Tools Instagram Analytics
Tools Instagram analytics memang belum terlalu banyak digunakan oleh entry level user. Selama ini peralatan seperti itu masih identik dengan sebuah korporasi besar dalam mencari pangsa pasar kontennya.
Namun di dunia serba digital seperti sekarang orang biasa juga membutuhkan peralatan seperti itu. Kita juga perlu tahu seberapa bagus engagement konten dari postingan akun sosial media.
Karena sekarang hobi menggunakan sosial media saja dapat digunakan untuk mencari pendapatan tambahan. Oleh karena itu adanya alat analisis bukan hanya sekedar untuk korporasi dan tech nerd saja.
Untuk anda yang sedang mencari jasa penambah followers instagram atau ingin beli followers ig untuk meningkatkan atau memperbanyak jumlah followers, like, dan view ig maka anda dapat mengunjungi jasa followers Indonesia yang terpercaya, termurah, dan bergaransi. Dengan menggunakan jasa followers instagram maka jumlah followers anda dapat bertambah secara cepat menjadi ribuan followers. Dan ketika jumlah followers sudah mencapai angka puluhan bahkan ratusan ribu, maka akun instagram anda akan terlihat lebih terpercaya. Jasa Followers, Like, & View instagram.
Apabila Anda menginginkan sebuah akun yang memang produktif tentu harus menggunakan alat seperti itu. Jadi nantinya engagement dapat diketahui seperti apa perkembangannya terutama jika dijadikan tempat berjualan.
Tentu kita tidak bisa mengoptimalkan sebuah akun apabila engagement masih relatif rendah. Oleh karena itu kami disini akan memberikan beberapa rekomendasi terbaik digunakan bahkan user entry level.
10 Rekomendasi Tools Instagram Analytics untuk Dicoba
Langsung saja kita bahas topik utama yaitu list sepuluh tools untuk digunakan sebagai optimasi efektivitas sosial media. Apa saja, simak ulasan berikut ini sehingga Anda mengetahui referensi paling tepat.
1. Squarelovin
Ini adalah salah satu tools Instagram analytics yang dapat Anda gunakan secara gratis. Peralatan tersebut akan menunjukkan beberapa detail penting dari sebuah akun sosial media seperti.
- Foto paling populer
- User dengan engagement paling tinggi
- Jumlah peningkatan pengikut
- Filter, tag, post paling populer
- Komentar dan like dari setiap post
Itu adalah beberapa layanan yang dapat Anda rasakan apabila menggunakan squarelovin. Jadi nantinya kita akan semakin mudah dalam melakukan pemantauan seperti apa perkembangan akunnya.
Bahkan untuk sebuah page berumur lebih dari satu tahun, pengguna bisa mengecek data tersebut secara instan. Lima fitur dasar tadi bahkan dapat Anda gunakan tanpa harus mengeluarkan biaya.
Apabila ingin lebih detail dan juga memperoleh insight terkait optimasi maka Anda harus berlangganan dengan tools Instagram analytics ini. Jika ingin berlangganan maka layanan influencer akan dapat digunakan mulai dari biaya 9.9 dolar.
Semua informasi tersebut tentu saja sangat penting untuk memantau seperti apa niche penonton. Sehingga pengelola dapat melakukan optimasi lebih mudah terkait target pasarnya.
Satu hal lagi, kita juga membutuhkan data analisis tersebut untuk mengetahui tepat atau tidaknya pendekatan niche market. Jika kita ingin menjual konten pada pasar spesifik maka detail tersebut sangat penting diketahui.
Jangan memandang sebelah mata seperti apa treatment untuk mengoptimalkan engagement dengan para pemirsa. Jadi akunnya bisa memiliki potensi konversi viewer to consumer semakin tinggi.
2. Pixle
Ini adalah tools Instagram analytics khusus untuk sebuah brand, jadi bukan hanya sekedar digunakan para influencer saja. Apabila Anda menggunakan Instagram sebagai platform jualan tentu akan sangat bermanfaat.
Dengan menggunakan alat tersebut ada beberapa detail spesifik yang akan ditunjukkan. Berikut ini akan kami jelaskan beberapa fitur pemantauan yang ada dalam aplikasinya.
- Growth rate
- Popular post
- Kiriman penggemar teratas
- Percakapan atau post terkait brand Anda
- Statistik detail mulai dari tagar, post, sampai filter
Dengan menggunakan fitur tersebut kita akan mengetahui secara lebih spesifik seperti apa nantinya interaksi dengan viewer. Untuk akun persona mungkin ini terlalu overkill.
