sepertinya Facebook sudah sangat dikenal oleh masyarakat dari berbagai belahan dunia. Facebook mampu membantu orang untuk menjalin komunikasi dengan rekan maupun keluarga.

Kemudahan komunikasi menjadi salah satu alasan efektifnya Facebook ketika digunakan sebagai media promosi bisnis. Selain efektif, platform ini juga mudah digunakan oleh siapa saja.

Mungkin Anda pernah melihat ada satu bisnis yang mampu tumbuh besar setelah promosi di Facebook. Anda juga dapat memanfaatkan social media terkenal di tanah air ini untuk menarik konsumen.

Lantas, bagaimana cara supaya promosi melalui Facebook bisa berhasil? Pertama-tama, buat dahulu halaman Facebook. Anda perlu menyematkan daya tarik khusus sehingga mampu memikat calon konsumen.

Nantinya, konsumen yang tertarik akan tekan Like pada social media populer ini. Semakin banyak tanda Like maka bisnis Anda akan semakin terkenal. Namun, jangan lupa mengenali target audiens yang tertarik dengan halaman Facebook Anda.

Supaya halaman tidak kosong, jangan lupa untuk mengupload konten secara berkala. Hal ini penting untuk memelihara audiens supaya tidak meninggalkan halaman Facebook Anda.

Jangan berhenti pada usaha untuk membuat konten menarik. Coba juga menggunakan fitur Facebook Ads. Fitur tersebut membantu mempromosikan halaman bisnis atau iklan supaya mampu menjangkau lebih banyak orang.

Anda juga dapat menetapkan audiens mana saja yang akan menerima iklan terkait. Sehingga konten atau iklannya mampu menjangkau target pasar secara tepat.

2. Twitter

Media sosial paling populer lainnya ialah Twitter. Pada mulanya Twitter hanya difungsikan untuk berbagi cuitan sebanyak 160 karakter. Pasti Anda juga tahu batasan untuk membuat cuitan di Twitter sangat sedikit.

Namun sekarang Twitter sudah sangat berkembang dan mampu menjadi media efektif dalam memasarkan produk atau jasa. Twitter sangat mudah dijangkau oleh pelanggan toko online cukup melalui smartphone mereka.

Lantas, bagaimana cara promosi secara efektif menggunakan Twitter? Anda perlu memperbanyak jumlah follower, membuat cuitan secara teratur, menetapkan waktu tepat dalam posting tweet, hingga rutin mempromosikan situs.

Anda juga dapat saling promo dengan akun bisnis online lainnya dalam social media populer ini. Coba saja mengamati berbagai bisnis online di internet, banyak juga yang saling berkolaborasi untuk menjaring konsumen dan memperluas target pasar.

3. Instagram

Instagram juga cukup terkenal, tidak kalah dengan platform lainnya. Dan Instagram mampu menghadirkan foto produk dan caption yang bisa ditulis lebih panjang apabila dibandingkan dengan Twitter.

Instagram juga sama-sama mudah diakses melalui smartphone bahkan populer di kalangan anak muda. Anak muda terbilang sebagai pengguna media sosial paling besar di tanah air. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menaikkan eksistensi bisnis. Silahkan baca bagaimana cara optimasi instagram bisnis untuk meningkatkan penjualan bisnis anda.

Instagram tergolong sebagai social media yang paling banyak digunakan di Indonesia. Salah satu kekuatan promosi yang ditawarkan ialah Hashtag. Bukan hanya itu, Anda juga berinteraksi dengan audiens untuk membangun kedekatan bisnis.

Tatkala sebuah bisnis dengan audiens, tentu akan lebih mudah menarik minat audiens untuk melakukan transaksi pembelian. Bahkan, bisa memunculkan minat audiens begitu meluncurkan produk baru.

4. Path

Apakah Anda pernah mendengar social media populer bernama Path? Path tergolong platform eksklusif sebab memberi batasan pada jumlah teman yang bisa ditambahkan dalam akun.