Namun bagi manajemen sosial media sebuah brand tentu saja tools Instagram analytics ini paling tepat digunakan. Dari segi harga berlangganan sendiri memang tergolong cukup mahal yaitu 399 dolar.
Jadi kurang kami rekomendasikan apabila untuk penggunaan persona karena memang mahal. Namun bagi sebuah brand tentu saja ini adalah harga yang cukup terjangkau.
Jika Anda ingin mencoba disediakan fitur demo tujuh hari untuk akun persona dan tiga puluh hari bagi brand. Sehingga Anda dapat melihat terlebih dulu seperti apa performa penggunaan free tool Instagram analytics.
Detail lengkap dan juga akurat menjadi salah satu nilai jual paling penting bagi pixle. Itu tentu akan membuat pengelolaan digital marketing sebuah brand menjadi sangat sederhana.
3. Crowdfire
Crowdfire menjadi salah satu rekomendasi tools Instagram analytics untuk digunakan. Dari segi interface sendiri sudah cukup bagus dan intuitif bagi para user entry level.
Detail diberikan pada pengguna juga lengkap sehingga kita bisa mengoptimalkan engagement. Berikut ini adalah beberapa fitur yang disediakan oleh crowdfire sebagai referensi.
- View to click
- Interaksi
- Postingan terpopuler
- Kiriman terpopuler
- Detail matrik postingan
Dari segi kebutuhan sendiri menurut kami crowdfire ini paling cocok digunakan untuk optimasi akun persona. Karena lebih cenderung menunjukkan matrik interaksi antara persona dengan viewer.
Apabila digunakan untuk sebuah brand sejujurnya matriks dari crowdfire kurang kompleks. Tools Instagram analytics ini masih terlalu sederhana dan cenderung optimal bagi user entry level saja.
Karena keterbatasan tersebut crowdfire sendiri memang tidak terlalu mahal harganya jika dibandingkan lainnya. User hanya perlu mengeluarkan 7.3 dolar setiap bulan sebagai tarif berlangganan saja.
Namun jangan khawatir karena masih ada tawaran free trial bagi yang ingin mencoba. Bagi user entry level ingin masuk dalam dunia matriks ini adalah batu loncatan pertama paling optimal karena sederhana digunakan.
Saran kami bagi pengguna awam crowdfire lebih baik digunakan sebagai variabel pembanding. Karena ketika membandingkannya dengan tools gratisan hasilnya memang jauh lebih baik.
4. Minter.io
Apabila Anda menginginkan tools Instagram analytics paling lengkap dan murah maka minter.io adalah solusinya. Sampai sekarang harga langganan perbulan dari minter.io masih sama yaitu 9 dolar saja.
Mengapa kami jelaskan harganya dulu, karena sejak pertama kali tools tersebut dirilis harganya belum naik. Dari segi fitur sendiri memang paling lengkap, berikut ini adalah detailnya.
- Identifikasi foto terkait
- Pelacakan mention, tag, filter, dan trend
- Merekomendasikan jadwal postingan
- Matrix pertumbuhan akun
- Detail data lengkap dalam format .pdf sampai .xls
Meskipun harganya murah ternyata ini sangat jarang direkomendasikan ahli sosial media di Indonesia. Alasannya adalah UI UX dari minter.io memang cukup kompleks bagi mata pengguna awam.
Oleh karena itu sampai sekarang popularitasnya masih rendah meskipun hasil datanya paling akurat dan bagus. Jika Anda memang tidak keberatan dengan UI sedikit kacau minter.io dapat menjadi opsi tepat.
Terutama jika Anda ingin mengembangkan sebuah brand tertentu menggunakan digital marketing. Data dari tools Instagram analytics dapat dipastikan paling akurat dan dapat dijadikan sebagai acuan.
Selain itu ada fitur penting yaitu kapan kita harus melakukan posting pada akunnya. Sehingga penjadwalan post dapat dilakukan secara lebih optimal dimana engagementnya sedang tinggi.
Tentu saja fitur tersebut tidak dapat kita pandang sebelah mata bagaimana potensi jangka panjangnya. Memang perlu belajar lebih dalam sebelum efektif menggunakan minter.io.
5. Iconosquare
Satu lagi rekomendasi tools Instagram analytics bagi para pemilik brand yang melakukan digital marketing. Iconosquare mampu menjadi opsi terbaik karena memiliki beberapa fitur berikut.
- Pelacakan perkembangan brand dan kompetitor
- Biometric tracking
- Laporan terjadwal
- Posting guide
Dari segi fitur meskipun sedikit namun iconosquare sangat kuat digunakan bagi agensi atau sebuah brand. Pemantauan pangsa pasar bisa menjadi sangat detail dan optimasi marketing tentu menjadi mudah.