Namun, hal tersebut tidak membuat Path lantas gagal menjadi media promosi dan pemasaran online. Path ini sebenarnya mirip dengan Facebook dan Twitter hanya saja sifatnya lebih private.

Path masih bisa membantu dalam memperluas jaringan dan pasar. Coba saja perhatikan link media sosial yang umum disematkan oleh perusahaan dalam website. Biasanya juga menyematkan link menuju akun Path perusahaan.

5. Youtube

Youtube ialah social media yang populer di Indonesia yang sepertinya sudah tidak asing lagi. Dan youtube ini cukup banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk mengakses video, terutama video musik.

Banyaknya jumlah pengguna Youtube tentu menjadi peluang tersendiri dalam hal promosi bisnis. Anda dapat mengenalkan dan mempromosikan produk maupun jasa secara efektif.

Ada banyak sekali jenis konten yang bisa dibagikan melalui social media populer ini. Mulai dari demonstrasi produk, branding bisnis, upaya menaikkan brand awareness, pemecahan masalah customer dan lain sebagainya.

Tatkala memakai Youtube, Anda dapat meracang konten video di mana sesuai dengan target audiens atau target pasar. Namun, tidak harus monoton membuat konten yang berisi promosi produk.

Silahkan buat variasi konten dalam social media populer ini supaya audiens tidak merasa bosan. Anda bisa menyimak konten dari perusahaan lain yang mampu viral dan membantu meningkatkan penjualan. Dapatkan inspirasi atau ide segar dari konten perusahaan lain.

Akan tetapi, supaya konten mampu mencapai hasil pencarian teratas, perlu mengoptimasi videonya. Jadi, perlu mempelajari SEO Youtube. Selain itu, pelajari juga data statistik video untuk mengetahui performa video.

6. TikTok

Salah satu aplikasi sosial media yang lagi trend 2022 ialah TikTok. TikTok mirip dengan Youtube yang mampu membagikan konten berupa video namun durasinya lebih singkat.

TikTok banyak diakses oleh masyarakat Indonesia terutama kalangan muda. Meskipun sempat diblokir oleh Pemerintah, sekarang ini TikTok sudah berjaya di Indonesia. Mulai banyak konten berkualitas dibagikan melalui platform tersebut.

Secara umum, social media populer ini dipakai untuk berbagi video. Namun, di sisi lain dapat digunakan dalam promosi bisnis. Silahkan baca bagaimana strategi marketing tiktok untuk meningkatkan penjualan. Ada banyak sekali ide konten yang dapat dicoba, mulai dari membuat tutorial, merayakan momen tertentu dan lain sebagainya.

Jadi, misalnya Anda menjual produk make up, maka bisa membuat konten video tutorial memakai make up. Cukup menyesuaikan ide kontennya dengan jenis produk atau jasa yang Anda jual.

TikTok sendiri juga menyediakan banyak fitur yang bisa dimanfaatkan dalam promosi bisnis. Misalnya saja fitur Hashtag Challenge. Cukup membuat konsep challenge dan mengajak audiens untuk ikut melakukannya.

Hashtag challenge dalam social media populer ini akan membantu membangun brand awareness dan engagement pengguna terkait bisnis Anda. Jadi, jangan sekedar fokus pada angka penjualan.

Bagaimana jika ingin menjangkau lebih banyak audiens? Manfaatkan saja fitur TikTok Ads yang mirip dengan Facebook Ads. Nantinya akan lebih banyak audiens yang melihat iklannya.

Jangan lupa untuk menentukan dahulu siapa target audience yang ingin dituju. Sehingga iklannya akan menjangkau pengguna TikTok secara tepat di mana pada akhirnya mereka tertarik dengan produk Anda.

7. WhatsApp

Sepertinya hampir semua orang mempunyai social media populer ini karena begitu memudahkan komunikasi dengan siapa saja. Apalagi kalau bukan WhatsApp. Penggunanya sendiri sangat bervariasi, mulai dari anak-anak sampai orang tua.

Mengapa WhatsApp begitu terkenal di Indonesia? Karena menyediakan beragam fitur menarik seperti chat, panggilan suara hingga panggilan video. Tidak heran jika sangat menarik digunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga maupun rekan.

Social media populer ini dapat dimanfaatkan dalam bisnis. Anda bisa menggunakan platform khusus, yakni WhatsApp Bisnis yang mempunyai fitur menarik seperti berikut.

Profil Bisnis

Profil bisnis akan diverifikasi dengan tanda centang biru. Jadi, dapat dibedakan antara bisnis asli dan palsu melalui tanda tersebut. Masyarakat juga terbantu dalam menghindari penipuan.

Balas Pesan Otomatis

Anda juga bisa memanfaatkan berbagai fitur lainnya, seperti balas pesan otomatis. Balas pesan ini bisa berupa away message, greeting message dan quick replies. Away message dalam social media populer ini berguna dalam membalas pesan secara otomatis.

Jadi, ketika Anda sedang di luar jam kerja atau dalam keadaan off, WhatsApp akan mengirimkan pesan balasan secara otomatis. Isinya dapat Anda buat sendiri sebelum dijadikan otomatis.

Ada juga greeting message yang berguna membalas pesan sapaan tatkala pelanggan pertama kali mengirim chat pada Anda. Jadi, tidak perlu menyapa mereka secara manual satu per satu.

Fitur balas pesan otomatis yang terakhir dalam social media populer ini ialah quick replies. Fitur ini akan membantu dalam membalas pesan secara cepat tanpa mengetik semuanya secara manual. Silahkan tekan tanda “/” untuk memasukkan list jawaban yang sudah dibuat.

Katalog

Fitur menarik lain dari WhasApp ialah katalog. Tambahkan informasi dan gambar produk di fitur katalog supaya pelanggan tahu apa pilihan yang tersedia. Tentu hal ini sangat memudahkan urusan para pelanggan.

Statistik Pesan

Ada juga fitur statistik pesan yang mampu meninjau hasil broadcast penawaran di beragam kontak. Anda bisa melacak statistik pesan yang sudah terkirim, diterima maupun dibaca. Statistik akan membantu menilai dan mengevaluasi setiap pesan broadcast.

Memberi Label Pelanggan

Social media populer ini juga dapat membantu untuk memberi label pada pelanggan berdasarkan statusnya. Contohnya memberi label pada pelanggan yang belum melalukan pembayaran dengan label “Unpaid”.

Karena adanya label, jadi lebih mudah untuk mengirim pesan khusus pada mereka. Pada akhirnya, WhatsApp bisnis mampu membantu memudahkan promosi bisnis dan juga komunikasi dengan pelanggan.

8. Line

Selanjutnya ada social media populer bernama Line yang mirip dengan WhatsApp. Pengguna lebih banyak dari kalangan anak muda atau remaja. Line juga dapat dijadikan sarana promosi bisnis melalui platform khusus bernama Line@.

Keunggulan dari Line@ ialah terintegrasi dengan kontak Line. Jadi, kontak yang sudah Anda simpan di akun Line secara otomatis akan tersimpan juga dalam Line@.

Jadi, tidak perlu memasukkan lagi satu per satu kontak ke Line@ untuk mengirim broadcast pesan. Apabila ingin audiens menghubungi Anda di Line@, sematkan saja link Line@ di website bisnis Anda.

Dan apabila pengunjung website melakukan klik pada link tersebut, maka secara otomatis akun pihak terkait akan tersimpan dalam database followers Line@ milik Anda. Apabila ingin memanfaatkan fitur lain dari social media populer ini, masih ada fitur balas otomatis.

Tidak jauh berbeda dengan WhatsApp, Anda dapat memanfaatkan fitur balas otomatis di Line@. Hal tersebut berguna ketika ada pesan yang masuk di luar jam operasional maupun dalam kondisi off.