Kita bisa mengetahui siapa yang melihat post baik usia, jenis kelamin, sampai preferensi detail lainnya. Sehingga pengelolaan akan menjadi lebih akurat dan hasilnya bisa terlihat jelas.
Dari segi harga sendiri, tools Instagram analytics berani katakan bahwa iconosquare tidak terlalu mahal dibandingkan lainnya. Anda hanya perlu membayar biaya berlangganan setiap bulan sekitar 29 dolar saja.
Fitur posting guide dan juga biometric tracking dari perlengkapan ini sangat kuat dijadikan acuan peningkatan trafik. Nantinya pengguna juga dapat menentukan sendiri siapa pangsa pasar yang ingin dikejar.
Tidak kalah penting pengguna juga mampu melihat perkembangan kompetitor brand terkait. Jadi nantinya kita bisa merencanakan langkah antisipasi agar dapat mengalahkan brand kompetitor.
6. Keyhole
Rekomendasi tools Instagram analytics kami berikutnya adalah keyhole paling tepat juga untuk sebuah brand. Ada berbagai fitur penting yang dapat Anda gunakan seperti berikut ini.
- Web tracking
- Laporan matriks lengkap
- Tracking aktivitas pengikut, kompetitor, sampai brand terkait
- Web opinion
Sebenarnya keyhole sendiri adalah sebuah peralatan tracking paling kuat untuk melihat aktivitas sosial media. Jika kita ingin mengetahui bagaimana aktivitas pasar tentu harus menggunakan data biometrik sampai web tracking.
Dengan menggunakan keyhole kita bisa mengetahui apakah akun tersebut diulas pada situs luar. Sehingga pengguna dapat mengetahui seperti apa opini pada brand tersebut.
Fitur tersebut juga dilengkapi dengan arithmetic web opinion pada brand target. Sehingga kita bisa secara realtime mengetahui apakah produk mengalami trend bagus atau tidak di dunia maya.
Aktivitas seperti itu tentu saja akan memudahkan pengelolaan sebuah produk agar bisa terus trending. Agar digital marketing sukses memang kita harus menerapkan berbagai macam cara termasuk biometric tracking.
Nantinya semua orang yang mengakses laman tersebut bisa kita ketahui berapa rentang usianya. Ini akan tepat digunakan sebagai salah satu cara target marketing agar produknya menjadi tepat sasaran.
Dengan semua fitur lengkap tersebut harga layanannya sebenarnya tidak terlalu tinggi. Kita hanya perlu mengeluarkan 44 dolar setiap bulan untuk bisa menggunakan layanannya.
7. Socialbakers
Opsi tools Instagram analytics berikutnya adalah socialbakers yang mampu mengelola lebih dari satu akun sosial media. Jadi tidak hanya Instagram saja namun juga youtube, twitter, sampai facebook.
Mengapa kita harus menggunakan banyak sosial media karena ketika ingin melakukan branding memang jangkauan perlu luas. Beberapa fitur berikut ini juga mendukung socialbakers menjadi opsi paling tepat.
- Impresion
- Average engagement
- Average story reach
- Popular post
- Recent opinion
- Statistik aktivitas lengkap
Dari segi penyajian data sendiri ini sudah cukup lengkap digunakan baik pada sebuah brand maupun persona. Penggunaannya yang fleksibel membuat kita dapat lebih leluasa melakukan digital marketing.
Kita dapat memantau sendiri seperti apa perkembangan masing-masing sosial media menggunakan satu platform saja. Tentu ini akan menghemat banyak waktu dan dari segi data sendiri cukup akurat.
Sayangnya harga layanan ini memang sangat mahal jika digunakan untuk kelas persona. Kita perlu membayar sekitar 400 dolar setiap bulan apabila ingin menggunakan layanannya.
Kemudian kompleksitas UI terkadang juga sulit bagi para pengguna entry level. Terutama bagi mereka yang hanya ingin melakukan benchmarking pada satu sosial media saja.
Namun ketika kita menginginkan keakuratan data realtime maka socialbaker dapat menjadi opsi. Disini data tersaji secara menarik dan mudah dipahami bahkan untuk seorang awam.
8. Hootsuite
Jika Anda menginginkan tools Instagram analytics paling sederhana dan mudah digunakan maka hootsuite adalah opsinya. Memang ini salah satu tools dengan UI sederhana jadi mudah dipahami.