Keunikan Line@ ialah dapat membalas pesan secara otomatis berdasarkan kata kunci tertentu. Sistem otomatis ini sangat membantu komunikasi Anda dengan pelanggan.

Apabila ingin mengetahui performa pesan setelah mengirim pesan broadcast, maka manfaatkan fitur statistik. Sehingga mampu mengelola dan mengevaluasi konten supaya lebih optimal.

9. LinkedIn

Social media populer ini lebih umum dikenal sebagai wadah profesional pekerja. Di dalam LinkedIn, pengguna dapat merancang profil mirip Curriculum Vitae sehingga mampu membangun reputasi yang baik di mata para HR.

Meskipun banyak dipakai oleh para pekerja profesional, pebisnis juga dapat memanfaatkannya untuk promosi. Sebelumnya Anda wajib tahu jika jumlah pengguna LinkedIn cukup besar. Jadi, coba saja posting sejumlah konten menarik.

Lakukan posting ini secara teratur supaya mampu meningkatkan brand awareness pada halaman LinkedIn bisnis Anda. Kontennya tidak harus selalu memuat promosi produk. Bisa juga memuat tips dan ide lainnya.

Misalnya saja tips interview kerja yang sangat sesuai dengan para pengguna LinkedIn. Tentu para pengguna yang sebagian merupakan pencari kerja akan merasa kontennya bermanfaat. Dampaknya, Anda memperoleh engagement tinggi.

Ada beragam fitur menarik dari social media populer ini. Mulai dari konten bersponsor, text ads hingga InMail bersponsor. Silahkan menyimak pembahasan lebih detailnya di bawah ini.

Konten Bersponsor

Konten bersponsor membantu dalam mempromosikan postingan supaya mampu dijangkau oleh lebih banyak pengguna. Jadi, target audiens bisa lebih luas lagi.

Text Ads

Selanjutnya ada Text ads, yakni fitur iklan teks berbayar pay per click. Iklan ini mampu dimunculkan pada homepage LinkedIn, halaman profil hingga halaman hasil pencarian.

InMail Bersponsor

Fitur InMail Bersponsor ini hampir sama dengan email marketing. Anda dapat secara otomatis mengirimkan pesan penawaran ke seluruh anggota LinkedIn yang sedang online.

Analytics

Anda juga dapat mengamati performa halaman social media populer ini melalui fitur LinkedIn Analytics. Jadi, mampu menemukan siapa yang mengunjungi halaman LinkedIn, seperti apa interaksi dengan konten dan mengamati performa iklan.

10. KasKus

KasKus ialah platform yang berguna dalam mempromosikan produk. Platform ini memang sudah dikenal sebagai marketplace yang mampu menjadi wadah berjualan melalui Forum Jual Beli di dalamnya.

Mungkin bukan hal mudah untuk menjalankan promosi dan bisnis melalui KasKus. Mengingat cukup banyak kasus penipuan bermula dari platform tersebut. Akan tetapi, Anda tetap bisa mencoba memanfaatkannya semaksimal mungkin.

11. Email Marketing

Social media populer terakhir ialah email. Mungkin sebagian orang menganggap email marketing sebagai metode kuno dalam pemasaran online. Namun sebenarnya email masih mempunyai kekuatan efektif dalam menarik minat audiens untuk melakukan pembelian.

Melalui email Anda dapat mengirimkan promosi kepada audiens. Bisa berupa kabar potongan harga, hingga penawaran produk paling baru. Pelanggan juga lebih kerap membuka email ketika melihat ada pesan penting.

Promosi ialah aktivitas yang tidak terlepas dari bisnis. Cara komunikasi yang baik dengan calon konsumen ialah kunci kesuksesan pemasaran. Salah satu caranya ialah memanfaatkan beragam rekomendasi social media populer di artikel ini.

Kategori: blog

error: Content is protected !!
Kirim Pesan
Hallo kak👋
Ada yang dapat kami bantu?
WA 0852-2228-2664