Dari segi kelengkapan data sendiri kita bisa membandingkan hampir semua matrix data di internet. Jadi fiturnya memang lengkap dan powerfull, sayangnya tidak tersaji dalam bentuk realtime.
Fitur utama dari hootsuite sendiri adalah penyajian berbagai macam data matrix secara dinamis. Jadi kita dapat menautkan menjadi seperti ekstensi pada halaman sosial media.
Tidak seperti rekomendasi sebelumnya disini fiturnya hanya satu yaitu penyajian matrix data. Jadi semuanya sudah sangat lengkap bahkan Anda bisa melakukan pelacakan biometrik dari viewer.
Itu tentu akan mempermudah kita dalam mengetahui seperti apa demografi audiens. Jadi nantinya ketika ingin membuat sebuah konten, relevansi dapat ditentukan secara optimal menggunakan Instagram analytics tools online.
Baik untuk sebuah brand atau persona, hootsuite memang paling simpel namun powerful. Biaya bulanan berlangganan juga tidak terlalu membakar dompet yaitu 19 dolar saja.
Sebagai catatan tambahan hootsuite juga menerapkan cross brand analytics. Artinya kita tidak hanya dapat memantau brand sendiri namun juga milik kompetitor setiap bulannya.
Hal tersebut akan mempermudah pemilik brand dalam mengoptimalkan strategi digital marketing. Bagi pengguna entry level ini juga cukup bagus karena ada guidance lengkap setiap pembelian layanannya.
9. Union metric
Ini adalah Instagram tools analytics free sederhana lain yang juga memiliki fitur kuat. Langsung saja berikut ini akan kami jelaskan apa saja fiturnya sehingga dapat dijadikan referensi.
- Jadwal posting terbaik
- Laporan postingan dengan engagement rendah
- Rekomendasi pendekatan konten
- Tagar terbaik untuk meningkatkan impression
- Matrix data bulanan
Sebagai sebuah peralatan data metrik, tools Instagram analytics ini menyajikan berbagai macam aspek penting. Seperti fitur tadi kita akan banyak terbantu bagaimana meningkatkan kualitas sebuah akun.
Jadi ketika Anda memang salah dalam melakukan pendekatan tools tersebut akan memberitahu pengguna. Fitur tersebut memang jarang kita ketahui pada layanan serupa lainnya.
Oleh karena itu bagi user entry level union metric sebenarnya paling cocok digunakan. Jangan termakan oleh iklan dari para influencer yang menyatakan sebaliknya.
Justru data yang straight forward dari union metric ini akan bagus dalam menyajikan bagaimana potensi jangka panjang sebuah akun. Kita bisa mengetahui bagaimana opini viewer sampai web tracking.
Artinya dalam menentukan audiens baik sebuah branding atau persona akan menjadi lebih mudah. Kita bisa menyamakan selera sesuai demografi pengguna yang memang ditargetkan.
Targeting content seperti itu jelas akan sukses jika data digunakan memang bagus. Dari segi harga sendiri juga masih masuk akal di angka 49 dolar setiap bulan dengan kualitas matrix data bagus.
10. Sprout social
Ini merupakan tools Instagram analytics terbaik yang khusus dirancang untuk sebuah brand. Jadi Anda nanti tidak hanya mengetahui seperti apa growth rate akun namun juga kompetitor.
Bahkan kita bisa membandingkan dengan puluhan kompetitor menggunakan peralatan ini. Tentu saja dalam tools tersebut juga dilengkapi dengan bagaimana mengalahkan kompetitor.
Jadi mulai dari pendekatan, jadwal posting, data biometrik, sampai matriks lainnya akan disajikan. Pengguna akan menjadi lebih mudah dalam menentukan apakah kita akan menyaingi kompetitor atau memilih jalan lainnya.
Semua itu tentu saja akan menjadi tolak ukur penting dalam peningkatan kualitas digital marketing. Bagi sebuah brand kita memang harus tahu bagaimana mengalahkan pesaingnya.
Data disajikan pada sprout social memang sangat akurat bahkan cenderung rumit bagi pengguna entry level. Jadi kami kurang rekomendasikan apabila Anda masih awam.
Apabila ingin menggunakan layanan tersebut Anda cukup mengeluarkan budget 99 dolar setiap bulan. Jadi memang sedikit lebih mahal namun tetap worth it untuk semua informasi diberikannya.
Dengan menggunakan berbagai macam informasi tadi tentu sekarang teknik social media marketing akan mudah dilakukan. Pakai tools Instagram analytics atau instagram tools yang memang sesuai kebutuhan dan target Anda.